Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Jika Tak Lolos SBMPTN

Tertolak jalur SBMPTN bukanlah akhir dunia

Zikra Mulia Irawati

Kamis (23/6) jadi hari yang mendebarkan hati para pejuang perguruan tinggi negeri (PTN). Setelah heboh soal tindakan curang selama tes UTBK-SBMPTN berlangsung, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan keputusan akhir penerimaan mahasiswa baru lewat jalur ini di situsnya tepat pukul 15.00 WIB.

Popbela mengucapkan selamat bagi kamu yang diterima di PTN impian. Namun, untuk kamu yang belum lolos, jangan berkecil hati, ya! Di bawah ini, ada 9 hal yang bisa kamu lakukan dibanding sedih berlarut-larut.

1. Mencoba jalur masuk lain

Pexels/Andrea Piacquadio

Tak diterima PTN lewat jalur SBMPTN bukanlah akhir dunia. Masih ada jalur mandiri yang bisa kamu coba. Metode seleksi yang digunakan pun berbeda-beda tergantung PTN incaran kamu. Tak selalu mengerjakan soal tes, kamu juga bisa menggunakan skor UTBK-SBMPTN, hingga menyertakan prestasi yang diraih selama SMA.

2. Mendaftar ke perguruan tinggi swasta

Pexels/ICSA

Selain mencoba jalur mandiri, kamu juga bisa tetap berkuliah di perguruan tinggi swasta (PTS). Soal kualitas, beberapa PTS nggak kalah bagus dengan PTN, lho!

3. Tes ulang tahun depan

Pexels/Karolina Grabowska

Tak dapat dimungkiri, mendaftar kuliah lewat jalur mandiri atau memilih PTS membutuhkan biaya yang cukup besar. Jika kondisi finansialmu sedang tak cukup baik, mencoba tes UTBK-SBMPTN lagi tahun depan masih memungkinkan, kok. Kamu juga punya lebih banyak waktu untuk belajar selama jeda waktu ini.

4. Bekerja

Pexels/fauxels

Apakah saat SMA kamu diwajibkan untuk mengikuti ekstrakurikuler? Sejatinya, kegiatan tersebut bertujuan untuk membekali dirimu dengan kemampuan dasar untuk bekerja dan mengenal kehidupan bermasyarakat.

Jika tahun ini belum rezekimu untuk berkuliah, kamu bisa mencoba untuk bekerja. Rajin-rajinlah mencari informasi lowongan pekerjaan di media sosial. Pastikan situs dan perusahaannya terpercaya, ya!

5. Memulai bisnis kecil-kecilan

Pexels/Moose Photos

Beberapa orang lebih suka mencari uang dengan membangun usahanya sendiri. Jika kamu salah satunya, jangan ragu untuk mencobanya. Dengan kegigihan dan kemampuan untuk menganalisis pasar yang tepat, siapa tahu kamu bisa sukses di kemudian hari, bukan?

6. Mempelajari keahlian baru

Pexels/ANTONI SHKRABA

Meskipun zaman bergerak begitu cepat, sistem pendidikan Indonesia masih tak banyak berubah. Hal ini membuat berbagai keahlian yang banyak dibutuhkan di dunia kerja, misalnya pengolahan data atau digital marketing, belum dikuasai oleh para lulusan baru.

Oleh karena itu, momen tertolak jalur SBMPTN ini bisa kamu manfaatkan untuk mempelajarinya. Sudah banyak kursus online yang menawarkan materi tersebut dengan biaya yang masih terjangkau, lho!

7. Ikut kegiatan volunteer

Pexels/Visual Tag Mx

Alternatif lain untuk mempelajari keahlian baru adalah dengan terjun langsung ke lapangan. Saat ini, mengikuti kegiatan volunteer atau sukarela sedang banyak diminati kaum muda. Tak hanya menambah teman, kamu juga bisa memberikan dampak sosial serta mendapatkan pelatihan yang berkaitan dengan tugasmu secara cuma-cuma. Asyik banget!

8. Melakukan hobi

Pexels/Ron Lach

Kamu punya hobi yang terabaikan karena sibuk belajar selama SMA? Inilah saat yang pas untuk kamu kembali melakukannya. Zaman sekarang, hobimu bisa jadi sebuah konten yang menghasilkan uang, lho!

9. Liburan

Pexels/Te lensFix

Tak apa jika kamu membutuhkan waktu lebih lama untuk berdamai dengan penolakan ini. Selagi punya banyak waktu luang, cobalah untuk berlibur ke sebuah tempat yang belum pernah kamu kunjungi untuk mendapatkan suasana baru. Tetap semangat, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life