Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Euforia Synchronize Fest 2022, Gandeng 126 Musisi Indonesia 

Siap tangkis line-up yang itu-itu aja!

Nindi Widya Wati

WOW! Synchromania mana suaranya? 

Synchronize Festival siap hadir kembali usai nyaris tiga tahun vakum karena pandemi, Bela. Momen yang sangat ditunggu, saat akhirnya full line-up dengan 126 penampil diumumkan secara resmi melalui Instagram @Syncronizefest dan kanal YouTube Demajors TV. Festival musik berskala nasional ini kembali mengundang musisi lintas genre hingga lintas generasi.

Synchronize Fest 2022 akan digelar selama tiga hari berturut-turut dan yang terpenting bisa menghibur penonton secara langsung. Perayaan tahun ini menggemakan tema “Lokal Lebih Vokal” dengan jadwal pada 7, 8, dan 9 Oktober 2022 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Utara. 

Penasaran? Siapa saja artis yang akan memeriahkan Synchronize Fest 2022? Simak dalam artikel berikut, yuk

1. Wadah perayaan musisi Tanah Air

Dok. Synchronize Festival

Agnez Mo, Ahmad Band, Cokelat, Potret, Kahitna, Radja, Deadsquad feat. Isyana Sarasvati, Erwin Gutawa & 3Diva (Krisdayanti, Titi DJ, Ruth Sahanaya) adalah beberapa nama besar yang bakal tampil istimewa, Bela. Synchronize Festival 2022 hadir sebagai bagian dari perayaan festival musik yang sukses menjadi “game changer” dalam kancah industri pertunjukan di Indonesia ini.   

Menjadi sebuah proses yang sangat ditunggu-tunggu untuk bisa bertatap muka lagi dengan semua penikmat dan penggerak ekosistem musik Indonesia di Synchronize Festival 2022. Semua telah berubah dalam tiga tahun terakhir. Mari kita saling bahu membahu untuk bergerak bersama-sama lagi. Kembali ke akar membuat kita lebih sadar bahwa banyak sekali band atau talenta keren yang dimiliki bangsa Indonesia yang sebenarnya ada di sekitar kita. Hal ini sebagai penanda bagi kita untuk menjadikan musik Indonesia sebagai tuan rumah di negerinya sendiri,” pungkas David Karto selaku Founder sekaligus Festival Director dari Synchronize Fest saat Konferensi Pers pada, Rabu (10/08/2022). 

Sederet nama istimewa lain di antaranya adalah Denny Caknan, Alam Mbah Dukun, President Jancukers alias Sujiwo Tejo, Senyawa, OM New Palapa, Yuke Sampurna dan Ali Akbar yang akan merayakan 25 tahun perjalanan mereka dengan tampil reuni. Serta penampilan spesial Payung Teduh X Pusakata dengan kembalinya Mohammad Istiqamah Djamad sang vokalis tampil bersama Payung Teduh pertama kali dalam satu panggung. 

2. Suguhkan kolaborasi spesial

Instagram.com/nasidariasemarang

Sementara itu juga ada proyek kolaborasi musik secara khusus, menampikan Dipha Barus Bersama Bahana Bintang, Orkestra Nasida Ria Bersama Tjut Nyak Deviana, Jhonny Iskandar bersama Orkes Nunung Cs. Lalu, Down For Life X Gondrong Gunarto yang akan menampilkan kolaborasi musik metal dengan gamelan. 

Proyek supergroup yang digagas oleh Synchronize Fest yang menampilkan Oslo Ibrahim, Romantic Echoes, Bilal Indrajaya, Morad & The Band hingga Pergelaran Swara Gembira untuk Guruh Sukarno Putra yang secara spesial akan memberikan pertunjukan musik, tari, dan busana dengan set super megah. 

