Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Artis Thailand yang Berhasil Dapatkan Gelar Sarjana, Ada Win & Bright

Tetap mengedepankan pendidikan

Nabila Damaan

Berprofesi sebagai artis tentu memiliki jadwal yang padat, mulai dari syuting, pemotretan, hingga pekerjaan lainnya, sehingga beberapa ada yang tidak sempat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Namun, berbeda halnya deretan artis Thailand yang akan kita bahas di bawah ini. Mereka berhasil menamatkan pendidikan hingga mendapatkan gelar sarjana, meskipun tengah disibukkan dengan kegiatan sebagai artis. 

Kali ini Popbela akan menyajikan sederet artis Thailand yang berhasil raih gelar sarjana di tengah padatnya jadwal syuting. Siapa sajakah mereka? Check this out!

1. Win Metawin

instagram.com/winmetawin

Di tengah kesibukannya di dunia seni peran, apalagi di tahun 2022 ini ia semakin bersinar, hal itu tidak melunturkan semangat Win Metawin untuk menempuh pendidikannya. Artis kelahiran 21 Februari 1999 ini sejak TK hingga kuliah menempuh pendidikan di sekolah top Thailand. Saat ini,  Win telah lulus dengan gelar S1 Ekonomi dengan Program Kelas Internasional di Universitas Thammasat, Bela.

2. Bright Vachirawit

thailand.postsen.com

Namanya sedang naik daun berkat series 2Gether. Bintang F4 Thailand ini kini menyandang gelar Sarjana Administrasi Bisnis di bidang Pemasaran pada tahun 2021 dan akan menghadiri upacara wisuda tepat pada 14 Desember 2022, dari salah satu universitas paling bergengsi di Thailand, Bangkok University International College.

3. Pearwah Nichaphat

instagram.com/nichaphatc

Aktris, model, sekaligus penyanyi Pearwah adalah satu satu artis muda Thailand yang berhasil menamatkan pendidikan tinggi dan raih gelar sarjananya pada tahun 2022 nih, Bela.

Perempuan yang dikenal dari perannya sebagai Kanompang di Hormones: The Series (2014) ini adalah lulusan Fakultas Seni Komunikasi Universitas Chulalongkorn.

4. Singto Prachaya Ruangroj

twitter.com/nini_whheart

Sempat menempuh pendidikan di Fakultas Ekonomi di Universitas Kasetsart, Singto Prachaya Ruangroj kemudian memutuskan untuk pindah ke Bangkok University Fakultas Seni Komunikasi dan lulus di tahun 2021 dalam jurusan Broadcasting and Streaming Media Production.

5. Sing Harit Cheewagaroon

instagram.com/ssingss

Merupakan aktor asal GMMTV yang mengambil jurusan Penyiaran Radio dan Televisi. Sing menyelesaikan sekolah menengahnya di  Bangkok Christian College dan dia sekarang belajar di Jurusan Penyiaran Radio dan Televisi.

Sing berhasil menamatkan pendidikan dan memperoleh gelar sarjana Seni Komunikasi  di  Universitas Chulalongkorn pada tahun 2019 bersama dengan aktor Thailand Bank Thiti Mahayotaruk.

6. Jane Ramida Jiranorraphat

instagram.com/janeeyeh

Pemeran Claire di series The Gifted asal GMMTV, Jane Ramida Jiranorraphat juga menempuh pendidikan di fakultas seni komunikasi. Anggota grup pop perempuan Thailand SIZZY ini selama masa kecilnya bersekolah di beberapa sekolah internasional dan Thailand. 

Selain itu, dia pergi ke Taiwan untuk melatih bahasa Mandarinnya. Pada tahun 2020, ia lulus dan mendapatkan gelar sarjana Komunikasi Merek dari Fakultas Seni Komunikasi di Universitas Bangkok, Bela.

7. Gun Chanagun Arpornsutinan

pinterest.com/daeyumbruh

Gun Chanagun yang muncul di series 2Gether juga berasal dari jurusan  Penyiaran Radio dan Televisi, Universitas Bangkok. Sebelum memutuskan untuk berkuliah, Gun pernah berniat untuk menempuh pendidikan tentara, lho.

8. Ciize Apichaya Saejung

nstagram.com/ciizezphr

Jika kebanyakan artis muda Thailand mengambil jurusan penyiaran dan marketing, berbeda dengan Ciize Apichaya Saejung yang muncul di seriesn Who Are You. Member grup SIZZY ini mengambil jurusan Perdagangan Internasional dari Chinese International College di Universitas Bangkok, Bela. Dan tepat di tahun 2022 ini ia menyandang gelar sarjananya.

9. Bank Thiti

thebangkokinsight.com

Di tahun yang sama, Bank Thiti juga lulus dan mendapatkan gelar sarjananya. Aktor sekaligus pemeran Non dalam Hormones: The Series ini berkuliah jurusan Radio and Television Broadcasting Fakultas Ilmu Komunikasi di Universitas Chulalongkorn.

