Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Siap Comeback, 10 Selebritas Korea Ini Akan Kembali Dari Wajib Militer

Woo Do-hwan siap syuting, Sungjae tak sabar bertemu Melody

Natasha Cecilia Anandita

Wajib militer adalah tugas negara yang wajib dilakukan oleh para laki-laki berwarganegaraan Korea Selatan. Kewajiban ini juga berlaku bagi para selebritas baik itu idol K-pop maupun para aktor K-drama.

Ketika para idol dan aktor favoritmu masuk wajib militer itu berarti kamu harus mengucapkan selamat tinggal kepada mereka untuk sementara waktu. Namun, itulah yang akan membuat kembalinya mereka ke dunia hiburan menjadi lebih menarik.

Comeback panggung atau drama mereka setelah sekitar 20 bulan pelayanan, selalu menjadi pertunjukkan yang sangat dinanti. Kali ini, Popbela akan beri tahu kamu beberapa aktor dan idol Korea yang akan kembali dari wajib militer dalam beberapa bulan ke depan (November-Februari).

1. Sungjae dan Hyunsik BtoB (14 November)

instagram.com/yook_can_do_it

Maknae line dari boy group BtoB, Sungjae dan Hyunsik akan kembali setelah menjalankan wajib militer mereka secara resmi pada 14 November nanti. Sungjae yang berusia 26 tahun dan Hyunsik yang berusia 29 tahun, mendaftar bersama untuk wajib militer pada 11 Mei 2020 lalu.

Sungjae dan Hyunsik diketahui bertugas menjadi Tentara Angkatan Darat. Pada tanggal 1 Oktober kemarin, Sungjae mengadakan siaran Instagram Live berbicara dengan penggemar dan mengatakan bahwa ia telah selesai dinas lebih awal pada 26 September lalu.

instagram.com/imhyunsik

Sementara Hyunsik sendiri juga selesai dinas lebih awal pada 28 September. Keduanya selesai lebih awal dari tanggal resmi mereka terkait dengan protokol COVID-19 yang diberlakukan.

Sungjae dalam siaran langsungnya juga sangat menantikan untuk segera comeback dan menyapa para Melody, sebutan untuk penggemar BtoB. Dengan kembalinya Sungjae dan Hyunsik, para penggemar tidak sabar untuk menantikan comeback BtoB secara full member.

2. Jinho Pentagon (14 November)

Satu agensi dengan Sungjae dan Hyunsik, Jinho Pentagon juga akan secara resmi kembali dari wajib militer pada tanggal 14 November mendatang. Main vocal boy grup Pentagon ini menjadi anggota pertama yang masuk dan menyelesaikan wajib militernya. 

Jinho bergabung sebagai tentara aktif dalam masa abdinya itu. Tak lama kemudian, sang leader Pentagon, Hui, juga mendaftar wajib militer. Penggemar sangat senang karena Jinho sudah kembali dari wajib militernya dengan sehat. 

Mereka juga tak sabar untuk menantikan comeback Pentagon maupun Jinho, karena telah rindu mendengar suara merdu mantan trainee SM itu. 

3. Yang Se Jong (15 November)

imgur.com

Aktor Yang Se Jong juga diperkiran akan menyelesaikan masa tugasnya secara resmi, pada 15 November ini. Masuk wajib militer pada 12 Mei 2020 dan lulus dari pelatihan dasar dengan pujian, Yang Se Jong bergabung sebagai tentara aktif dalam masa-masa wajib militernya.

Selama masa dinasnya itu, masa kontraknya dengan agensi, Good People Entertainment juga berakhir. Beredar kabar bahwa Yang Se Jong sedang dalam diskusi untuk bergabung dengan agensi yang menaungi Park Bo Gum, Blossom Entertainment. 

Tentu para penggemar berharap yang terbaik untuk sang aktor yang terkenal dengan perannya di Dr. Romantic Kim ini dan sangat menantikan comeback dramanya. 

4. Jinu dan Hoony WINNER (31 Desember dan 15 Januari)

pinterest.com/JenJendeuliee

Jinu, sang vokalis WINNER, adalah member pertama yang mendaftar wajib militer di grupnya. Idol 30 tahun itu mendaftar wajib militer pada 2 April 2020, tepat sebelum perilisan album studio ketiga mereka, Remember.

