Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

3 Tahun Debut, Ini Perjalanan Karier TXT Hingga Raih Hero of the Year

Junior BTS yang bersinar dengan caranya sendiri

Natasha Cecilia Anandita

Tiga tahun sudah boy group TXT menemani hari-hari penggemar yang diberi nama MOA (Moments of Alwaysness). Tagar tentang anniversary debut TXT pun ramai menghiasi halaman Trending di Twitter. Mulai dari #3ShiningYearsWithTXT hingga #TOMORROW_X_TOGETHER dicuitkan oleh para penggemar, dengan berbagai editan foto dan video untuk TXT.

Grup naungan Big Hit Entertainment ini debut pada 4 Maret 2019 dan kala itu disebut-sebut sebagai ‘adik BTS’ yang juga diharapkan dan didoakan memiliki karier yang cemerlang seperti BTS. Kini, setelah tiga tahun, TXT juga telah meraih banyak penghargaan dan terus menaiki tangga karier yang cemerlang.

Berikut perjalanan karier TXT dari debut hingga raih penghargaan Hero of the Year di NME Awards 2022.

Sudah mulai diumumkan sejak 2017

billboard.com

Bang Si-hyuk telah mengumumkan rencana untuk mendebutkan boy band kedua dari Big Hit Entertainment telah diumumkan sejak 2017. Pada November 2018, tanggal debut ditetapkan yang akan dilaksanakan pada awal 2019.

Pada 10 Januari 2019 lah, TXT secara resmi diperkenalkan ke publik. Sepuluh hari berikutnya, video Youtube yang menggambarkan masing-masing anggota, dengan julukan "introduction film", dirilis.

mtv.com

TXT sendiri merupakan akronim dari "Tomorrow X Together". Dalam bahasa Korea, nama grup ini adalah "투모로우바이투게더 (Tumoroubaitugedeo)", yang dibaca sebagai "Tomorrow By Together". Grup ini beranggotakan lima orang, yang teridir dari Soobin, Yeonjun, Beomgyu, Taehyun dan HueningKai.

Berdasarkan situs resmi mereka, makna dari "Tomorrow by Together" adalah lima individu yang "berkumpul di bawah satu mimpi yang sama dengan harapan dapat membangun hari esok yang lebih baik".

Puncaki tangga lagu saat debutnya

creativedisc.com

TXT debut pada 4 Maret 2019 sebagai boy band Big Hit Entertainment dalam enam tahun terakhir, setelah BTS. Siaran debut mereka ditayangkan di Mnet dan YouTube resmi Mnet, bersama dengan perilisan album mini debut, The Dream Chapter: Star dan single utama “Crown” yang berkonsep cerah.

Showcase debutnya digelar di Yes24 Live Hall pada 5 Maret. "Crown" sendiri memecahkan rekor dengan memperoleh 14.5 juta tayangan di YouTube, yang menjadikannya video musik debut boy band K-pop yang paling banyak ditonton dalam 24 jam dan video musik debut K-pop dengan likes paling banyak dalam 24 jam dengan 2,3 juta likes.

Albumnya menduduki peringkat teratas Gaon Album Chart dan Billboard World Albums Chart sementara "Crown" debut pada peringkat pertama Billboard World Digital Songs. TXT debut pada peringkat pertama Billboard Emerging Artists dan peringkat ke-140 di Billboard 200 untuk pertama kalinya, menjadikan mereka sebagai grup tercepat yang tampil di tangga lagu tersebut dan grup K-pop tercepat kedua yang tampil di Billboard Emerging Artist, serta album debut oleh grup K-pop pria yang menduduki peringkat tertinggi.

Album tersebut juga menduduki peringkat ke-3 di Tangga Lagu Mingguan Oricon dan menduduki peringkat atas Tangga Lagu Bulanan Gaon pada bulan Maret. Penampilan perdana mereka di acara musik, yaitu pada 7 Maret 2019 di Mnet M Countdown.

twitter.com/TXT_bighit

Satu minggu setelah debut, lagu “Crown” meraih penghargaan acara musik pertama di SBS MTV The Show, yang diikuti dengan kemenangan di M Countdown dan Show Champion.

Tak sampai di situ "Crown" masuk dalam Decade-end list of "The game-changers from a decade of K-pop" oleh majalah GQ, untuk tahun 2019. GQ juga menulis, bahwa walau mereka merupakan junior dari BTS, tapi mereka mampu bersinar dengan caranya sendiri.

Umumkan tur luar negeri sebulan setelah debut

twitter.com/TXT_bighit

Pada 9 April 2019, TXT mengumumkan tur luar negeri pertama mereka. Kuintet ini juga mengumumkan showcase debut di Amerika Serikat yang digelar di enam kota berbeda, mulai dari New York City, Chicago, Los Angeles, Dallas, Orlando, dan Atlanta dalam waktu dua minggu, sejak 9 Mei hingga 24 Mei.

Tak perlu terkejut, tiket seluruh pertunjukan terjual habis dalam waktu kurang dari 24 jam. Setelah showcase, mereka juga tampil di konser musik iHeartRadio Wango Tango 2019, yang digelar di Dignity Health Sports Park di Los Angeles pada 1 Juni.

forbes.com

TXT juga didapuk sebagai artis Korea pertama yang tampil dua pertunjukan busana terbesar di penampilan busana fall/ winter 2019 oleh Kansai Collection pada 27 Agustus, diikuti dengan penampilan busana fall/ winter 2019 oleh Tokyo Girls pada 7 September.

