Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jadi Trending, Sehun 'EXO' Terima Perlakuan Buruk Ini dari Agensi

Sudah terjadi sejak 2018 silam

Ajenk Rama

Pada 12 Juli 2022, nama Sehun 'EXO' trending di linimasa Twitter. EXO-L, sebutan fans EXO mengunggah berbagai macam cuitan dengan tagar #SM_TreatSehunBetter sebagai bentuk protes perlakuan buruk agensi terhadap maknae EXO. 

Banyak EXO-L menyadari bahwa SM Entertainment seperti menganaktirikan Sehun 'EXO', dibandingkan anggota atau grup lain yang bernaung di agensi tersebut. Hal ini menuai kemarahan, kekhawatiran, hingga kekecewaan besar EXO-L. 

Ini bukan pertama kalinya, EXO-L melancarkan aksi protes ke agensi. OHSehunBar, salah satu fanbase Sehun terbesar di Tiongkok sudah lebih dulu menyuarakan kegelisahannya dan terus mengumpulkan sejumlah bukti perlakuan buruk agensi. 

Apa saja perlakuan buruk yang Sehun terima dari agensi berdasarkan pengamatan dari fans EXO? Upaya apa saja yang dilakukan fans untuk meminta agensi lebih memerhatikan promosi Sehun 'EXO'? Menghimpun dari berbagai sumber, berikut daftarnya di bawah ini. 

Menerima bagian bernyanyi yang sedikit

Pada Oktober 2019, EXO merilis single Jepang berjudul Bird dan dinyanyikan oleh keenam anggota. Perilisan single ini disambut antusias EXO-L dengan membuat tagar #EXO_Bird dan #EXO_Is_Flying. 

Namun di tengah kebahagiaan, EXO-L juga merasakan kekecewaan mendalam ke agensi karena Sehun menerima bagian bernyanyi paling sedikit. Lagu tersebut berdurasi lebih dari empat menit, tetapi Sehun hanya mendapat bagian bernyanyi selama 9 detik dan lebih banyak digunakan sebagai backing vocal saja.  

Aktivitas Sehun tidak dipromosikan di situs resmi

Twitter.com/Indahfit31fit

Bergabung di SM Entertainment sejak 2008 silam, Sehun 'EXO' telah melakukan banyak aktivitas keartisan dari tampil di atas panggung bersama grup, berakting, pembawa acara, model iklan atau pemotretan, hingga menjadi brand ambassador sebuah merek. 

Sayangnya, segudang aktivitas yang Sehun jalani tidak pernah dipromisikan secara layak di situs resmi SMTOWN. Berdasarkan unggahan yang tersebar di Twitter, perlakuan buruk ini terjadi dari tahun 2018 hingga saat ini. 

Twitter.com/Indah31fit

Ia beberapa kali datang ke acara besar dari merek-merek mewah, tetapi tidak ada satu pun berita mengenai Sehun di situs resmi agensi. Pada 2018, aktivitas Sehun di acara ragam Busted musim pertama hingga ketiga tidak mendapatkan perhatian SM Entertainment. 

Lalu, acara sekelas Berlutti, Louis Vuitton, Asia Artist Award di Vietnam, Weibo Starlight Award, Dior, hingga Pasha De Cartier juga luput dari promosi agensi di situs resmi mereka.

Tidak masuk line up konser SMTOWN Live

Twitter.com/indah31fit

Terbaru, Sehun tidak masuk daftar pengisi acara SMTOWN Live 2022: SMCU Express @ Human City_Suwon. Acara tersebut digelar pada 20 Agustus mendatang di Suwon World Cup Stadium jam 18:00 KST atau 16.00 WIB. 

SM Entertainment telah merilis artis yang ikut meramaikan konser SMTOWN, yaitu Kangta, BoA, TVXQ, Super Junior, Taeyeon & Hyoyeon 'SNSD', Key & Minho 'SHINee', SNSD, Suho, Xiumin, Chen, D.O, dan Kai 'EXO, Red Velvet, NCT, aespa, GOT the Beat, HYO, Raiden, hingga J.E.B pada 12 Juli 2022. 

Perilisan line up konser tersebut menuai kekecewaan dan kemarahan luar biasa di kubu fans Sehun. Mereka merasa sang idola kembali menerima perlakuan buruk.

EXO-L menuntut penjelasan dari agensi

Tak semua artis SM Entertaiment dapat mengikuti konser tersebut, karena bentrok dengan jadwal solo seperti Onew yang tidak bisa hadir. Anggota tertua dari SHINee tersebut sibuk dengan konser solonya di Jepang. 

Ketidakhadiran artis SM Entertaiment mendapat penjelasan di situs resmi masing-masing grup tetapi, tidak penjelasan mengenai absennya Sehun di konser SMTOWN. Sementara itu, anggota EXO lain malah masuk dalam line up

Banyak fans melihat jika Sehun tidak terlibat dalam proyek apa pun dan tentu memiliki kesempatan besar untuk tampil di atas panggung. Namun berdasarkan laporan media lokal Korea, Sehun tidak bisa hadir karena jadwal syuting film. 

Alasan jadwal Sehun bentrok, belum mendapat konfirmasi resmi dari SM Entertainment. Para fans menuntut penjelasan agensi terkait absennya Sehun di konser SMTown Live dan perlakuan buruk yang diterima sang maknae lebih dari 1 tahun.

Semoga suara EXO-L didengar oleh agensi dan Sehun mendapatkan kesempatan tampil di konser SMTOWN Live bersama anggota EXO lain, ya, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Working Life