Memiliki kepribadian introvert bukan berarti penyendiri atau tidak menyukai keberadaan orang lain disekitarnya, tetapi cenderung lebih suka dan membutuhkan banyak waktu untuk sendirian. Jika berkumpul mereka cenderung senang dengan sahabat-sahabat tercinta atau kerabat dekat, atau dalam sebuah perkumpulan dengan pembicaraan yang berkualitas dan bermanfaat untuk dirinya.

Tetapi ternyata ada begitu banyak manfaat melakukan aktivitas kesukaanmu sendirian, ini 10 pilihan yang bisa kamu lakukan, Bela. 

1. Fotografi

10 Aktivitas Seru Untukmu Si Introvert yang Senang MenyendiriUnsplash.com / Benjamin Combs

Fotografi memungkinkan kamu melihat dunia dari perspektif yang berbeda. Dengan menggunakan teknik fotografi, hal-hal yang terlihat biasa akan menjadi luar biasa. Kini kamu tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli kamera mahal, karena hanya menggunakan smartphone pun jika kamu mampu mengembangkan keterampilan fotografi bisa menghasilkan gambar yang sempurna.

2. Kegiatan seni

10 Aktivitas Seru Untukmu Si Introvert yang Senang MenyendiriPexels.com / Andrea Piacquadio

Kegiatan seni selalu menyenangkan untukmu yang memang berbakat sebagai seniman atau hanya sekedar ingin mengekspresikan diri untuk mencurahkan segala pikiranmu. Pilihlah sesuai dengan aktivitas yang kamu sukai mulai dari menggambar, melukis, kaligrafi, mengikuti kursus seni atau bahkan dari hal paling sederhana seperti mewarnai yang akan membantu menenangkan dirimu dari kecemasan dan stres.  

3. Belajar dan berlatih alat instrumen musik

10 Aktivitas Seru Untukmu Si Introvert yang Senang MenyendiriPexels.com / Andrea Piacquadio

Jika kamu sudah tahu cara bermain intrumen kesukaanmu seperti gitar, piano, flute sampai dengan biola, maka fokuslah untuk menjadi lebih  baik. Tetapi jika kamu belum pernah mengambil kursus  alat musik, maka tidak pernah ada kata terlambat kok, untuk mencoba. Kamu dapat mempelajarinya secara otodidak melalui tutorial atau e-book secara online atau mengikuti kursus privat.

4. Memasak

10 Aktivitas Seru Untukmu Si Introvert yang Senang MenyendiriUnsplash.com / Jason Briscoe

Luangkan waktu untuk mencoba berbagai resep dan menyempurnakan masakan   
sendiri, mulai dari hidangan pembuka sampai dengan dessert. Supaya semakin bersemangat kamu bisa mengawalinya dengan membuat menu favoritmu. Alangkah menyenangkannya bisa menyajikan hasil masakanmu sendiri untuk keluarga atau orang-orang tersayang. 

5. Solo travelling

10 Aktivitas Seru Untukmu Si Introvert yang Senang MenyendiriUnsplash.com / Willian Justen de Vasconcellos

Jika kamu suka bepergian, rencanakan beberapa perjalanan ke luar kota atau negeri sendirian atau istilah populernya, solo travelling. Kamu bebas memilih kemana saja tujuannya tanpa ada yang memengaruhi atau menunggu-nunggu kepastian orang lain. Kamu juga bisa mengatur akomodasi sendiri, destinasi wisata yang dituju sampai hal sederhana ingin makan apa, karena waktu sepenuhnya milikmu sendiri. Tapi, rencanakan perjalananmu setelah era pandemi COVID-19 berlalu, ya. 

6. Berkebun

10 Aktivitas Seru Untukmu Si Introvert yang Senang MenyendiriPexels.com

Ingin menghasilkan sesuatu yang bermanfaat di lingkungan sendiri, mari berkebun karena kamu melakukan kegiatan ini di rumah saja. Kamu bisa mulai menanam bunga-bunga atau menyulap halaman rumahmu menjadi kebun sayur-mayur yang bisa kamu petik sendiri.

7. Meditasi

10 Aktivitas Seru Untukmu Si Introvert yang Senang MenyendiriPexels.com / burst

Ada banyak manfaat yang menyehatkan untuk mental dan fisik seperti meluangkan waktu untuk sendiri setiap hari. Kamu bisa menggunakannya untuk bermeditasi karena relaksasi akan membantumu menghilangkan stres. Untuk menambah suasana meditasi yang tenang bisa didampingi oleh lagu-lagu yang memberikan suasana rileks seperti suara gemericik air dan suara alam yang menenangkan. 

8. Belajar bahasa

10 Aktivitas Seru Untukmu Si Introvert yang Senang MenyendiriPexels.com / @bongkarn thanyakij

Belajar bahasa asing dapat memperluas khazanahmu, tambahlah kemampuanmu selain bahasa Inggris seperti Prancis, Jerman, Jepang, Spanyol bahkan sampai Korea. Kuasai satu bahasa tersebut kemudian tantanglah dirimu untuk melakukan perjalanan ke negara yang kamu pelajari bahasanya. Ada beragam cara untuk menguasainya, kamu bisa menggunakan aplikasi, program komputer atau mengikuti kursus secara daring tanpa harus tatap muka secara langsung. 

9. Membaca

10 Aktivitas Seru Untukmu Si Introvert yang Senang MenyendiriUnsplash.com / thought catalog

Salah satu aktivitas yang paling dinikmati oleh introvert adalah membaca selama   
berjam-jam, karena di mana pun dan kapan pun kamu bisa melakukannya. Sebagai pendukungnya, jangan lupa memilih tempat membaca yang tepat akan menyempurnakan segalanya.

10. Bermain puzzle

10 Aktivitas Seru Untukmu Si Introvert yang Senang MenyendiriUnsplash.com / Ross Sneddon

Permainan teka-teki adalah cara yang sempurna untuk melatih otak dan   
menantang diri sendiri untuk menyelesaikannya hingga tuntas. Kamu bisa memilih untuk menyusun puzzle, sudoku, teka-teki silang, teka-teki online, atau bahkan kubus Rubik.

Mana aktivitas pilihan yang paling cocok untukmu, Bela?

Baca Juga: Berawal dari Hobi, Vancelia Wiradjaja Kembangkan Bisnis Kuliner Boba

Baca Juga: 9 Inspirasi Home Theater di Rumah Untuk Si Hobi Nonton

Baca Juga: Si Introvert yang Sedang Menulis Buku, Ini 5 Fakta Seru Omar Daniel