Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Kelebihan Orang Kidal Menurut Pengetahuan, Apakah itu Kamu?

baca semua, kamu bakalan kagum

Emillia Wardhani

Pernahkah kamu melihat orang yang kidal, Bela? Yap, pengetahuan membuktikan bahwa populasi orang kidal di dunia hanya sekitar 10%. Orang yang kidal cenderung menggunakan otak kanan mereka lebih dominan dibandingkan dengan orang tidak kidal, yang menggunakan otak kiri. 

Fungsi dari otak kanan adalah berimajinasi, berpikir kreatif dan seni serta condong dalam menggunakan intusi ketika memahami sesuatu. Sedangkan otak kiri berfungsi untuk menghitung, membaca, menulis, dan memahami dengan logika. Apa saja, ya kelebihan mereka? Simak, yuk, tujuh kelebihan orang yang kidal!

1. Orang kidal lebih pintar

peoplescience.com

Orang kidal merupakan bagian terbesar dari populasi cerdas menurut pengetahuan. Mereka dapat menggunakan kedua otak kiri dan kanan secara optimal dan maksimal. Orang yang tidak kidal cenderung menggunakan otak kiri lebih dominan. Namun, orang yang kidal akan menggunakan kedua sisi dalam kepalanya secara bersamaan saat mempelajari sesuatu.

2. Lebih baik dalam multitasking

emorywheel.com

Orang kidal dapat dengan mudah menangani arus informasi yang besar dan tidak terorganisir dengan lebih bak. Oleh sebab itu, mereka yang kidal akan lebih baik dalam melakukan beberapa hal pada waktu yang bersamaan. Mereka memprosesnya dengan tepat dan cenderung tidak mudah panik ketika bekerja.

3. Memiliki daya ingat yang lebih baik

this.deakin.edu

Sebagian besar orang kidal memiliki daya ingat yang lebih baik. Mereka dapat mengingat tanggal dan kejadian yang tepat. Terkadang, bahkan kata-kata yang telah diucapkan oleh seseorang, mereka masih merekamnya sangat jelas pada memori mereka. Kagum nggak, kamu sama mereka?

4. Jago dalam bermain game!

Freepik.com

Refleks yang cepat, ketangkasan, serta keterampilan menggerakan anggota tubuh secara bersama-sama, berkontribusi pada keterampilan mereka dalam menyerang lawan ketika perang, bermain tenis virtual, atau melawan monster di video game. Sesekali mungkin kamu perlu menantangnya ya, Bela.

5. Orang kidal unggul dalam beberapa jenis olahraga

en24news.com

Sebagian besar atlit kidal berlatih melawan atlit lain yang tidak kidal dan ketika mereka menghadapi orang kidal, mereka belum siap. Hal ini karena reflek yang terjadi antara tangan kanan dan tangan kiri yang berbeda. Kelebihan ini menguntungkan bagi pemain kidal karena bisa mengatasi lawanya dengan mudah. Hal ini terjadi seperti pada cabang olahraga tenis dan bulutangkis.

6. Ahli dalam seni

groupon.com

Karena orang kidal cenderung memahami informasi secara visual (melalui gambar dan suara) ketimbang bahasa, mereka cenderung lebih artistik dan kreatif. Jika kamu memiliki hobi dalam bidang seni, kamu mungkin bisa mengajaknya berbagai banyak hal tentang seni bersama.

7. Orang kidal mudah saat belajar mengemudi

97x.com

Dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan banyak tugas, orang kidal melihat bahwa ketika terjadi pergantian gigi, memutar stir dan menerapkan rem mobil pada saat yang sama, menjadi pekerjaan yang sederhana. Sebuah jajak pendapat di sekolah mengemudi menemukan bahwa 57% orang kidal lulus tes mengemudi pertama kali dibandingkan dengan 47% teman mereka yang tidak kidal.

Itulah tujuh kelebihan orang yang kidal menurut pengetahuan. Apakah salah satu di antaranya termasuk kamu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life