Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Skandal K-Pop yang Menodai Comeback Grup Mereka

Promosi mereka terpengaruh secara negatif

Natasha Cecilia Anandita

Tak selalu mulus, perjalanan karier grup K-pop kadang diwarnai skandal dan kontroversi. Beberapa skandal terburuk yang melanda K-pop pernah menunda comeback grup atau "menodainya" dalam beberapa cara.

Karena skandal tersebut, para penggemar meninggalkan fandom atau merasa kecewa, sehingga comeback mungkin bukan yang terkuat walau sudah dinanti-nantikan. Skandal, baik sah atau tidak, tetap saja merugikan pihak-pihak yang terlibat. Berikut ada beberapa skandal K-pop yang menodai comeback grup mereka.

1. T-ARA – “Day by Day”

koreaboo.com

Skandal satu ini merupakan salah satu skandal terbesar di K-pop dan mengawali redupnya nama T-ARA. Comeback T-ARA dengan "Day by Day" menerima pers yang buruk setelah salah satu anggotanya, Hwayoung mengklaim bahwa dia diganggu atau di-bully oleh anggota lain.

koreaboo.com

Ini menjadi comeback terakhir Hwayoung dengan grup. Banyak yang melontarkan komentar pedas hingga hujatan pada T-ARA. Namun, kemudian kasus terungkap bahwa anggota T-ARA yang lain tidak bersalah dan Hwayoung justru berbohong.

2. Super Junior – “Black Suit”

koreaboo.com

Comeback Super Junior November 2017, “Black Suit” tidak berjalan mulus. Siwon harus absen dari promosi karena skandal yang menyandung namanya. Sebulan sebelum "Black Suit" dirilis, bulldog Prancis dari keluarga Siwon, Bugsy, menggigit tetangganya dan menyebabkan kematian.

koreaboo.com

Siwon meminta maaf sebagai akibat dari skandal tersebut dan absen dari promosi album Play mereka.

“Saya meminta maaf kepada anggota keluarga yang terkena dampak yang sangat terkejut dan sedih. Saya sangat menyesal mendengar tentang situasi dengan anjing keluarga saya yang menyebabkan meninggalnya korban. Saya dengan tulus menyampaikan belasungkawa saya kepada almarhum dan keluarga yang ditinggalkan,” kata Siwon.

3. AB6IX – “The Answer”

koreaboo.com

Leader AB6IX, Youngmin, meninggalkan grup setelah insiden mengemudi dalam keadaan mabuk pada 31 Mei 2020. Hal ini menyebabkan comeback grup untuk "The Answer" ditunda hingga akhir Juni, dan para anggota merekam ulang album tersebut. Youngmin mengunggah permintaan maaf kepada semua orang yang terpengaruh karena perbuatannya itu.

koreaboo.com

“Saya sangat malu bahwa anggota yang berlatih keras untuk comeback ini serta staf yang bekerja keras telah dirugikan karena kesalahan saya yang bodoh dan tidak bertanggung jawab…

Saya sepenuhnya menyadari kesalahan yang saya buat, dan saya sangat menyesalinya dan merenungkan tindakan saya. Saya akan menerima semua kesalahan tentang tindakan saya yang tidak dapat diubah dengan kepala tertunduk dan merenungkannya saat saya terus hidup,” - Youngmin

4. MONSTA X – “Follow”

pinterest.com

MONSTA X berada di tengah-tengah promosi "Follow" ketika Wonho terlibat dalam tuduhan ganja. Wonho akhirnya meninggalkan grup segera setelah kontroversi tersebut, dan anggota lainnya melanjutkan penampilan mereka meskipun ada skandal.

pinterest.com

“Saya ingin menggunakan waktu ini untuk meminta maaf dengan tulus kepada penggemar yang telah mendukung saya dan mendukung saya selama ini. Tolong terus dukung MONSTA X. Para anggota tidak ada hubungannya dengan klaim yang dibuat. Saya harap semua orang dapat mendukung dan mendorong anggota kami. Anggota kami adalah orang-orang hebat, dan masalah saya seharusnya tidak menyakiti mereka.” — Wonho

Wonho akhirnya dibebaskan dari semua tuduhan narkoba terhadapnya.

5. PENTAGON – “Naughty Boy”

pinterest.com

Comeback "Naughty Boy" PENTAGON dianggap "dibayangi " oleh berita kencan HyunA dan DAWN. Kala itu PENTAGON baru kembali bersinar setelah comeback sebelumnya, “Shine” menjadi hit.

Hubungan HyunA dan DAWN terungkap pada Agustus 2018 dan PENTAGON merilis Thumbs Up! pada 10 September. Situs berita lebih fokus pada berita kencan daripada comeback grup.

allkpop.com

DAWN akhirnya keluar dari grup juga dari Cube Entertainment bersama HyunA. Keduanya kemudian menandatangani kontrak di bawah perusahaan Psy sementara PENTAGON berpartisipasi dalam Mnet 's Road to Kingdom.

6. Lee Hi – “No One”

koreaboo.com

Saat skandal BI terjadi, ia tidak sedang melakukan promosi bersama iKON, melainkan berkolaborasi tampil dalam comeback solois Lee Hi “No One”. BI diduga mencoba membeli LSD dan mariyuana pada 2016.

Idol itu kemudian mengakui bahwa meskipun dia tidak pernah menggunakan narkoba, dia pernah memikirkannya di masa lalu, sehingga memutuskan untuk mundur dari iKON. Terlepas dari skandal tersebut, Lee Hi melanjutkan promosinya dengan versi lagu yang lebih pendek yang memotong bagian rap. BI kemudian dinyatakan negatif narkoba.

7. (G)I-DLE - “Last Dance”

thebiaslist.com

Beberapa waktu lalu, ramai pemberitaan bully, dan salah satu anggota (G)I-DLE, Soojin turut terseret. Kala itu, (G)I-DLE sedang mempersiapkan comeback “Last Dance”. Ini adalah lagu yang dirilis oleh (G)I-DLE sebagai kolaborasi dengan platform fandom, Universe.

pinterest.com

Karena kontroversi intimidasi Soojin, hal itu memaksa grup untuk merekam ulang lagu tersebut sambil mendistribusikan kembali bagian-bagiannya. Soojin pun memilih hengkang dari grup dengan kasus yang masih abu-abu.

Itulah beberapa skandal K-pop yang menodai beberapa comeback grup. Mana yang menurutmu paling membekas, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life