10. Thanaerng Kanyawee

thebangkokinsight.com

Kanyawee Songmuang atau dikenal dengan nama Thanaerng juga terkenal karena peran utamanya dalam drama televisi Hormones: The Series dan Senior Secret Love: My Lil Boy. Thanaerng adalah lulusan dari Universitas Thammasat, Jurusan Filsafat, Politik, dan Ekonomi, lho Bela.

11. August Vachiravit

thebangkokinsight.com

August adalah aktor, penyanyi, dan model Thailand yang bekerja di industri hiburan televisi dan film Thailand sejak 2014. August lulus dengan gelar sarjana setelah menempuh pendidikan pada program studi manajemen olahraga jurusan Ilmu Keolahragaan dan Pembinaan Olahraga fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Thammasat.

12. Gulf Kanawut

twitter.com/gulfkanawutaus

Gulf Kanawut Traipipattanapong atau yang kerap di sapa Gulf ini adalah seorang aktor asal Thailand yang sudah berkiprah sejak tahun 2015. Setelah membintangi banyak seri, namanya mulai dikenal berkat perannya sebagai protagonis utama dari seri BL populer Tharn Type: The Series dari LINE TV pada tahun 2019. 

Gulf tidak pernah meninggalkan pendidikannya, ia pernah bersekolah di sekolah menengah khusus laki-laki di Bangkok bernama Suankularb Wittayalai. Dia kemudian kuliah di Universitas Teknologi Thonburi di King Mongkut, dan lulus dengan mendapatkan gelar sarjananya untuk jurusan Pendidikan dan Teknologi Industri.

13. Pangpond Akalavut

thebangkokinsight.com

Pangpond  adalah aktor asal Bangkok yang memulai kariernya di industri dengan peran dalam program Grean Possible dan serial komedi GPA tahun 2015. Dia memiliki gelar sarjana seni dalam manajemen hotel dari School of Humanities and Tourism Management Universitas Bangkok.

14. Belle Kemisara

thebangkokinsight.com

Kemisara Paladesh atau disapa Belle adalah seorang pembawa acara terkenal di Thailand yang juga merupakan anak dari Direktur Utama media HD PPTV di Thailand. Belle adalah seorang artis yang lulus dari Ekamai International School dan gelar sarjana di Universitas Thammasat, jurusan Pendidikan Inggris dan Amerika (BAS).

15. Fah Yongwaree

twitter.com/sukajaehyuk

Artis cantik pemeran F4 Thailand ini memiliki pendidikan yang nggak main-main, lho. Ia bahkan berasal dari lulusan Double Degree Hukum Universitas Ramkhamhaeng yang juga  melanjutkan pendidikannya di Pilot Aviation Institute Washington DC. 

Konon, Fah Yongwaree memiliki ketertarikan menjadi pilot dan ikut sekolah penerbangan karena ibunya yang merupakan seorang pramugari di Cathay Pacific Airways.

16. Mew Suppasit

twitter.com/mewsuppasitth

Penyanyi sekaligus aktris Thailand, Mew Suppasit juga masuk ke dalam salah satu artis yang nggak pernah meninggalkan pendidikan. Mew menempuh pendidikan dengan gelar S1 Teknik Industri di Kasetsart University, dan lulus dengan mendapatkan predikat kelas satu (medali emas).

Pelantun lagu “Turn Off The Alarm” ini kemudian melanjutkan pendidikan S2 Teknik Industri di Universitas Chulalongkorn. Bahkan, kini Mew juga tengah menempuh pendidikan untuk gelar Magister dan PhD-nya pada bidang Teknik Industri di kampus yang sama.

17. Alice Tsoi

twitter.com/wjmildpics

Aktris kelahiran 1 Juni 1991 ini merupakan seorang artis Thailand yang juga seorang dosen, lho Bela. Alice berasal dari lulusan S1 Language and Culture Arts Universitas Chulalongkorn dan kini menjadi seorang dosen di College of Social Communication Innovation Srinakharinwirot University. Wah, keren ya?

18. Jimmy Potiwihok

instagram.com/jimmyyjp

Jimmy mengawali kariernya sebagai aktor rookie dengan peran pendukung di serial Bad Buddy The Series. Sebelum terjun ke dunia seni peran, Jimmy menempuh pendidikannya di bidang Kedokteran di Faculty of Medicine Chiang Mai University pada tahun 2019 dan kini menjadi seorang dokter sekaligus aktor, lho.

19. Bow Maylada

thebangkokinsight.com

Bow telah menjadi penyanyi sebelum dia memulai karir aktingnya. Dia ditandatangani di bawah Rekaman "Kamikaze" dan dalam girlgroup bernama Kiss Me Five dari 2010 hingga 2013. Bow lulus dengan gelar sarjana dari fakultas penyiaran radio dan televisi di Universitas Ramkhamhaeng.

Demikianlah sederet nama artis muda Thailand yang berhasil raih gelar sarjananya di tengah kesibukkan mereka sebagai seorang artis. Bisa menjadi contoh untuk rekan-rekannya yang lain, begitu pula bagi para penggemarnya, ya. Dari ke-19 nama di atas adakah idolamu?

IDN Media Channels

Latest from Working Life