Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Capai Rp574 Miliar, Ini 10 Idol K-Pop Perempuan Terkaya 2022

Siapa yang berada di peringkat teratas?

Ajenk Rama

Kekayaan bersih para idol K-pop perempuan selalu memancing rasa ingin tahu di kalangan warganet. Bekerja keras selama bertahun-tahun di dunia hiburan Korea Selatan membuat total kekayaan para idol K-pop perempuan semakin berlimpah.

Jam terbang yang tinggi memudahkan mereka untuk melipatgandakan penghasilan. Banyak aktivitas bercuan di luar grup yang membuat para idol K-pop perempuan tidak diragukan lagi penghasilannya di tahun 2022.

Baru-baru, Daily Niti merilis daftar idol K-pop perempuan terkaya di tahun 2022. Sebagian besar masih didominasi dari grup K-pop generasi kedua. Lantas, siapa saja yang berhasil menempati daftar tersebut? Melansir dari Kbizoom.com, berikut daftarnya.

10. BoA Kwon

Hellokpop.com

Posisi terakhir dibuka oleh solois legendaris asal SM Entertaiment yang telah debut sejak tahun 2000. Banyak aktivitas yang dilakukan oleh BoA di dunia hiburan Korea Selatan. Mulai dari model, aktris, musisi, hingga juri di salah satu ajang pencarian bakat. 

Tahun 2022, BoA mengumpulkan total kekayaan sekitar US$10 juta (Rp143 miliar). Sebagai ikon K-pop perempuan, penghasilan BoA diperolehnya dari perilisan album, akting di film Step-Up, beberapa bisnis, dan jabatan eksekutif di SM Entertainment. 

9. Jennie 'BLACKPINK'

Hera.com

Tak banyak idol K-pop generasi ketiga yang masuk ke dalam daftar perempuan terkaya di tahun 2022, tetapi Jennie 'BLACKPINK' berhasil menembus itu. Selain menjadi favorit merek Chanel yang prestisius, Jennie turut bekerja sama dengan deretan merek populer seperti HERA, Calvin Klein, Gentle Monster, Moonshot, Adidas, D&G Downy, hingga Clio.

Ia juga menambah penghasilan besarnya dari model iklan, influencer, serta album solo. Biaya endorsement Jennie 'BLACKPINK' di akun media sosialnya berkisar 700 juta won (Rp8,4 miliar) sampai 1 miliar won (Rp12 miliar).

Jika total keseluruhan, kekayaan bersih Jennie meningkat di tahun 2022 sekitar US$10 sampai US$12 juta (Rp143 miliar - Rp172 miliar).

8. Jessica Jung

Scmp.com

Jessica Jung dikenal sebagai solois dan pebisnis berkebangsaan Korea-Amerika yang visioner. Ia membangun kerajaan bisnisnya sejak memisahkan diri dari SNSD. Ada sekitar 60 toko yang telah Jessica bangun atas nama Blanc & Clare, merek fashion-nya sendiri.

Di Januari 2020, Jessica membuka kanal YouTube bernama Jessica Land dan jumlah pengikutnya telah mencapai 790.000. Ia membahas berbagai hal dari kehidupan pribadinya bersama Krystal Jung, kecantikan, hingga fashion di kanal tersebut. 

Tak ketinggalan, Jessica menambah keahlian di dunia tulis-menulis dengan merilis dua novel berjudul Shine (2020) dan Bright (2021). Dilanjutkan dengan pembukaan restoran bernama Clareau Restaurant di kawasan elit, Cheongdam-dong, Korea Selatan pada 2021.

Restoran Clareau miliki Jessica berada di lantai 2 gedung Blanc & Clare. Dengan kerja keras tanpa henti, total kekayaan bersih Jessica Jung ditaksir mencapai US$10 - US$15 juta (sekitar Rp143 - Rp215 miliar) di tahun 2022. 

