Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ingin Usia 20-anmu Lebih Bermakna? Ini 9 Caranya

Saatnya membuat hidupmu lebih berarti

Tri Sintarini

Memasuki usia 20an setelah lulus bangku kuliah, banyak yang bisa kamu lakukan, karena ini merupakan waktu yang tepat untuk membangun karier, mimpi dan bahkan usaha bisnismu sendiri. Kuncinya sederhana saja buatlah setiap waktumu bermanfaat dan bersiaplah menjadi orang sukses. 

Sudah siap belum Bela? Ini 10 kiat untuk mencapai kesuksesanmu.

1. Batasi Penggunaan Media Sosial

pexels.com/Porapak Apichodilok

Matikan sejenak sambungan internet di gadget-mu dan hindari aktivitas mengecek media sosial seperti Instagram dan Facebook minimal seminggu sekali. Teknologi memang sudah menjadi kebutuhan tetapi seringkali membuat kita kehilangan sentuhan dengan dunia luar dan alam sekitar. Mulailah dengan berjalan-jalan, membuat beberapa tulisan dan manfaatkan waktu bersama orang-orang terkasih. 

2. Pelajari Cara Mengelola Uang

pexels.com/rawpixel.com

Keterampilan yang satu ini sangat penting untuk dimiliki supaya kita bisa lebih bijaksana mengelola keuangan kita. Kamu bisa mempelajarinya secara otodidak melalui buku, mengikuti kursus yang mendukung dan disiplin melakukannya.

3. Jadilah Sosok yang Ambisius

pexels.com/rawpixel.com

Sekarang ini adalah waktunya untuk hidup lebih bermakna seperti yang kamu inginkan untuk mengejar mimpi dan meraih cita-cita. Bergegaslah karena prioritas hidup akan berubah saat kamu sudah berusia lebih dewasa, menikah dan mempunyai anak.

4. Lakukan Perjalanan

pexels.com/rawpixel.com

Temukan orang baru dan dapatkan pengalaman baru melalui traveling! Selain bisa menjadi penyemangat baru kehidupan kita, kegiatan traveling dapat memperluas cakrawala pengetahuan kita lho. Kamu bisa mulai dari menjelajahi negeri kita yang indah ini dan ketika uangmu sudah lebih banyak kamu dapat melebarkan sayap hingga ke luar negeri.

5. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Ketika kamu makan dengan baik seperti konsumsi sayur, buah-buahan dan makanan sehat lainnya, kemudian berolahraga secara teratur otomatis akan menghasilkan badan yang sehat. Kamu bisa memilih jenis olahraga yang kamu sukai dan membuatmu nyaman seperti lari, berjalan cepat, memanah sampai dengan berenang. 

6. Mempererat Kembali Hubungan Dengan Orang Tua

Biasanya hal ini terjadi jika kita memilih untuk menjalani kehidupan secara mandiri karena kuliah dan bekerja di luar kota sehingga membuat kita tinggal jauh dari orangtua. Ketika berjumpa kembali maka  kebersamaan bersama orangtua pun akan terasa lebih bernilai. Saat sudah berusia matang kita bisa lebih mengenal mereka sebagai individu dan bukan hanya sebagai orang yang membesarkan kita. Sudah memberikan yang terbaik untuk orangtuamu belum Bela?

7. Membangun Networking

pexels.com/rawpixel.com

Sadari bahwa kamu tidak bisa mencapai kesuksesan dalam hidupmu sendirian, kamu membutuhkan bantuan orang lain. Networking yang kuat adalah aset yang dapat kita miliki. Temui orang-orang, bersikaplah ramah, dan kembangkan hubungan karena dengan mengetahui orang yang tepat dapat membuka banyak pintu bagimu untuk mencapai kesuksesan.

8. Memulai Bisnis

pexels.com/rawpixel.com

Kamu bisa memulai bisnis tersebut dari sekarang. Pilih yang sesuai dengan passion-mu dan teruslah maju. Jika kegagalan datang, jangan ragu untuk bangkit kembali karena itu merupakan proses untuk mencapai kesuksesan.

9. Terus Mengembangkan Potensi Diri

pexels.com/rawpixel.com

Jika ingin menambah nilaimu jangan takut untuk berinvestasi pada diri sendiri. Gunakan waktu dan uangmu untuk mengikuti kelas pengembangan diri, mempelajarinya melalui buku, video,  upgrade kemampuan berbahasa asingmu dan terus berkomitmen menjadi pribadi yang terbaik. 

Tunggu apalagi Bela bergegaslah!

IDN Media Channels

Latest from Working Life