Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Danone Dukung Perempuan Indonesia Lewat Pelatihan Wirausaha

Kamu yang punya bisnis wajib ikutan, nih!

Niken Ari Prayitno

Saat ini, perempuan semakin merasa bebas untuk menjalani profesi apa pun yang diinginkannya. Beragam profesi bisa digeluti oleh perempuan sesuai dengan kapabilitas dan cita-citanya. Salah satu profesi yang semakin banyak digeluti oleh perempuan adalah menjadi seorang wirausaha.

Mengerti dengan kondisi perempuan masa kini, serta banyaknya jumlah perempuan yang berkecimpung di dunia bisnis, Danone Indonesia menggelar pelatihan wirausaha melalui Stellar Women Entrepreneurship Academy.

Terdapat 22 juta pengusaha perempuan di Indonesia dan masih banyak membutuhkan dukungan

Unsplash.com/Amy Hirschi

Saat ini, terdapat sekitar 22 juta dari total 85 juta perempuan Indonesia yang aktif dalam berbagai  kegiatan wirausaha. Selain itu, sebuah studi yang dilaporkan dalam Women in the Workplace 2020 oleh McKinsey menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap peran pemimpin perempuan dalam bisnis.

Meski jumlah tersebut bilang dibilang tidak sedikit, namun masih banyak perempuan yang membutuhkan dukungan agar dapat memulai bisnis, menjadi pemimpin, serta membangun dampak sosial dan lingkungan positif melalui usaha mereka. Terlebih, penurunan kondisi ekonomi dapat mempengaruhi bisnis dan UKM, termasuk yang dikelola perempuan.

Perempuan berperan penting dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi

Unsplash.com/Standsome Worklifestyle

Di tengah pandemi yang telah berlangsung selama satu tahun ini, pemulihan ekonomi di berbagai sektor masih terus gencar dilakukan. Head of Programmes UN Women Indonesia, Dwi Yuliawati Faiz, menyatakan bahwa peran perempuan sangat penting bagi pemulihan perekonomian yang saat ini terpuruk akibat pandemi COVID-19, terutama di bidang usaha.

“Akan tetapi harus diakui bahwa kepemimpinan perempuan di dunia  usaha, bahkan sebelum pandemi, masih memiliki tantangan, oleh karena itu kami menyambut baik inisiatif dari Danone di Indonesia ini yang memfasilitasi lahirnya perempuan-perempuan pemimpin di  dunia usaha,” kata Dwi.

Stellar Women Entrepreneurship Academy, inisiasi Danone untuk membantu perempuan Indonesia bangkit kembali pasca terdampak pandemi

Dok. Danone

Perempuan memiliki peran yang cukup besar di masyarakat. Mulai dari menjaga kesehatan anak dan keluarga, hingga berkarya melalui pekerjaan atau usahanya. Untuk itu, Danone Indonesia menginisiasi Stellar Women Entrepreneurship Academy untuk membantu perempuan Indonesia bangkit kembali pasca terdampak pandemi.

“Danone Indonesia berkomitmen untuk membawa kesehatan ke sebanyak mungkin masyarakat, termasuk melalui pengembangan sumber daya manusia dan pemberdayaan perempuan. Untuk itu, dibutuhkan program pemberdayaan perempuan yang dapat membantu mereka untuk beradaptasi hingga mampu menjadi pemimpin dan pembawa perubahan bagi lingkungannya,” ungkap Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto.

Melalui Stellar Women Entrepreneurship Academy pula, menjadi bentuk perwujudan dari salah satu visi Sustainable Development Goals pada sektor Kesetaraan Gender yang dicanangkan oleh pemerintah.

Stellar Women Entrepreneurship Academy mendorong perempuan untuk mampu menjadi agen perubahan di lingkungannya

Unsplash.com/linkedinsalesnavigator

Program Stellar Women Entrepreneurship Academy akan dimulai pada bulan Maret 2021, seiring  dengan peringatan Hari Perempuan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 8 Maret. Dirancang untuk 50 perempuan Indonesia pelaku UKM terpilih, program Stellar Women Entrepreneurship Academy berusaha untuk melahirkan kaum perempuan dengan kepemimpinan yang mumpuni dan mampu menjadi agen perubahan di lingkungan sosialnya.

“Alasan utama mengadakan program Stellar Women Entrepreneurship Academy merupakan bentuk misi kami dalam empowering women to be the next generation of leaders. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan akses untuk menambah entrepreneurial skills mereka, dan juga menyediakan platform untuk knowledge sharing dan networking,” kata Founder Stellar Women, Samira Shihab.

Materi apa saja yang akan dipelajari dalam Stellar Women Entrepreneurship Academy?

Stellar Women Entrepreneurship Academy akan terdiri dari beragam sesi kelas online yang akan berisi materi tentang product development, sales, branding, marketing, leadership, dan self-confidence. Sesi kelas online tersebut akan menyajikan beragam contoh kasus yang meliputi permasalahan, solusi, impact, dan hasil diskusinya.

Beberapa tokoh perempuan yang akan dilibatkan dalam program Stellar Women Entrepreneurship Academy ini antara lain adalah Pendiri Narasi TV Najwa Shihab, CEO Burgreens Helga Angelina, Founder dan CEO Sayurbox Amanda Cole, Co Founder Wecare.id Mesty Ariotedjo, CEO Sintesa Group Shinta Kamdani, VP Marketing Danone SN Indonesia Sri Widowati dan masih banyak sosok-sosok perempuan sukses di bidangnya masing-masing yang akan berlaku sebagai pembicara.

Pada penghujung program Stellar Women Entrepreneurship Academy, Danone Indonesia dan Stellar  Women akan memilih lima ide bisnis terbaik dan satu peserta terbaik yang akan diberikan dukungan pendanaan untuk menjalankan bisnisnya serta diberikan kesempatan untuk mendapatkan one on one mentoring session. Lumayan banget untuk mengembangkan bisnis kamu, kan, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Working Life