Merasa berdebar menantikan waktu interview datang? Wajar kok, terutama bagi kamu yang baru saja lulus dan sedang melamar pekerjaan, maka mungkin ini adalah panggilan wawancara pertamamu. Pastinya, kamu merasa gugup dan nggak tenang. Apa yang perlu kamu bawa nanti saat menghadap pewawancara? Apa yang harus kamu pakai saat interview nanti?

Meski wajar, membiarkan rasa gugup menguasai dirimu dapat mengganggu kelancaran interview. Kamu akan kesulitan berpikir lebih jernih ketika ingin menjawab pertanyaan pewawancara, kehilangan fokus, dan bersikap canggung. Kesemuanya dapat mempengaruhi penilaian calon perusahaan pada dirimu, lho! Jadi, bagaimana cara mengatasi rasa gugup saat mau interview kerja? Melansir dari Bustle, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan.

1. Persiapkan diri untuk menghadapi interview

5 Cara Mengatasi Rasa Gugup Sebelum Interview KerjaPexels.com/Tim Gouw

Usahakan untuk memanfaatkan waktu sebelum melakukan interview dengan melakukan persiapan sebaik mungkin. Mulai dari menyiapkan seluruh dokumen yang perlu dibawa saat wawancara, pakaian yang ingin dikenakan, hingga perlengkapan yang mendukungmu saat wawancara. Memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan semua kebutuhan ini dapat memberikanmu rasa tenang dan menumbuhkan rasa percaya diri.

2. Berlatih berbicara

5 Cara Mengatasi Rasa Gugup Sebelum Interview KerjaPexels.com/Pixabay

Selain itu, gunakan waktu bersiap-siap ini untuk melatih cara berbicara. Kamu dapat melakukannya bersama teman atau sendiri. Pikirkan pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya umum dilemparkan dari pewawancara dan berlatih merangkai kata untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan baik. Kamu juga dapat berlatih berbicara tentang kemampuan dan kualitas yang dirimu miliki. Nggak hanya membantumu mengingat semua kelebihan yang kamu miliki, tetapi juga dapat membuatmu merasa lebih baik dan lebih percaya diri.

3. Mendengarkan musik atau melakukan hobi

5 Cara Mengatasi Rasa Gugup Sebelum Interview KerjaPexels.com/Vlad Bagacian

Apa ada lagu yang dapat membantumu merasa lebih percaya diri? Jika ada, dengarkan selama menanti waktu interview tiba, Bela. Ini dapat membantu menambahkan rasa percaya diri. Atau mungkin, kamu merasa lebih percaya diri dengan menyantap suatu camilan? Santap di sela-sela mempersiapkan kebutuhanmu untuk interview besok. Pokoknya, lakukan hal-hal yang dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri sebelum interview. Itu sangat membantu mengusir rasa gugup dari dalam diri.

4. Mencari tahu tentang perusahaan

5 Cara Mengatasi Rasa Gugup Sebelum Interview KerjaPexels.com/rawpixel.com

Para ahli menyarankanmu untuk mencoba melakukan riset pada perusahaan yang akan kamu datangi untuk wawancara. Cari tahu tentang pekerjaan yang kamu lamar, gali informasi lebih dalam mengenai calon perusahaan barumu, pelajari hal yang perusahaan itu lakukan. Hal itu akan sangat membantumu saat wawancara nanti. Saat pewawancara tahu kalau dirimu mengenal tentang perusahaan mereka serta memahami posisi yang akan ditempati, itu akan menjadi sebuah kesan pertama yang positif. Kamu akan mendapatkan nilai baik di mata mereka, dan kesempatan diterima tentu jadi lebih tinggi.

5. Bayangkan kamu diterima bekerja

5 Cara Mengatasi Rasa Gugup Sebelum Interview KerjaPexels.com/rawpixel.com

Sudah mempersiapkan semua yang kamu butuhkan? Sudah mendengarkan lagu yang kamu suka? Sekarang, coba bayangkan dirimu mendapat penawaran kerja setelah menyelesaikan interview. Menurut para ahli, melatih otak untuk merespons skenario interview dalam cara yang positif dapat membantu meningkatkan performamu di hadapan pewawancara nanti. Rasa gugup pun perlahan memudar, berganti dengan perasaan lebih percaya diri.

Jangan lupa juga untuk mengurangi rasa gugup dengan berfokus pada sumbernya. Jika rasa gugup itu datang karena kebiasaanmu yang selalu telat, coba nyalakan alarm lebih awal dari biasanya. Jika rasa gugup itu datang karena ini merupakan momen interview pertama, minta dukungan moral dari orang-orang terdekatmu sehingga kamu merasa lebih baik dan lebih percaya diri! Semoga sukses, Bela.

Baca Juga: Bela, Ini Kesalahan Utama Saat Sedang Interview Kerja!