3. Reuni bersama Dara Puspita

Dok. Internet

Puncak kolaborasi yang pantang dilewatkan adalah pentas Spirit of Dara Puspita bersama Fleur, jadi penanda pertama kalinya grup garage rock legendaris tampil dengan personel lengkap setelah 50 tahun. Kuartet Titiek A. R., Lies A. R., Titik Hamzah, Susy Nander akan tampil bersama musisi-musisi perempuan hebat masa kini seperti Fleur Endah Widiastuti, Bonita, NonaRia, The Dare, MMS (Mela, Mar Sari) dan Rika Putrianjani.

4. Misi di balik Synchronize Fest 2022

Dok. Website Synchronize Festival

Adanya tongkat estafet regenerasi musisi penampil festival pun juga menjadi misi utama Synchronize Fest 2022, Bela. Nama sederet penyanyi baru hingga hero daerah juga naik dalam perhelatan kali ini. 

Agatha Pricilla X Rayhan Noor, Ali, Asylum Uniform, BAP., Gangga, Bleach, Daniel Dyonisius, Dirty Ass, Envy*, Faye Risakotta, Lorjhu’, Manjakani, Munhajat, Muram, Namoy Budaya, Perunggu, RL KLAV, Rub of Rub, Saturday Night Karaoke, Soegi Bornean, Swellow, Tabraklari, The Couch Club, The Dare, The Jansen, hingga The Rang-Rangs.

Daftar lengkap penampil pertunjukan Synchronize Fest 2022 dapat dilihat melalui website resmi www.synchronizefestival.com, ya.  

5. Konsisten dukung industri musik lokal

Instagram.com/Synchronizefest

Synchronize Fest konsisten mengusung pergerakan industri kreatif lokal tanah air. Tema “Lokal Lebih Vokal” diusung menjadi pertanda dari visi dan misi Synchronize sejak 2016 telah terwujud, di mana kini musik Indonesia telah berhasil menjadi tuan rumah di negerinya sendiri. 

Lokal Lebih Vokal” menjadi pengejawantahan bahwa Synchronize Fest hadir sebagai perayaan hiburan baik modern, tradisi, hingga kontemporer di Indonesia. Tidak hanya sekadar musik, namun bentuk budaya lainnya seperti seni, tari, hingga budaya yang telah mengakar di kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari.

6. Ketersediaan tiket Synchronize Fest 2022

Dok. Synchronize Festival

Eits, buat kamu yang belum beli tiket Synchronize Fest, masih ada kesempatan, lho! Ada dua kategori tiket yang masih tersedia, yaitu Daily Pass Regular dan Daily Early Entry Pass Synchronize Fest selanjutnya akan dijual pada 11 Agustus 2022 pukul 19:00 WIB melalui website resmi www.synchronizefestival.com. Dilanjutkan penjualan kategori On The Spot yang akan dijual dengan jumlah terbatas pada bulan Oktober di Gambir Expo Kemayoran.

Synchronize Festival jadi festival yang paling dinantikan kehadirannya di Tanah Air. Meskipun baru mengumumkan line-up artisnya, penjualan tiket festival selalu sold out dan hingga hari telah memastikan lebih dari 50ribu orang bakal hadir selama tiga hari dan akan terus bertambah jumlahnya sampai bulan Oktober,” ujar Aldila Karina selaku Communications Director Synchronize Fest.

7. Menilik upaya Synchronize Fest

Instagram.com/synchronizefest

Synchronize Fest pada kenyataannya, di tengah-tengah kondisi pandemi paling berat sekalipun tidak absen dan masih berupaya menghibur Synchromania. Bedanya, pada pelaksanaan tahun 2020 akibat regulasi PSBB acara saat itu terpaksa diadakan melalui salah satu stasiun televisi nasional. Sementara, pada 2021 lalu Synchronize Fest berlangsung di M Bloc Live House namun penonton hanya dapat menikmati secara online melalui Synchronize Radio.  

Itulah euforia Synchronize Fest 2022 yang bakal siap disuguhkan, Bela. Jadi, siap ikut dalam kemeriahan acara tahun ini? 

IDN Media Channels

Latest from Working Life