Kini sekaligus menyambut tahun baru, Jinu akan kembali setelah menjalani masa wajib militernya yang secara resmi berakhir pada 31 Desember mendatang seperti dikutip dari Jazmine Media.

dbkpop.com

Jinu bertugas sebagai petugas pelayan publik selama wajib militernya. Selain Jinu, Hoony WINNER juga mendaftar wajib militer pada tanggal 16 April 2020, atau dua minggu setelah Jinu mendaftar.

Hoony yang juga bertugas di unit pelayanan publik diperkirakan akan kembali pada 15 Januari 2022. Kegiatan grup dengan full member pun menjadi momen yang sangat dinanti-nanti oleh inner circle, sebutan penggemar WINNER. Belum lagi semua member telah memperbarui kontrak mereka dengan YG Entertainment pada Agustus 2021 lalu.

5. Woo Do-hwan (5 Januari)

Bodyguard Lee Min Ho di drama The King: Eternal Monarch, Woo Do-hwan akan menyelesaikan wajib militernya secara resmi pada 5 Januari 2022, setelah mendaftar pada 6 Juli 2020 lalu. Bahkan, aktor 29 tahun itu sudah akan dalam perbincangan untuk comeback ke layar kaca dengan mempertimbangan beberapa serial.

KeyEast Entertainment selaku agensi yang menaungi Woo Do-hwan mengatakan, bahwa ia sedang dalam pembicaraan untuk membintangi serial asli Netflix mendatang, Hunting Dogs, yang didasari serial webtoon action noir dengan nama yang sama.

Woo Do-hwan menjadi wajib militer sebagai tentara aktif, dan kini sedang menikmati masa liburan terakhirnya dan tidak kembali ke pangkalan militer sesuai dengan kebijakan dari Kementerian Pertahanan Republik Korea. Ia juga membagikan beberapa momennya merayakan Halloween di Instagramnya.

6. Ken VIXX (5 Januari)

Selain Woo Do-hwan, anggota boy group VIXX, Ken juga akan selesai dari masa tugas wajib militernya pada tanggal 5 Januari setelah mendaftar pada hari yang sama seperti Do-hwan. Selama menjalani wajib militer, Ken bergabung di band militer.

Tapi selama wajib militernya juga, teman segrupnya, Ravi, N dan Hongbin memilih untuk tidak memperpanjang kontrak mereka dengan agensi Jellyfish Entertainment. Jadi bahkan jika Ken kembali, comeback VIXX pun masih belum pasti.

Namun, masih banyak harapan untuk melihat Ken kembali baik sebagai penyanyi maupun sebagai aktor.

7. Zico (awal 2022)

pinterest.com

Rapper Zico dari Block B diperkirakan akan selesai wajib militer pada awal 2022, seperti dikutip dari Republic World. King of Mode yang berusia 29 tahun ini diketahui bertugas sebagai pelayan sosial selama wajib militernya.

Kembalinya pendiri KOZ Entertainment dari wajib militer menjadi saat-saat yang amat dinanti para penggemar untuk kembali menikmati karya-karya Zico yang selalu hit dan enak didengar. Tak hanya para penggemarnya di Korea, penggemar di seluruh dunia pun tak sabar untuk menunggu kembalinya rapper dan musisi Zico.

8. Suho Exo (13 Februari)

instagram.com/kimjuncotton

Sang leader dari EXO, Suho diperkirakan akan secara resmi menyelesaikan tugas militernya pada 13 Februari 2022, setelah mendaftar pada 14 Mei 2020 silam. Sebelum memulai wajib militer, Suho memulai debutnya sebagai solois dengan merilis EP Self-Portrait pada Maret 2020 untuk memberikan karya terakhirnya sebelum beberapa waktu meninggalkan para penggemar.

Suho bertugas sebagai pelayan publik selama wajib militer, sementara para anggota grup yang lain merilis album spesial Don't Fight the Feeling pada Juni 2021 lalu. Meski masih dalam wajib militer, Suho tetap menunjukkan dukungannya untuk album EXO tersebut di Instagram.

Menghitung hari untuk kembalinya Suho, penggemar semakin tidak sabar untuk menantikan Suho comeback baik sebagai solois, bersama EXO atau sebagai aktor Suho.

Itulah 8 selebritas Korea yang akan segera kembali dari wajib militernya. Akhirnya bisa menikmati karya mereka lagi ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life