7. Taeyeon 'SNSD'

Charleskeith.com

Debut bersama SNSD, Taeyeon dikenal sebagai anggota yang memiliki ciri khas di bidang vokal. Suara indahnya membuat pelantun lagu "I" ini tidak pernah kehabisan ide untuk merilis album solo.

Di tahun 2021, ia tergabung di grup K-pop bernama GOT: Girl's On Top yang dibentuk oleh SM Entertainment bersama BoA, Hyoyeon (SNSD), Wendy dan Seulgi (Red Velvet), serta Karina dan Winter (Aespa).

Aktivitasnya di dunia hiburan Korea Selatan tidak pernah sepi, selalu ada kegiatan yang menghasilkan seperti menjadi model representatif untuk merek kecantikan, Nature Republic dan Banila.co.

Di tahun 2022, Taeyeon mendapatkan kekayaan bersih sekitar US$20 juta (sekitar Rp287 miliar). Dengan nominal tersebut, ia mampu menunjang penampilannya dengan berbagai busana dari merek ternama, membeli mobil mahal sendiri, hingga berinvestasi di bidang properti. 

6. Lisa 'BLACKPINK'

Hallyudaily.com

Di usia cukup muda, Lisa Manobal atau dikenal sebagai Lisa 'BLACKPINK', melesat menjadi idol K-pop perempuan terkaya di tahun 2022. Tak mengherankan jika dilihat dari segudang aktivitas menghasilkannya, baik bersama BLACKPINK atau aktivitas solo. 

Ia memiliki rate card termahal bersama Jennie 'BLACKPINK' sekitar Rp2,1 miliar - Rp8,7 miliar. Lisa juga menjadi Duta Global untuk merek fashion mewah, Celine dan Bvlgari, serta model representatif untuk Moonshot di Tiongkok, Thailand dan Korea Selatan. 

Dengan kesuksesan yang ia bangun dari berbagai aktivitas, total kekayaan Lisa mengalahkan total kekayaan yang dimiliki Jennie 'BLACKPINK' di tahun 2022. Lisa diketahui memiliki kekayaan sebesar US$20 - US$25 juta (sekitar Rp287 - Rp358 miliar).

5. Yoona 'SNSD'

Pinterest.com

Yoona 'SNSD', seorang Dewi visual K-pop yang masih mengkukuhkan tempatnya sebagai idol K-pop perempuan terkaya di 2022. Sama seperti Jessica dan Taeyeon, Yoona merintis kariernya di dunia hiburan Korea sebagai penyanyi dari grup SNSD.

Perlahan, karier Yoona mengalami peningkatan ke bidang seni peran. Ia membintangi banyak drama dan film Korea Selatan, yang hampir sebagian besar populer seperti K2 (2016), EXIT (2019), Hush (2020), Love Rain (2012), The Miracle (2021), Confidential Assignment: International (2022), hingga Big Mouse (2022).

Sementara itu, Yoona juga menjalani perannya sebagai duta untuk berbagai merek kecantikan terkenal, yaitu Miu Miu, Etude House, Innisfree, dan Estee Lauder. Di usia 31 tahun, Yoona masih aktif dengan berbagai aktivitas keartisannya.

Total kekayaan Yoona 'SNSD' terus bertambah di angka US$25 - US$30 (sekitar Rp358 - Rp430 miliar) dan ia rutin melakukan donasi ke yayasan sosial di Korea Selatan. 

4. Lee Hyori

Pinterest.com

Sejak debut bersama FIN.K.L, Lee Hyori menjadi ikon di industri K-pop untuk generasi pertama. Namun di tahun 2005, grup tersebut hiatus hingga Lee Hyori memutuskan bersolo karier. 

Ia melakukan aktivitas seperti model, pembawa acara, dan membuat reality show bersama sang suami berjudul Hyori's Bed and Breakfast. Dalam reality show tersebut, penonton diajak melihat keseharian dari Lee Hyori yang tinggal di pulau Jeju. Yoona 'SNSD' sempat menjadi bintang tamu di reality show tersebut. 

