Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Menerima Kecaman, Ini 4 Skandal Kontroversial Anak-anak Presiden US 

Video Malia Obama yang merokok menjadi viral

Cynthia Claudia

Keluarga para presiden, termasuk anak-anaknya, juga tak pernah luput dari perhatian publik. Mereka kerap berada di bawah pengawasan ketika terlibat suatu masalah.

Berita utama dari seluruh dunia lantas menyoroti skandal-skandal kontroversial yang melibatkan anak-anak presiden. Inilah berbagai skandal yang pernah dialami anak-anak presiden, mulai dari putri mantan presiden Amerika Serikat ke-43 (George W. Bush), Jenna Bush, hingga Donald Trump Jr., selaku putra Donald Trump. 

1. Putri George W. Bush, Jenna Bush, diduga mengonsumsi alkohol meskipun di bawah umur

reuters.com

Jenna Bush dan saudara kembarnya, Barbara Bush, sempat menjadi pembicaraan hangat pada awal tahun 2000-an. 

Pada tahun 2001, ketika Jenna baru memasuki tahun pertama di University of Texas, dirinya diduga minum minuman keras meskipun di bawah umur. Ia juga diduga mencoba menggunakan kartu tanda penduduk palsu untuk membeli alkohol di sebuah restoran.

Insiden yang terjadi dalam kurun waktu lima minggu ini, diangkat menjadi berita utama nasional. Jenna, yang tidak mengajukan keberatan atas tuduhan kepemilikan alkohol, didenda sebesar US$51 untuk biaya pengadilan, dihukum harus melakukan delapan jam pelayanan masyarakat, dan wajib mengikuti kelas mengenai kesadaran konsumsi alkohol. 

Sebagai hukuman dari penggunaan kartu tanda penduduk palsu, ia dilarang untuk menggunakan SIM selama 30 hari, dan didenda sebesar US$600.

reuters.com

"Saya merasa malu, dan saya merasa sangat sedih untuk [ayah saya] karena saya pikir ini akan menghancurkan reputasinya,” ujar Jenna kepada pembawa acara Today, Hoda Kotb, pada bulan Maret. “Dia meminta maaf kepada saya karena apa yang kami inginkan hanyalah menjadi anak kuliahan yang normal. Dia berkata, 'Maaf. Saya berjanji kamu bisa menjadi normal, dan ini tidak normal,” tambahnya.

2. Malia Obama, putri pertama Barack Obama, menerima kecaman karena merokok

scmp.com

Malia Obama pernah menerima kecaman publik pada tahun 2017, ketika sebuah video tentang dirinya merokok tersebar secara luas.

Menurut The Independent, situs berita konservatif The Daily Caller menulis artikel tentang video tersebut, sehingga mengundang amarah publik terhadap perlakuan mantan putri pertama Barack Obama tersebut. 

Namun, Ivanka Trump dan Chelsea Clinton, sesama anak mantan presiden, dengan cepat membela Malia Obama melalui Twitter, mementingkan privasi dirinya dan anak-anak presiden lainnya.

"Malia Obama harus diberi privasi yang sama dengan teman-temannya yang masih sekolah," cuit Ivanka Trump melalui Twitter. "Ia merupakan seorang anak muda sekaligus warga negara, dan privasinya harus dijaga."

Chelsea Clinton juga menunjukkan dukungannya kepada Obama, melalui tulisannya, “Kehidupan pribadi Malia Obama, sebagai seorang wanita muda, seorang mahasiswa, seorang warga negara, tidak boleh menjadi clickbait Anda."

3. Donald Trump Jr. telah terlibat skandal beberapa kali

instagram.com/@onlytrumpjr

Meskipun Donald Trump Jr. tidak pernah menjabat di bagian pemerintahan, namun skandal kontroversialnya tetap dibahas dan memicu amarah publik.

Lebih dari satu dekade sebelum ayahnya menetap di Gedung Putih, Trump Jr. ditangkap polisi pada tahun 2001 karena mabuk di depan umum selama berada di New Orleans, Louisiana. 

Dirinya juga kemudian menerima kecaman karena membagikan sebuah tweet pada tahun 2016, yang ditujukan kepada pengungsi Suriah. Dirinya memposting sebuah gambar disertai teks yang bermaksud membandingkan pengungsi Suriah dengan Skittles, “Jika saya memiliki semangkuk skittles dan saya katakan hanya tiga yang akan membunuh Anda, apakah Anda bersedia mengambil segenggam? Itulah masalah pengungsi Suriah kami.”

twitter.com/@DonaldJTrumpJr

Kemudian pada tahun 2019, Trump Jr. juga menerima kritikan atas praktik berburunya. Ia berlibur ke Mongolia selama 8 hari, dan berburu seekor domba yang terancam punah. Kemudian, ia bertemu dengan presiden Mongolia, dan diberikan persetujuan untuk berburu domba setelah membunuhnya, menurut ProPublica.

Trump Jr. juga pernah membebani pembayar pajak lebih dari US$75.000 atas kunjungannya dengan Secret Service, menurut sebuah dokumen yang diperoleh kelompok pengawas pemerintah. Namun, USA Today melaporkan bahwa, menurut sumber yang dekat dengan putra presiden, Trump Jr. membayar semua perjalanan itu sendiri.

Masalah baru datang ketika Trump Jr., bersama dengan ayah dan saudara perempuannya, Ivanka Trump, pernah dipanggil sebagai bagian dari penyelidikan sipil oleh jaksa agung New York, mengenai penipuan dalam Organisasi Trump.

Mereka seharusnya bersaksi pada tanggal 10 Maret, berdasarkan yang diperintahkan hakim Manhattan. Namun, kesaksian mereka ditunda sementara karena pengacara mereka mengajukan banding atas perintah hakim, menurut laporan Insider.

4. Bisnis Hunter Biden, putra dari presiden Amerika Serikat, Joe Biden, di Asia dan Eropa pernah diselidiki

Twitter.com/@slimefin

Melansir New York Times, penyelidikan dimulai atas pembayaran pajak Hunter Biden, dan pada tahun 2018 penyelidikannya diperluas karena ia kemungkinan menjadi tersangka atas pelanggaran undang-undang pajak, aturan lobi asing, dan kasus pencucian uang.

Selain itu, pada tahun 2020, Donald Trump pernah menyelidiki tentang keterlibatan Biden dengan Burisma Holdings, perusahaan energi Ukraina. Ia mulai mempertanyakan transaksi Biden dengan perusahaan, dan apakah Biden menggunakan koneksi politiknya demi mendapatkan keuntungan. Namun, Hunter Biden dan ayahnya membantah tuduhan yang disampaikan Donald Trump, atas berurusan dengan Ukraina dan negara lainnya.

Investigasi yang dilakukan Departemen Kehakiman terkait bisnis Hunter sedang berlangsung, dan dirinya belum didakwa dengan kejahatan apa pun.

Itulah berbagai skandal kontroversial yang pernah dialami anak-anak presiden. Mana menurutmu yang paling sensasional?

IDN Media Channels

Latest from Working Life