Karier mereka semakin cerah ketika berhasil tampil di festival musik KCON 2019 NY, yang digelar di Madison Square Garden, New York, dengan 55,000 penonton. Kemudian menerima nominasi MTV Video Music Award pertama mereka untuk kategori "Best K-pop".

Menang dalam beragam acara penghargaan

twitter.com

TXT kembali menoreh prestasi pada comeback pertama mereka Oktober 2019 silam. Dengan Kesuksesan komersial TXT pada awal karier mereka, membuat mereka memenangkan beberapa penghargaan pendatang baru di acara penghargaan musik akhir tahun utama Korea. Acara utama tersebut, termasuk Asia Artist Awards, Melon Music Awards, Mnet Asian Music Awards, Golden Disc Awards, Gaon Chart Music Awards dan Seoul Music Awards.

Karier makin meluas, TXT promosi di Jepang

hallyuplus.net

Di tahun 2020, karier Soobin, Yeonjun, Beomgyu, Taehyun dan HueningKai mulai meluas dan melakukan promosi Jepang. TXT melangsungkan debut Jepang dengan “Magic Hour” pada 15 Januari 2020. Tentu, single tersebut debut pada peringkat pertama di tangga lagu harian Oricon dan pada peringkat ke-2 di Oricon Weekly Singles Chart.

Mereka juga melangsungkan debut di televisi Jepang dengan penampilan pertama di Asahi TV Music Station. Mereka menampilkan versi bahasa Jepang dari lagu "Run Away" pada 24 Januari dan menjadi artis Korea pertama yang tampil di acara tersebut pada tahun 2020. "Magic Hour" mendapatkan sertifikasi emas oleh Asosiasi Industri Rekaman Jepang (RIAJ), karena berhasil menjual 100,000 eksemplar.

TXT tercatat sudah menelurkan beberapa single dan album studio untuk promosi Jepang mereka, di samping comeback di Korea yang juga sama-sama meraih banyak prestasi baik di tangga lagu maupun secara komersial.

Album studio Jepang mereka bahkan menduduki posisi ke-173 di Billboard 200, menjadikan TXT sebagai grup Korea kedua dalam sejarah yang memasuki tangga musik Amerika Serikat dengan album berbahasa Jepang.

Brand ambassador dan kegiatan lainnya

bbangyanews.com

Selama tiga tahun berkarier, tak hanya melalui album dan single, TXT juga menjadi wajah untuk beberapa brand. Pada Mei 2019, TXT diumumkan sebagai duta terbaru untuk merek perawatan kulit Korea, "It's Skin".

Berlanjut dengan diumumkannya mereka sebagai model eksklusif untuk koleksi tahun 2020 merek seragam sekolah Korea, "SKOOLOOKS". Pada Februari 2021, TXT terpilih sebagai "pemeran utama" dari kampanye global #BeMyValentine oleh TikTok untuk merayakan Hari Kasih Sayang. Pada Maret 2021, mereka diumumkan sebagai model untuk merek audio Jepang, "GLIDiC".

Salah satu anggota TXT, Soobin, juga pernah menjadi pembawa acara dari KBS2 Music Bank bersama Arin dari Oh My Girl. Ia pertama kali tampil sebagai pembawa acara pada 24 Juli 2020. Ini sekaligus aktivitas solo pertama Soobin di luar grup.

Pada 24 Mei, mereka merilis lagu tema "Love Sight" untuk drama tvN Doom at Your Service. Yeonjun dan Taehyun TXT juga berkolaborasi dengan penyanyi Salem Ilese dan Alan Walker untuk single Ilese yang berjudul “PS5” yang rilis pada 23 Februari 2022 lalu.

Ciptakan lagu-lagu hits hingga raih Hero of the Year di NME Awards 2022

twitter.com/TXT_bighit

Kamu mungkin sudah sering dengar lagu “Crown” dan lagu b-side hits lainnya yang viral di TikTok, yaitu "Anti-Romantic". Selain itu, kamu pasti pernah setidaknya mendengar lagu “Blue Hour”, “LO$ER=LO♡ER”, “0×1=LOVESONG”, serta “PS5” yang juga sangat enak didengar.

Terbaru, TXT baru diumumkan memenangkan penghargaan Hero of the Year dari penghargaan UK, NME Awards 2022, menjadikan mereka artis Korea pertama yang menerima penghargaan tersebut.

NME Awards dilangsungkan untuk menghormati pencapaian dalam musik, film, dan budaya, dan penghargaan Hero of the Year dipilih oleh penggemar untuk mengakui mereka yang "membuat dunia menjadi tempat yang jauh lebih baik selama 12 bulan terakhir."

soompi.com

Pemenang Hero of the Year sebelumnya termasuk Lady Gaga, Beyoncé, Barack Obama, Liam Gallagher, Ozzy Osbourne, Ariana Grande, Gerard Way dari My Chemical Romance, dan Alex Turner dari Arctic Monkeys.

Tahun lalu, TXT juga merupakan satu-satunya artis Korea yang dimasukkan dalam daftar akhir tahun NME “The 50 Best Albums of 2021” dengan album studio kedua mereka The Chaos Chapter: FREEZE, setelah sebelumnya menerima ulasan bintang lima dari publikasi.

Itulah perjalanan karier TXT dari debutnya tiga tahun lalu, hingga kini semakin bersinar dan baru saja mendapatkan Hero of the Year dari NME Awards 2022. Selamat untuk TXT!

IDN Media Channels

Latest from Working Life