Seiring dengan semakin populernya foto selfie, aplikasi untuk mempercantik wajah serta menyempurnakan tubuh secara digital pun makin banyak bermunculan. Kini orang bisa dengan bebas mempresentasikan diri mereka di sosial media dengan tampilan wajah dan tubuh yang jauh lebih menarik dari aslinya.

Kehadiran aplikasi mempercantik diri seperti BeautyPlus, PhotoWonder, Camera360, Camera B612 serta bawaan asli beauty filter dari Smartphone membuat banyak kalangan terutama perempuan yang menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter makin berlomba-lomba mengunggah foto mereka dengan versi lebih cantik. Perilaku mengedit foto selfie dengan filter-filter cantik tadi ternyata memiliki dampak terhadap psikologi. 

Seorang psikolog bernama Sarah McManon yang berasal dari Bodymatters Australasia mengatakan bahwa perilaku tersebut yang ternyata dipopulerkan juga oleh artis seperti Kim Kardhasian memiliki beberapa dampak yang kurang baik bagi psikologi, berikut ulasan lengkapnya.

1. Merusak Kepercayaan Diri

Efek Psikologi yang Timbul dari Kamera Cantikpexels.com/Ivan Obolensky

Dampak pertama terlihat sepele, namun ternyata bisa saja berpotensi untuk merusak kepercayaan diri para remaja dan perempuan muda alasannya sederhana karena mereka terlalu sering menggunakan aplikasi atau fitur mempercantik sehingga jika tanpa aplikasi tersebut membuat mereka tidak percaya pada kecantikan alami yang sebenarnya telah mereka miliki.

2. Takut atas Pandangan Orang Lain

Efek Psikologi yang Timbul dari Kamera CantikUnsplash.com/Andrew Neel

Selain itu dampak lain yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan itu mereka akan menjadi insecure terhadap dirinya sendiri sehingga mereka takut terhadap pandangan orang lain terhadap mereka.

3. Dampak Negatif dari Haus Pujian

Efek Psikologi yang Timbul dari Kamera CantikUnsplash.com/Zach Guinta

Dampak yang lebih parah bisa memicu bunuh diri. Itu bermula karena keinginan untuk selalu diperhatikan dan mendapat pujian layaknya yang mereka dapat ketika mereka mengunggah foto cantik mereka di media sosial.

4. Ketagihan Menggunakan Filter

Efek Psikologi yang Timbul dari Kamera Cantikpexels.com/pixabay

Insecure-nya mereka akan naik lagi apabila mereka ketakutan ketika mereka mengunggah foto tanpa editan sama sekali, mereka akan memiliki ketakutan bahwa foto mereka akan tidak disukai oleh orang-orang yang biasa melihat mereka dengan filter yang cantik.

5. Takut Bertemu Orang Lain

Efek Psikologi yang Timbul dari Kamera CantikUnsplash.com/Paul Garaizar

Ketika berbicara soal ketakutan akan dilihat orang saat di media sosial, ini bisa saja berkembang ke arah di mana mereka takut ketika menghadiri sebuah pertemuan ataupun bersosialisasi dengan lainnya. Takut akan perbedaan yang akan terlihat ketika mereka di dunia maya dan nyata, tidak terlihat sama.

Melihat dampak negatif dari penggunaan filter atau kamera cantik, ternyata sangat buruk bagi psikologi kita, Bela. Jadi jangan sampai kamu kecanduan menggunakan kamera cantik ya, jika kamu sudah merasa tak percaya diri memotret diri tanpa kamera cantik, kamu harus tepis jauh-jauh kebiasaan butuk ini. Mulailah mencintai diri sendiri apa adanya, dan hindari menggunakan kamera cantik supaya psikis kita juga lebih sehat dan jadi pribadi yang lebih percaya diri. 

Baca Juga: Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan IOS