Meski jarang tampil di layar kaca, total kekayaan Lee Hyori di 2022 sukses mengalahkan total kekayaan Taeyeon 'SNSD', Jessica Jung, hingga BoA. Saat ini, kekayaan bersih sang diva K-Pop generasi pertama mencapai US$30 juta (setara Rp430 miliar). 

3. Bae Suzy

Naver.com

Kecantikan alami Suzy selalu menjadi pilihan para brand ternama. Sebut saja, Dior, Guess Denims, Reebok, Swarovski, The Face, Kerasys, atau Lancome. Aura anggun dan elegan yang dimiliki Suzy mewakili kemewahan dari sebuah produk kalangan atas. 

Selain itu, ia aktif bermain di dunia seni peran dengan membintangi berbagai drama dan film Korea Selatan dari Dream High (2011), Architecture 101 (2012), When You Were Sleeping (2017), Uncontrollably Fond (2016), Vagabond (2019), Ashfall (2019) hingga terakhir Start-Up (2020). 

Bisnis properti dan endorsement menjadi sumber pendapatan terbesar Suzy di luar dunia hiburan Korea Selatan. Ia memiliki properti mahal di kawasan Gangnam dan memperoleh cukup banyak uang melalui sewa.

Kini, total kekayaan Suzy diperkirakan mencapai US$30 - US$35 juta (sekitar Rp430 - Rp502 miliar). Kekayaan tersebut sering Suzy gunakan untuk berdonasi ke yayasan sosial demi membantu mereka yang berpenghasilan rendah.  

2. Dara

Kpopstarz.com

Di posisi ke-2, Sandara Park atau dikenal dengan nama panggung Dara, menjadi salah satu bintang idola yang tak diduga masuk ke dalam daftar idol K-pop perempuan terkaya 2022 versi Daily Niti. 

Saat aktif bersama 2NE1, Dara memang anggota idol K-Pop perempuan terpopuler di zamannya. Berbagai kontrak kerja sama iklan, ia dapatkan. Promosi dengan grupnya juga tak Dara tinggalkan.

Pundi-pundi keuangan semasa jayanya cukup membuat kekayaan Dara bertambah. Bahkan saat 2NE1 bubar, ia masih konsisten menekuni dunia keartisan dengan aktivitas solo, baik di Korea atau Filipina.

Dara sering muncul di acara televisi, model untuk merek Samsung, Nikon, Mitsubishi, Cleo, Moonshoot, hingga Etude. Ia juga berperan sebagai duta representatif Kendall Jenner Line of Garments untuk Filipina. Di tahun 2022, Dara mempunyai total kekayaan bersih mencapai US$35 juta (setara Rp502 miliar) dari beragam aktivitas.

1. IU

Allkpop.com

Terakhir di posisi puncak, ada solois muda bertubuh mungil yang sukses memerankan karakter Jang Man Wol dengan total kekayaan bersih sekitar US$40 juta (setara Rp574 miliar). 

Pendapatan IU sebagian besar berasal dari penyanyi dan penulis lagu. Tetapi, ada penghasilan sampingan yang turut membantu total kekayaan IU hingga ratusan miliar, yaitu model iklan dari Samsung, Sony Korea, Chamisul, SK Telecom, penjualan merchandise yang dirilis agensi, dan aktris di berbagai drama dan film Korea Selatan. 

Di usia kurang dari 30 tahun, IU telah mencapai kesuksesan luar biasa. Tapi, ia tetap bekerja keras dan meningkatkan kemampuannya di berbagai bidang. Sifat membumi IU terhadap sesama tetap dipertahankan hingga saat ini.

Bahkan, IU akan menjalin kontrak dengan agensi asalkan timnya mendapatkan kenaikan gaji. Apabila keluar dari agensi, IU membawa seluruh timnya pindah ke agensi baru dan agensi tersebut harus menerima dirinya bersama dengan tim. Wah, keren banget, ya!

Nah, itulah daftar idol K-Pop perempuan terkaya 2022 versi Daily Niti. Apakah bintang idola favoritmu?

IDN Media Channels

Latest from Working Life