Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Daftar Film Terbaik Wes Anderson, Sutradara dengan Sudut Pandang Unik

Filmnya memiliki ciri khas tersendiri

Cynthia Claudia

Wes Anderson merupakan salah satu sutradara berprestasi yang sukses menempatkan karyanya menjadi bagian dari deretan film-film terbaik sepanjang masa. Namanya sudah nggak asing lagi di industri perfilman Hollywood karena karyanya yang sangat menginspirasi. 

Ia merilis film pertamanya yang berjudul Bottle Rocket pada tahun 1996. Sejak saat itu, ia berhasil memukau penonton dengan menghasilkan karya yang memiliki ciri khasnya tersendiri. Mulai dari pemilihan musik, pemerannya, kostum pemeran, hingga lokasi syutingnya.

studiobinder.com

Para penonton juga seperti sedang membaca cerita dari sebuah buku ketika menonton film-film Wes Anderson.

Ia gemar menyajikan pengambilan gambar serba simetri, memerhatikan palet warna senada, desain kostum unik, menyajikan alur cerita film yang dibagi menjadi beberapa bagian, hingga latar musik dari era 60-an dan 70-an. Tidak ketinggalan, bekerja sama dengan aktor favoritnya, sehingga di beberapa filmnya, biasanya menggunakan aktor yang sama.

Bagi yang penasaran, berikut ini adalah daftar film terbaik karya Wes Anderson yang wajib kamu nikmati!

1. The Grand Budapest Hotel (2014)

The Grand Budapest Hotel merupakan salah satu film terbaik karya West Anderson. Film ini begitu memukau para penonton karena sinematografinya, serta penggunaan warnanya yang cerah, mulai dari lokasi syuting hingga pemilihan kostum para pemerannya. 

Film ini menceritakan kisah petugas hotel Monsieur Gustave H. yang telah melayani pelanggan kaya selama bertahun-tahun. Ia suatu hari dijebak atas suatu kasus pembunuhan ketika kekasihnya meninggal secara misterius, dan mewariskan lukisan tak ternilai kepada Gustave dalam surat wasiatnya.

2. Moonrise Kingdom (2012)

Moonrise Kingdom merupakan salah satu film box office yang sukses, yang berhasil membawa Wes Anderson menerima beberapa nominasi penghargaan Oscar dan Golden Globe.

Wes Anderson pun semakin dikenal di industri perfilman Hollywood usai merilis film Moonrise Kingdom. Film romansa ini berlatar tahun 1965 di sebuah pulau fiksi bernama New England. Kisahnya berpusat pada sebuah komunitas di pulau tersebut, New Penzance.

Khaki Scout Sam Shakusky (Jared Gilman) dan Suzy Bishop (Kara Hayward) yang masih berusia 12, tahun ternyata jatuh cinta.

3. Fantastic Mr. Fox (2009)

Fantastic Mr. Fox merupakan film animasi stop motion pertama yang dirilis Wes Anderson. Film animasi yang diadaptasi dari buku anak-anak karya Roald Dahl dengan nama yang sama ini diisi oleh suara George Clooney, Meryl Streep, dan Jason Schwartzman.

Film yang dinikmati anak-anak maupun orang dewasa ini mengangkat tema keluarga yang kental. Pembangunan dunia dalam film ini menunjukkan kedalaman imaijnasi sang sutradara.

4. Rushmore (1998)

Dua tahun setelah tahun debutnya, Wes Anderson kembali merilis film berjudul Rushmore. Film ini juga merupakan kolaborasi pertama Wes Anderson dengan aktor Jason Schwartzman dan Bill Murray.

Jason Schwartzman berperan sebagai Max Fischer, seorang siswa sekolah berusia 15 tahun yang terlalu ambisius. Sementara Bill Murray berperan sebagai Herman Blume, seorang pengusaha yang depresi.

Keduanya bersahabat karib, namun akhirnya persahabatannya berakhir ketika mereka sama-sama jatuh cinta pada Rosemary Cross (Olivia Williams), seorang guru di sekolah Rushmore.

5. The Royal Tenenbaums (2001)

The Royal Tenenbaums dikenal sebagai film karya Wes Anderson yang melankolis. Bill Murray dan Owen Wilson kembali dalam film Wes Anderson, sebagai peran pendukung.

Film yang populer ini menggambarkan kisah keluarga yang penuh penyesalan dan penebusan yang tidak sempurna. Royal Tenenbaum, diperankan oleh Gene Hackman, merupakan seorang ayah dari tiga anak yang kurang berhasil di masa dewasa mereka. 

6. The Life Aquatic With Steve Zissou (2004)

The Life Aquatic With Steve Zissou juga merupakan salah satu film terbaik karya Wes Anderson yang selanjutnya. Film ini juga menunjukkan seberapa dalam imajinasi sang sutradara. 

Bill Murray dalam film ini berperan sebagai Steve Zissou, seorang ahli kelautan yang melakukan perjalanan ke laut untuk melacak seeokur hiu. Ia ingin membalaskan dendam rekannya yang dimakan hiu tersebut.

7. Isle of Dogs (2018)

Isle of Dogs merupakan film animasi karya Wes Anderson yang mengangkat genre dystopian. Wes Anderson didampingi seorang ahli komposisi yang bernama Alexandre Desplat untuk menyajikan film ini

Film ini membawa penonton ke masa depan di kota Jepang. Polusi, teknologi, dan “flu anjing” yang misterius menyebabkan semua anjing dalam kota tersebut diasingkan ke "Pulau Sampah".

Wes Anderson juga menerima kritikan atas penggambarannya tentang budaya Jepang dalam film ini.

Itulah daftar film terbaik sutradara Wes Anderson, Bela. Apakah kamu juga pernah mengikuti film-film Wes Anderson? 

IDN Media Channels

Latest from Working Life