Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Inilah 16 Jenis Kepribadian Versi Myers & Briggs, Kamu yang Mana?

Melihat dari analisa psikologi

Emillia Wardhani

Sejauh manakah kamu mengenal kepribadianmu? Terdapat setidaknya 16 tipe kepribadian yang telah dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Briggs. Anak dan ibu ini menciptakan tipologi kepribadian yang telah membantu banyak orang menemukan kekuatan dalam diri mereka sendiri, sekaligus memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana karakteristik setiap orang berbeda-beda.

Teori mereka didasarkan pada analisa psikologi milik Carl Jung. Meskipun mereka memperluas idenya untuk menciptakan kerangka kepribadian yang lebih lengkap, Isabel dan Katharine mengusulkan bahwa ada empat dimensi utama yang dapat digunakan untuk mengkategorikan orang, di antaranya:

  • Introversion vs. Extraversion
  • Sensing vs. Intuition
  • Thinking vs. Feeling
  • Judging vs. Perceiving

Langsung saja simak 16 jenis kepribadian versi Myers & Briggs ini yuk!

1. INFP (Penyembuh)

truity.com

INFP adalah idealis imajinatif, mereka dipandu oleh nilai-nilai inti dan keyakinan mereka sendiri. Bagi seorang penyembuh, kemungkinan adalah yang terpenting. Realitas saat ini hanya tentang kepedulian yang telah berlalu. Mereka melihat potensi untuk masa depan yang lebih baik, dan mengejar kebenaran dan makna dengan bakat mereka sendiri.

2. INTJ (Mastermind)

truity.com

INTJ adalah pemecah masalah analitis, mereka bersemangat untuk meningkatkan sistem dan proses dengan ide-ide inovatif mereka. Mereka memiliki bakat untuk melihat kemungkinan pada peningkatan, baik di tempat kerja, di rumah, atau di dalam diri mereka sendiri.

3. INFJ (Konselor)

truity.com

INFJ adalah pengasah kreatif dengan rasa integritas pribadi yang kuat dan dorongan untuk membantu orang lain karena menyadari potensi yang mereka miliki. Kreatif dan berdedikasi, mereka memiliki bakat untuk membantu orang lain dengan solusi yang alamiah demi tantangan pribadi mereka.

4. INTP (Arsitek)

truity.com

INTP adalah inovator filosofis, mereka terpesona oleh analisis logis, sistem dan desain. Mereka disibukkan dengan teori dan mencari hukum universal di balik semua yang mereka lihat. Mereka ingin memahami tema-tema pemersatu dalam semua kerumitan yang terlanjur hadir di tengah-tengah.

5. ENFP (Pemenang)

truity.com

ENFP adalah pencipta yang berpusat pada manusia dengan fokus pada kemungkinan dan antusiasme yang menular untuk ide, orang, dan aktivitas baru. Energik, hangat, dan penuh gairah. ENFP senang membantu orang lain mengeksplorasi potensi kreatif yang mereka miliki.

6. ENTJ (Komandan)

truity.com

ENTJ adalah pemimpin strategis, mereka termotivasi untuk mengatur banyak perubahan. Mereka cepat melihat ketidakefisienan dan membuat konsep dan solusi baru, mereka juga menikmati dalam mengembangkan rencana jangka panjang untuk mencapai semua visi dan impiannya. Mereka dapat dikatakan unggul dalam penalaran logis dan biasanya pandai bicara dan juga cerdas.

7. ENTP (Visioner)

truity.com

ENTP adalah inovator yang mudah terinspirasi, termotivasi untuk menemukan solusi baru untuk masalah yang menantang secara intelektual. Mereka mudah penasaran, pandai, dan berusaha memahami orang-orang, sistem, dan prinsip yang mengelilingi mereka.

8. ENFJ (Guru)

truity.com

ENFJ adalah karakter yang idealis, mereka didorong untuk menerapkan visi mereka tentang apa yang terbaik untuk kemanusiaan. Mereka sering bertindak sebagai katalisator untuk pertumbuhan manusia karena kemampuan mereka untuk melihat potensi orang lain dan karisma yang mereka miliki dalam membujuk orang lain untuk mengikuti ide-ide mereka.

9. ISFJ (Sang pelindung)

truity.com

ISFJ adalah penjaga yang rajin, setia pada tradisi dan organisasi. Mereka praktis, penuh kasih, serta perhatian. Mereka sangat termotivasi untuk menafkahi orang lain dan melindungi mereka dari bahaya hidup.

10. ISFP (Komposer)

truity.com

ISFP adalah pengasuh yang hidup serta lembut pada lingkungan sekitar dan menikmatinya dengan antusiasme yang riang dan tidak terlalu menggebu-gebu. Mereka fleksibel dan spontan, juga suka mengikuti arus untuk menikmati apa yang ditawarkan kehidupan.

11. ISTJ (Inspektur)

truity.com

ISTJ adalah karakter kepribadian yang bertanggung jawab. Mereka didorong untuk menciptakan dan menegakkan ketertiban dalam sistem dan institusi. Mereka rapi dan teratur luar dalam, serta cenderung memiliki prosedur untuk semua hal sebelum mereka melakukannya.

12. ISTP (Pengrajin)

truity.com

ISTP adalah pengrajin yang jeli dengan pemahaman tentang mekanik dan minat dalam pemecahan masalah. Mereka mendekati lingkungan mereka dengan logika yang fleksibel, mencari solusi praktis untuk masalah yang dihadapi.

13. ESFJ (Penyedia)

truity.com

ESFJ adalah pembantu yang teliti, peka terhadap kebutuhan orang lain dan dengan penuh semangat mengabdikan diri pada tanggung jawab mereka. Mereka sangat peka dengan lingkungan emosional mereka, memerhatikan perasaan orang lain dan persepsi orang lain tentang diri mereka.

14. ESFP (Pelaku)

truity.com

ESFP adalah penghibur lincah yang memikat dan melibatkan orang-orang di sekitar mereka. Mereka spontan, energik, suka bersenang-senang, serta menikmati hal-hal di sekitar mereka. Seperti halnya, makanan, pakaian, alam, hewan dan terutama hubungan dengan sesama manusia.

15. ESTJ (Supervisor)

truity.com

ESTJ adalah tradisionalis yang bekerja keras, bersemangat untuk bertanggung jawab dalam mengatur proyek dan orang. Tertib, taat aturan, dan teliti. ESTJ suka menyelesaikan sesuatu dan cenderung mengerjakan proyek dengan cara yang sistematis dan penuh perhitungan atas metode yang mereka gunakan.

16. ESTP (Dinamo)

truity.com

ESTP adalah pencari sensasi energik yang berada dalam kondisi terbaiknya saat memadamkan api, baik secara mental maupun fisik. Mereka membawa rasa energi dinamis ke dalam interaksi mereka dengan orang lain dan dunia di sekitar mereka. Orang-orang di sekitar mereka sangat bersyukur saat berada di dekat mereka, karena mereka sumber terbaik dalam mediasi.

Setelah membaca 16 tipe kepribadian versi Myers & Briggs, kira-kira kamu berada di mana, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life