Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kilas Balik Perjalanan Karier Ayu Ting Ting Selama 14 Tahun

Awalnya ingin jadi model, lho!

Natasha Cecilia Anandita

Sosok populer pedangdut Ayu Ting Ting, memang kerap menjadi perbincangan publik. Banyak kontroversi menyangkut dirinya, baik soal karier terlebih asmara. Namun, penyanyi yang berhasil mempertahankan karier hingga lebih dari sepuluh tahun itu tidak serta merta mencapai kesuksesan dalam sekejap. Dimulai dengan menjadi penyanyi dangdut keliling hingga masuk ke dapur rekaman, ini dia kilas balik perjalanan karier dari Ayu Ting Ting.

Diajak oleh sang ibu

instagram.com/ayutingting92

Ayu Ting Ting yang memiliki nama asli Ayu Rosmalina mengawali karirnya berkat sang ibunda Umi Kalsum. Sejak berusia 13 tahun, ibunda Ayu Ting Ting, kerap mengajaknya tampil dari panggung ke panggung untuk mengisi acara pernikahan. Hal itu lantaran Umi Kalsum melihat dan menyadari bahwa anaknya memiliki bakat bernyanyi. Sebagai seorang pedangdut keliling, Ayu mendapatkan honor sebesar Rp250 ribu sehari. 

Honor yang diperolehnya digunakan untuk membiayai sekolahnya hingga SMP. Fakta menariknya adalah Ayu tidak sama sekali berlatih vokal. Iya meyakini bahwa talentanya itu menurun dari sang ibu dan berkat pengalamannya dari panggung ke panggung.

Awalnya bercita-cita menjadi model

instagram.com/ayutingting92

Penyanyi kelahiran 20 Juni, 1992 tersebut, juga menceritakan bahwa sebelum menjadi pedangdut Ia awalnya ingin menjadi seorang model. Ayu Ting Ting tidak menyukai pedangdut lantaran streotip yang ada pada dirinya soal penyanyi dangdut.

"Waktu masih sekolah kan mikir kayak 'Ih, penyanyi dangdut apa, sih?'," kata Ayu Ting Ting dalam kanal YouTube DAD Entertainment.  "Pengennya modelling. Karena dulu sering diikut lombakan sama Ayah, fashion show gitu," tambahnya.

Akan tetapi ketidaksukaannya dan sterotipnya berubah saat pertama kali ia bisa menghasilkan uang dari menyanyi dangdut. Ayu merasa bangga pada dirinya karena di usia mudanya sudah dapat menghasilkan uang.

Masuk dapur rekaman dan meraih berbagai penghargaan

instagram.com/ayutingting92

Setelah bernyanyi dari panggung ke panggung, akhirnya Ayu dikenalkan ke produser rekaman oleh seorang pencipta lagu. Pada 2006, pedangdut asal Depok ini mengeluarkan album pertama yang berjudul Geol Ajep-ajep. Nama "Ting-Ting" sendiri diambil dari salah satu single dalam album pertamanya tersebut. Lewat lagu "Alamat Palsu" yang diciptakan oleh Dadan tersebut, nama Ayu melambung dan dikenal oleh banyak orang.

Seiring popularitasnya yang naik, Ayu pun mulai masuk dalam berbagai ajang penghargaan. Diawali pada 2011, ia berhasil menang di ajang Klik! Awards sebagai artis penyanyi fenomenal terbaik.

Setelah itu, dari tahun ke tahun, Ayu selalu masuk menjadi nominasi di berbagai ajang penghargaan. Hingga terakhir pada November lalu, ia berhasil meraih empat penghargaan di Anugerah Dangdut Indonesia 2020 dalam kategori Penyanyi Dangdut Wanita Paling di Hati, Penyanyi Dangdut Terpopuler, Lagu Dangdut Paling di Hati dan Fanbase Tergaul. 

Hingga kini, Ayu Ting Ting tercatat telah merilis belasan single dari beberapa album. Kepopuleran single terbarunya yang berjudul Akang Kendang kembali membuktikan ketenaran Ayu Ting Ting di kancah perdangdutan Tanah Air.

Tawaran pindah genre hingga dunia peran

instagram.com/ayutingting92

Karier putri sulung dari pasangan Abdul Rozak dan Umi Kalsum ini tidak sampai di situ. Ayu Ting Ting mengaku bahwa banyak yang menawarkannya untuk berpindah genre seperti ke musik pop. Namun karena kecintaannya pada musik dangdut dan pertama kali menghasilkan uang dari musik dangdut, Ia enggan untuk berpindah genre.

Kepribadiannya yang lucu dan ceria, menjadikan sosok Ayu Ting Ting semakin dicintai publik. Ayu Ting Ting mulai mendapatkan kesempatan untuk membintangi dan membawakan beberapa acara televisi. Sampai saat ini Ia tercatat telah membintangi 12 acara televisi dan 11 iklan komersial.

Selain menjadi penyanyi dangdut dan pembawa acara, Ayu juga terjun ke dunia seni peran. Ia telah bermain dalam sinetron dan film salah satunya dalam film ‘Dimsum Martabak’ yang diproduksi RA Pictures dengan Boy William sebagai lawan mainnya.

Kunci kesuksesannya adalah orangtua

instagram.com/ayutingting92

Selama berkarier 14 tahun, Ayu tak memungkiri bahwa banyak suka dan duka yang dilewati. Di awal karirnya, ia merasa cukup lelah dan berat namun seiring waktu ia mulai merasa terbiasa dan menganggapnya sebagai pelajaran untuk menjadikan dirinya kuat baik mental dan fisik. Menurut ibu dari Bilqis ini, kunci sukses kariernya sampai saat ini ada pada sang orangtua.

"Tetap semangat dan jangan jauhin orangtua, itu aja. Kuncinya adalah orangtua," ujar Ayu. Tak lupa, Ayu juga terus menjalin silatuharami dengan penyanyi-penyanyi senior yang memiliki banyak pengalaman.

Selama 10 tahun lebih berkarier di dunia hiburan Tanah Air, kepopuleran Ayu Ting Ting tampaknya memang belum memudar. Pemilik akun Instagram @ayutingtin92 ini bahkan menjadi salah satu artis Indonesia yang memiliki followers terbanyak, yakni 45,7 juta followers.

instagram.com/ayutingting92

Itu dia kilas balik perjalanan karier pedangdut Ayu Ting-Ting. Ia juga dikabarkan akan segera menikah lho, di tahun 2021. 

IDN Media Channels

Latest from Working Life