Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tips Membuat Ritual untuk Meningkatkan Semangat Saat WFH

Bangun energi untuk aktif kembali!

Rosita Meinita

Apakah kamu salah satu yang juga melakukan work from home terkait merebaknya virus corona ini, Bela? Jika iya, tentu kamu peerlu penyemangat agar tetap produktif, di saat dorongan untuk bermalas-malasan begitu kuat. 

Popbela menyarankan beberapa ritual nih, untuk membuatmu semakin bersemanga saat WFH. Apa saja, ya?

1. Tetap bangun pagi

freepik.com/ freepik

Nggak ada yang lebih segar selain bangun di pagi hari. Tetapkan aturan untuk selalu bangun pagi walaupun kamu nggak harus ke kantor. Ritual ini akan meningkatkan energimu lho, Bela. Kamu juga dapat keluar rumah sebentar untuk menghirup udara segar pagi. Apalagi, rajin bangun pagi turut membuat kamu memulai kerja lebih awal dan selesai lebih cepat pula.

2. Melakukan olah raga ringan

freepik.com/ oneinchpunch

Dengan melakukan olah raga ringan di pagi hari, akan membuatmu semakin produktif. Karena kamu #DiRumahAja, otomatis tubuhmu juga perlu untuk bergerak lebih.

Lakukan olah raga minimal 30 menit, setidaknya dua hari sekali ya, Bela.

3. Jangan lupa sarapan

freepik.com/ freepik

Sarapan merupakan kunci untuk memulai kegiatan yang melelahkan. Dengan sarapan, tubuhmu mendapat asupan gizi yang cukup untuk memenuhi kegiatan harian kamu. 

4. Mengonsumsi buah-buahan segar

freepik.com/ freepik

Untuk membuatmu tambah bersemangat dan meningkatkan energi, kamu bisa memakan buah-buahan segar. Selain nutrisi yang dikandung baik untuk tubuh, kamu bisa langsung memakannya atau dengan membuat olahan yang simpel seperti salad. Tingkatkan imunitasmu lewat buah-buahan, agar terhindar dari COVID-19 ini.

5. Memilih tempat yang nyaman untuk bekerja

freepik.com/ freepik

Work from home bukan berarti kamu bisa bekerja santai-santaian di atas tempat tidur ya, Bela. Pilihlah tempat yang nyaman untukmu bekerja. Pencahayaan yang cukup serta suhu ruangan yang memadai, bisa membuatmu semakin semangat melakukan tugasmu.

6. Membuat to-do-list per hari

freepik.com/ freepik

Untuk dapat mempermudah apa yang harus kamu akan kerjakan, ada baiknya untuk membuat ­to-do-list per hari. Hal ini mengurangi hal-hal yang terlewat. Hal-hal terstruktur ini berguna saat work from home, sekaligus untuk pekerjaan harian lainnya.

7. Ngemil di sela-sela istirahat

freepik.com/ alinaya

Ngemil secukupnya di sela-sela work from home juga dapat membangkitkan mood. Tapi, pilih yang sehat, ya. Seperti yoghurt, dark chocolate, kacang-kacangan, oatmeal, atau telur rebus.

IDN Media Channels

Latest from Working Life