Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Multifungsi, Ini 9 Manfaat Lemon sebagai Alat Pembersih

Bisa menghilangkan karat dan bau tak sedap 

Audia Natasha Putri

Buah lemon yang segar kerap diolah menjadi aneka dessert dan minuman. Tak hanya itu saja, buah lemon juga kerap dimanfaatkan sebagai pembersih alami yang menghilangkan bau dan noda membandel. Aroma sitrus menyegarkan dari buah lemon sangat disukai banyak orang.

Kamu dapat langsung menggunakan lemon sebagai pembersih serbaguna dengan memotongnya atau peras sarinya yang nantinya diletakkan di botol untuk persediaan. Lalu apa saja yang dapat dibersihkan dengan lemon? 

1. Membersihkan talenan kayu

Pexels.com/monicore

Setelah memotong bumbu dapur ataupun daging di talenan kayu tentu meninggalkan noda dan aroma tak sedap. Lemon bisa menjadi solusi atas masalah tersebut. Cukup mudah, kamu hanya perlu taburkan sedikit garam dan peras sari lemon di atas telenan, gosok setiap sisi permukaan dengan potongan lemon. Diamkan lima menit lalu bilas air.

2. Membersihkan blender

Blibli.com

Blender yang tak dibersihkan dengan tepat tentu meninggalkan bau tak sedap dan menyisakan noda menumpuk di sela-sela pisau yang sulit dihilangkan.

Ada alternatif untuk membersihkannya, yakni dengan menuangkan cairan sabun cuci piring, 3 sdm jus lemon, atau 2 sdm soda kue, dan sedikit air panas ke dalam gelas blender.

Lalu tutup blender dan nyalakan selama setengah menit. Setelah itu, gosok pisau dan gelas blende dengan spons. Jangan lupa cabut kabel colokan agar tidak tersetrum ya.

3. Menghilangkan noda 'microwave'

thecookwarechannel.com

Noda membandel seperti cipratan saus atau potongan makanan yang menempel di dinding microwave tentu menjadi PR tersendiri.

Tak perlu panik! Kamu hanya perlu memanaskan mangkuk atau cangkir berisi air yang dicampur 1 buah lemon yang telah dipotong ke dalam microwave selama beberapa menit sampai air mendidih.

Setelah air mendidih, biarkan selama beberapa menit tanpa membuka pintu microwave. Setelah itu buka dan bersihkan semua permukaan hingga bagian terdalam microwave.

4. Membersihkan noda panci atau wajan

Pexels.com/Flora Westbrock

Terkadang sangat melelahkan untuk membersihkan noda membandel dan minyak dari panci atau wajan. Caranya, cukup mencampur 3-5 sendok teh sari lemon dengan 3 sendok teh sabun pencuci piring. kemudian gosok semua bagian panci serta wajan.

Supaya lebih efektif dan lebih cepat, kamu dapat merendam panci atau wajan dahulu dengan campuran sari lemon dengan sabun pencuci piring selama 25 sampai 30 menit.

5. Menghilangkan noda membekas di parutan

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Dalam membersihkan parutan, bagian tersulitnya adalah menghilangkan noda makanan yang menempel di sela-sela lubang kecil parutan. Buah lemon memiliki fungsi untuk melonggarkan noda makanan yang menempel sebelum dicuci bersih.

Kamu hanya perlu mengganti spons dengan potongan setengah buah lemon, lalu gosokkan ke seluruh permukaan dan bagian dalam parutan.

6. Membersihkan noda membandel di meja makan

pexels.com/Nicole Michalou

Kandungan citric acid yang kuat pada lemon sangat manjur untuk memberantas noda membandel yang menempel di meja dapur.

Kamu dapat membersihkan permukaan meja dapur dengan menggunakan spons yang dicampuri sari lemon dan sabun pencuci piring. Gosok permukaan meja secara cepat lalu bilas sampai bersih

7. Membersihkan aroma tak sedap dari kotak makan

Pexels.com/Katerina Jasmine

Kamu juga dapat menghilangkan aroma tak sedap dari kotam makan dengan campuran sari lemon dan soda kue, diamkan semalaman penuh, lalu bilas sampai bersih.

8. Membersihkan karat pisau

Idea Online

Pisau kamu berkarat? Jangan dibuang dulu! Kamu hanya perlu buah lemon untuk membuat pisaumu seperti baru. Kadar asam tinggi pada lemon dapat menghilangkan karat pada pisau secara tuntas maksimal lho.

Caranya cukup mudah. Pertama peras sari lemon ke dalam gelas. Lalu masukkan besi pisau yang berkarat ke dalam gelas berisi sari lemon, pastikan sudah terendam sempurna. Diamkan 15-30 menit, lalu gosok perlahan hingga semua karat menghilang. Terakhir, bilas dengan air mengalir hingga bersih.

9. Menghilangkan aroma tak sedap dari wadah plastik

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Wadah plastik sering dimanfaatkan untuk menyimpan makanan dan bumbu dapur. Sayangnya, sisa makanan kerap meninggalkan bau tak sedap dan noda sulit dihilangkan. Cukup peras sari lemon ke dalam wadah plastik, lalu tutup rapat dan diamkan selama 10 sampai 15 menit. Agar wadah plastik beraroma lebih segar, kamu dapat menggosok dengan potongan lemon lalu bilas dengan air.

Nah, itu tadi ke-9 manfaat lemon untuk membersihkan. Happy cleaning, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life