Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ravi VIXX Diduga Pakai Jasa Calo untuk Hindari Wajib Militer

Netizen Korea lacak jadwal sang rapper, ini kata agensi!

Elni Novitasari

Masih hangat perbincangan mengenai isu tertangkapnya sekelompok calo wajib militer, netizen Korea Selatan kini dikejutkan dengan kabar seorang calo yang mengaku telah membantu salah satu idol K-pop untuk menghindari wajib militer. Netizen dengan cepat sibuk mencari tahu, hingga menduga idol tersebut adalah rapper sekaligus penulis lagu, Ravi VIXX. Seperti apa detailnya? Keep scrolling, Bela!

Sang calo diamankan polisi

Instagram/@ravithecrackkidz

Sejak awal Januari, polisi telah mengamankan dan melakukan penyelidikan pada sekelompok calo atas dugaan memberikan bantuan pada selebriti, atlet dan anak-anak dari keluarga kaya di Korea Selatan, agar terbebas dari wajib militer. Mereka melakukannya dengan cara memalsukan catatan kesehatan dengan diagnosis palsu. 

Pada Kamis (12/01/2023), sebuah media melaporkan bahwa salah satu calo mengaku telah membantu seorang rapper terkenal untuk menghindari wajib militer. Menurut laporan tersebut, sang calo mempertemukan seorang ahli saraf di rumah sakit besar di Seoul dengan kliennya untuk membuat catatan kesehatan palsu dengan diagnosis penyakit epilepsi. Kini, klien tersebut berhasil mendapatkan penilaian militer tingkat 4 (tugas non-aktif) yang artinya hanya menjadi pekerja di pelayanan publik.

Ravi VIXX diduga menjadi klien yang dimaksud

Instagram/@ravithecrackkidz

Berdasarkan laporan, klien yang menggunakan jasa calo wamil tersebut adalah seorang rapper, sebut saja E. Dalam laporan tersebut, terdapat pernyataan sang calo yang menyebut E menerima pekerjaan di pelayanan publik karena jasanya. 

"E mengundurkan diri dari acara TV populer pada bulan Mei untuk mendaftar militer. Namun, ia kembali ke industri hiburan di bulan September. Kemudian dia mendaftar sebagai pekerja sosial karena alasan kesehatan," katanya.

Setelah laporan tersebut terbit, netizen Korea mulai sibuk menelusuri lini masa kegiatan Ravi VIXX dengan tanggal berbagai artikel berita terkait. Berikut hasil pelacakan netizen yang sangat sesuai dengan pernyataan calo diatas.

Netizen lacak lini masa kegiatan sang rapper

Allkpop

Diketahui, Ravi adalah salah satu host dalam acara reality show 2 Days & 1 Night musim ke empat. Pada tanggal 1 Mei 2022, tersiar artikel mengenai pengunduran dirinya dari acara tersebut. Saat itu, alasannya tak lain adalah karena akan mendaftar wajib militer.

AllKpop

Pada 5 September 2022, sebuah artikel kembali mengabarkan perihal comeback kejutan Ravi yang akan merilis album bertajuk LOVE&HOLIDAY pada 12 September 2022.

AllKpop

Pada 27 oktober 2022, sebuah artikel menyatakan bahwa pada hari itu Ravi telah mendaftar wajib militer namun akan bertugas sebagai pekerja pelayanan publik. Selain itu, netizen Korea juga menemukan banyak artikel lain yang merilis tentang kegiatan Ravi yang sejalan dengan aktivitas Rapper E. 

Kini, pria bernama asli Kim Won Sik ini sedang menjalankan tugas wajib militernya sebagai pekerja di kantor pelayanan publik sejak 27 Oktober 2022. Beberapa pekan sebelum wamil, Ravi sempat menyapa para penggemarnya dan menyinggung soal alasannya mendapat keringanan dalam menjalankan wajib militer.

"Kalian pasti senang menjelang akhir pekan tetapi kalian terkejut, kan .. Kalian mungkin sudah melihat di artikel, tetapi karena alasan kesehatan, melalui layanan publik pada 27 Oktober, saya akan menjalankan tugas militer saya. Saya mencoba untuk melihat wajah kalian sebelum saya pergi jadi jika kalian menunggu sebentar, saya akan memberi tahu kalian kabar baik. Aku akan kembali dengan baik!!” tulisnya pada 7 Oktober 2022.

Ravi dimanfaatkan untuk promosi

Instagram/@ravithecrackkidz

Selain itu, update terbaru pada kasus ini mengungkap bahwa sang calo memanfaatkan klien E, yang diduga Ravi VIXX sebagai sarana promosi lantaran dirinya adalah seorang rapper idola. Sang calo selalu memberitahu klien lain bahwa klien E bisa mendapat penilaian tingkat 4 karena jasanya.

"'E menerima pekerjaan layanan publik berkat saya," katanya.

Sebagai informasi, sekelompok calo yang tergabung menjadi sebuah organisasi broker itu bisa mendapatkan penghasilan sebesar 100 juta KRW atau setara dengan Rp1,2 miliar dari kliennya. Diyakini sudah lebih dari 70 orang yang menggunakan jasa mereka untuk menghindari wajib militer.

Pernyataan agensi

Instagram/@ravithecrackkidz

Pada Kamis (12/01/2023), GROOVL1N Entertainment selaku agensi yang menaungi Ravi VIXX pun merilis pernyataan mengenai kasus yang menyeret nama artisnya. 

Halo.

Ini GROOVL1N.

Kami ingin menyampaikan pernyataan resmi kami terkait laporan yang keluar hari ini.

Setelah menerima laporan tersebut, kami memeriksa dengan cermat kebenaran tentang situasi tersebut.

Lebih baik memberikan pernyataan secepat mungkin, tetapi karena masalahnya terkait dengan tugas militer, kami pikir akan lebih baik untuk mengetahui detailnya terlebih dahulu lalu memberikan penjelasan menyeluruh setelahnya, jadi kami sedang mencoba untuk mencari tahu rinciannya. Selain itu, jika ada permintaan penyelidikan terkait kasus ini, [Ravi] akan menjalaninya dengan setia kapan saja.

Rincian lebih lanjut akan disampaikan dalam pemberitahuan terpisah di kemudian hari.

Hingga kini, pihak agensi Ravi masih memverifikasi kasus ini. Kita tunggu kabar selanjutnya ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life