Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Mengatur Uang THR di Tengah Pandemi dan Siap Hadapi Resesi

Dahulukan bayar zakat dan utang ya, Bela

Marshelina Tri Utami

Banyaknya tempat yang ditutup dan himbauan untuk tetap #DiRumahAja ternyata memberikan banyak manfaat baik buat dompetmu, lho. Lebih sedikit hal yang harus kamu beli, membuat lebih sedikit juga uang yang harus kamu keluarkan.

Di bulan yang suci ini, THR menjadi kabar bahagia yang ditunggu-tunggu umat muslim. Habis dapat THR, biasanya kebiasaan belanja jadi nggak terkendali. Padahal saat pandemi ini, bisa jadi kesempatan besar kamu untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih hemat, Bela. Apalagi, jika sampai hal yang terburuk terjadi; resesi. 

Melansir dari berbagai sumber, berikut 5 cara mengatur uang THR di saat pandemi corona. Yuk, disimak!

1. Dahulukan pembayaran zakat dan pemberian THR kepada orang lain

blog.salamplanet.com

Hayo, kalau sudah mendapatkan hak THR dari perusahaan tempatmu bekerja, jangan lupa untuk melakukan kewajiban kamu. Berikan THR kepada orang-orang yang sudah berkontribusi dalam hidupmu, seperti asisten rumah tangga, supir, atau satpam tempat tinggalmu.

Setelahnya ingat juga kewajibanmu sebagai seorang muslim, yaitu tunaikan zakat harta dan zakat fitrah. Niscaya, uang kamu akan sangat bermanfaat untuk mereka.

2. Jangan lupa membayar utang

jeonline.com.br

Meskipun diberi kelonggaran oleh institusi peminjaman, jangan sampai terlena dan kelupaan lho, Bela. Daripada menambah beban tagihan di kartu kreditmu, atau beban pikiran utang kepada orang lain, lebih baik segera bayar. Agar jika penghasilanmu tiba-tiba berkurang di tengah pandemi ini, kamu nggak jadi bingung dan panik. 

3. Batalkan langganan dan biaya kartu keanggotaan yang nggak bisa kamu pakai di tengah pandemi ini

www.mommythrives.com

Cara ini merupakan salah satu cara termudah untuk berhemat. Coba ingat-ingat, langganan apa saja yang biasanya menguras dompet tiap bulannya? 

Langganan streaming lagu? Kamu bisa mendownloadnya di internet selagi #DiRumahAja. Langganan tempat laundry? Ayo coba belajar mandiri dnegan mencuci sendiri, Bela. Biaya kartu anggota di tempat gym? Manfaatkan aplikasi, kelas live hingga video YouTube gratis yang bisa menemani workout kapanpun kamu suka.

4. Belanja bahan makanan seperlunya saja

unsplash.com/graphwya

Di samping transportasi dan gaya hidup, makanan mungkin menjadi pengeluaran bulanan terbesar kamu. Kalau biasanya mengeluarkan banyak uang untuk makan di restoran, atau mendatangi acara buka bersama, alihkan untuk membeli bahan makanan di rumah dan tabung sisanya.

Selama masa karantina, aktifkan kemampuan memasakmu. Selain berhemat, pastinya makanan kamu lebih terjamin kebersihannya. 

5. Simpan untuk pengeluaran tak terduga

unsplash.com/graphwya

Banyak hal dalam hidup yang nggak bisa kita prediksi. Kalau uang THR kamu masih tersisa, jangan langsung lihat-lihat barang di marketplace online. Sebaiknya, isi tabungan untuk persiapan dana darurat. Nantinya ketika hal yang nggak terduga itu datang, kamu nggak akan merepotkan orang lain dengan pinjam sana-sini, deh.

Itulah cara mengatur uang THR di tengah pandemi corona. Gimana? Mudah, kan? Jadi nomor berapa yang mau kamu laksanakan, Bela? Tulis di kolom komentar, ya

IDN Media Channels

Latest from Working Life