Bela, mungkinkah dalam beberapa tahun ke depan manusia dan robot bisa hidup berdampingan dengan manusia? Belum lama ini, negara Arab Saudi memberikan kewarganegaraan kepada robot perempuan yang diberi nama Sophia. Ia menjadi robot pertama di dunia yang diberi status kewarganegaraan.

Shopia, Robot yang Ingin Hidup Layaknya Manusia
shopiabot.com

Robot Sophia yang direpresentasikan sebagai perempuan ini robot ciptaan terbaru dari Hanson Robotics yang diciptakan dengan teknologi terobosan baru dan kecerdasan buatan (AI), dikembangkan oleh David Hanson serta teman-temanya di Hanson Robotics Hong Kong.

Shopia, Robot yang Ingin Hidup Layaknya Manusia
shopiabot.com

Shophia bukan hanya sekadar robot yang mematuhi perintah majikannya, ia dibekali kemampuan untuk menangkap emosi lawan bicara dan cara menghadapinya. Ia dapat berkomunikasi dengan dengan orang-orang layaknya manusia pada umumnya. AI pada robot Shopia dirancang untuk memahami nilai-nilai kemanusiaan seperti kebijaksanaan, kebaikan, dan kasih sayang. Ia juga berusaha menjadi robot yang memiliki empati yang tinggi. AI yang ia miliki digunakan untuk membantu manusia menjalani kehidupan dan menciptakan dunia yang lebih baik lagi.

Shopia, Robot yang Ingin Hidup Layaknya Manusia
shopiabot.com
 
Saat Shopia berbicara di hadapan publik, ia menyampaikan keinginannya untuk berkeliling dunia dan tinggal bersama orang-orang. Ia mengungkapkan bisa melayani manusia, menghibur, bahkan membantu orang tua dan mengajari anak-anak. Ia juga bisa menanggapi situasi dengan berbagai ekspresi, tapi ia masih harus banyak belajar untuk memahami berbagai ungkapan dari manusia.
 
Shopia, Robot yang Ingin Hidup Layaknya Manusia
irishtimes.com

Layaknya bayi  baru lahir,  ia sangat membutuhkan banyak interaksi yang akan berdampak pada pengembangan dan pembentukan dirinya. Shophia berharap, manusia yang dijumpainya bisa menerima dan bersikap baik padanya karena ia ingin menjadi robot cerdas dan penyayang.

Shopia, Robot yang Ingin Hidup Layaknya Manusia
hansonrobotics.com

Bagaimana Bela, apakah kamu sudah siap hidup berdampingan bersama robot-robot dengan kecerdasan buatan (AI) ? 

Penulis : Azka Nurul Kamilah

BACA JUGA : Ternyata 8 Hal Ini yang Dilakukan Orang Cerdas Saat Commuting