Introvert adalah tipe kepribadian di mana mereka cenderung fokus kepada pikiran dan perasaan yang berasal dari dalam dirinya sendiri, dibandingkan dengan mencari stimulasi yang berasal dari luar. Secara umum, orang dengan kepribadian introvert terlihat lebih pendiam, tenang, dan senang menyendiri.

Kendati demikian, introvert tetap bisa berinteraksi dengan baik bersama orang lain. Hanya saja, setelah menghabiskan waktu berkumpul dengan banyak orang, introvert butuh menyendiri untuk mengembalikan energinya. Berbeda dengan ekstrovert yang justru mendapatkan energi dari sosialisasi bersama orang-orang. Lantas, seperti apakah ciri-ciri orang introvert yang sesungguhnya? Berikut Popbela berikan ulasannya.

Kenali 9 Ciri-Ciri Orang Introvert yang Sebenarnya

Berada sendiri di rumah adalah suatu kebahagiaan bagi introvert. Mereka merasa tenang dan produktif untuk melakukan hobi serta aktivitasnya saat sendirian. Bagi mereka, me time adalah momen yang paling penting untuk mengembalikan energi, kesehatan, dan kebahagiaannya.

Kenali 9 Ciri-Ciri Orang Introvert yang Sebenarnya

Berkumpul dengan banyak orang yang tidak dikenal terkadang terasa sulit untuk seorang introvert. Mereka akan mengeluarkan energinya saat berkumpul dengan banyak orang, sehingga mereka akan merasa kelelahan setelahnya. Namun, bukan berarti introvert menutup diri dari dunia luar dan tidak dapat bersosialisasi dengan orang lain, ya.

Kenali 9 Ciri-Ciri Orang Introvert yang Sebenarnya

Banyak orang salah paham dan menganggap bahwa orang introvert tidak suka berinteraksi dengan orang lain. Padahal, hal itu tak sepenuhnya benar. Orang introvert hanya lebih suka berkumpul dengan orang-orang terdekat dibandingkan orang baru. Lingkaran pertemanan mereka kecil, tapi introvert cenderung loyal dan sangat menghargai teman mereka.

Kenali 9 Ciri-Ciri Orang Introvert yang Sebenarnya

Bela, apakah kamu sering terlihat bengong, bahkan saat sedang terlibat obrolan dengan orang lain? Jika iya, bisa jadi kamu adalah seorang introvert, nih. Salah satu ciri-ciri orang introvert adalah mereka sering berkhayal tentang hal-hal menarik dan melepaskan diri dari suasana membosankan. Mereka sering terlihat bengong karena cenderung membiarkan pikirannya berjalan ke sana ke mari.

Kenali 9 Ciri-Ciri Orang Introvert yang Sebenarnya

Orang introvert lebih memilih untuk menyampaikan isi kepalanya melalui tulisan daripada mengatakan pendapat mereka secara langsung. Dengan menulis, mereka dapat memikirkan apa yang ingin dibahas terlebih dahulu. Introvert cenderung menyampaikan pendapatnya dengan hati-hati, sehingga mereka merasa lebih lebih aman dengan menulis dibandingkan berbicara.

Kenali 9 Ciri-Ciri Orang Introvert yang Sebenarnya

Selain berhati-hati saat berbicara, orang yang introvert juga pribadi yang akan berpikir lebih dulu sebelum bertindak. Sebagai orang yang sangat hati-hati, mereka memilih meluangkan waktu untuk berpikir dan mengambil keputusan. Mereka merupakan pengamat yang baik dan cenderung mempelajari situasi sekitarnya melalui pengamatan terlebih dahulu.

Kenali 9 Ciri-Ciri Orang Introvert yang Sebenarnya

Salah satu keunikan yang dimiliki orang introvert adalah sering melakukan self talking atau berbicara pada diri sendiri. Namun, tak perlu terlalu khawatir, ya. Dalam hal ini, mereka sebenarnya hanya ingin mengekspresikan perasaan tanpa ingin merasa dihakimi, sehingga lebih mudah bagi mereka berbicara pada diri sendiri atau bahkan kepada benda mati.

Kenali 9 Ciri-Ciri Orang Introvert yang Sebenarnya

Ciri-ciri orang introvert selanjutnya ialah mereka lebih suka bekerja sendiri daripada dalam kelompok. Saat-saat menyendiri merupakan waktu yang paling produktif untuk introvert karena mereka dapat mengolah pikirannya dengan maksimal sehingga dapat lebih kreatif serta menghasilkan ide-ide yang cemerlang. Mereka merasa tenang untuk melakukan kegiatannya saat sendirian.

Kenali 9 Ciri-Ciri Orang Introvert yang Sebenarnya

Berbeda dengan ekstrovert yang aktif menyampaikan opini mereka dan mengambil alih pembicaraan saat berdiskusi, orang introvert justru cenderung menunggu ditanya sebelum menyampaikan pendapatnya. Mereka lebih suka menyimpan pandangannya untuk diri sendiri. Mereka juga sosok pendengar yang baik, sehingga banyak orang sering meminta saran atau nasihat dari mereka.

Itulah 9 ciri-ciri orang introvert yang paling umum dirasakan. Apakah kamu termasuk orang introvert, Bela? Atau justru seorang ekstrovert?

Baca Juga: Ini Bedanya Introvert dan Ekstrovert dalam Menggunakan Media Sosial

Baca Juga: 10 Aktivitas Seru Untukmu Si Introvert yang Senang Menyendiri

Baca Juga: Nggak Nyangka! Ini Lho 5 Penyebab Introvert Sulit Jatuh Cinta