Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Anti Ribet, Ini 6 Cara Membuat Barcode Sendiri dengan Mudah

Bisa menggunakan ponsel dan atau laptop, lho!

Romi Subhan

Kamu pasti nggak asing lagi bukan dengan barcode? Garis-garis berisikan kode tertentu ini dapat dengan mudah ditemui di beragam kemasan produk yang kita beli sehari-hari. Biasanya, barcode ini akan dipindai saat kita akan membayar di kasir. Setelah dipindai, pada layar kasir akan muncul harga dan nama produk yang kita beli itu.

Secara istilah, barcode dikenal pula dengan nama kode batang, kode bar atau atau kode palang yang berisikan data optik dari masing-masing barang. Barcode digunakan untuk mempermudah penyortiran suatu barang tertentu, sehingga tercatat dengan mudah dan terperinci.

Jika kamu memiliki bisnis yang menjual hingga ratusan atau ribuan produk, barcode sangat diperlukan untuk mempermudah mendata produk kamu. Masih bingung bagaimana cara membuat barcode dengan mudah? Simak tipsnya berikut ini.

1. Barcode untuk bisnis

Canva.com, Edited by Romi Subhan

Jika kamu ingin memiliki barcode untuk berbisnis, sebaiknya membuat barcode tersebut di situs resmi. Untuk bisnis, biasanya kamu hanya perlu mengajukan ke situs barcode.gs1us.org untuk mendapatkan nomor identifikasi UPC resmi.

Apabila kamu memiliki produk berupa buku, baik cetak maupun elektronik, kamu dapat membuat kode unik ISBN (International Standard Book Number) di situs resmi Perpustakaan Nasional Indonesia, yakni isbn.perpusnas.go.id. Selain mendapat kode unik, kamu akan langsung mendapatkan barcode yang bisa langsung kamu sematkan di sampul belakang buku milikmu.

2. Membuat barcode melalui situs di internet

Canva.com, Edited by Romi Subhan

Jika kamu merasa barcode buatan sendiri sudah cukup membantumu dalam menyortir barang, maka kamu dapat membuatnya secara mandiri di situs createbarcodes.com.

Kamu hanya perlu membuat nomor unik tersendiri untuk masing-masing produk yang akan kamu buat barcode-nya. Selain nomor, cantumkan pula informasi pendukung lainnya seperti keterangan ukuran, bahan, serta varian tertentu yang membedakan satu produk dengan produk lainnya.

3. Membuat barcode menggunakan Ms. Excel

Canva.com, Edited by Romi Subhan

Selain menggunakan situs createbarcodes.com, kamu juga bisa membuat barcode sendiri menggunakan Ms. Excel. Pertama, kamu perlu mengidentifikasi dan membuat daftar produk serta kode unik pada barang yang ingin dibuat barcode-nya. Selanjutnya, kamu dapat mengikuti langkah berikut ini.

  1. Buka situs Idautomation.com dan pilih Font Tools
  2. Cari menu Microsoft Office Macros & VBA for Excel, Access, & Word dan unduh
  3. Buka Microsoft Excel, pilih menu “Tools” dan cari menu “Macro”
  4. Pilih “Visual Basic Editor” dalam menu tersebut
  5. Pilih menu “File”, klik pilihan “Import File”
  6. Klik file makro yang sudah kamu ekstrak sebelumnya di komputer, file ini akan masuk dalam folder “Modules” di Excel
  7. Keluar dari menu “Visual Basic Editor” menuju workbook yang kosong
  8. Uji dengan mengetik nomor di sel A1 dan ketik fungsi barcode di sel sebelahnya
  9. Masukkan rumus “=Code128(A1)” di sel B2, lalu tekan enter
  10. Klik sel B2, masuk ke pilihan font dan cari ID otomatisasi font
  11. Kode bar akan muncul di sel tersebut

Jika kode bar sudah muncul, kamu dapat menempelkannya ke produk yang kamu inginkan.

4. Membuat barcode dengan aplikasi

Canva.com, Edited by Romi Subhan

Sesuai dengan namanya, barcode ini dibuat dengan aplikasi yang dapat kamu unduh di PlayStore. Aplikasi ini gratis dan sangat mudah digunakan. Nama aplikasi tersebut yakni Barcode Generator. Bukan hanya untuk membuat barcode, kamu juga dapat membuat kode QR, mempersingkat link URL, dan membuat kode unik lainnya.

Play.store.com

5. Membuat barcode dengan aplikasi untuk iOS

Canva.com, Edited by Romi Subhan

Buat kamu pengguna iPhone jangan khawatir karena kamu pun bisa membuat barcode sendiri dengan aplikasi bernama Qrafter. Sebenarnya aplikasi ini sama saja dengan Barcode Generator di Android, karena bisa untuk membuat QR Code atau barcode lainnya. Kamu bisa unduh aplikasi ini di AppStore. Selain bisa membuat barcode, Qrafter bisa juga digunakan untuk memindai barcode.

Dok. Internet

6. Membuat barcode dari situs Barcode Graphic

Canva.com, Edited by Romi Subhan

Ada beragam jenis barcode salah satunya dengan kode USN. Nah, untuk yang satu ini kamu bisa gunakan situs Barcode Graphics.

Situs ini membuat kamu bukan hanya mengubah tulisan menjadi kode, tapi juga kamu bisa mengatur ukuran dari barcode kamu. Namun, sayangnya kamu hanya bisa membuat barcode satu dimensi saja di situs ini.

Itulah tadi enam cara mudah membuat barcode sendiri dengan mudah. Semoga artikel ini membantumu, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life