Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Biar Tahu Batasan, 7 Cara Seung Hoon WINNER Mengedukasi Penggemar

Auto diomelin kalau nyeyel

Ajenk Rama

Menjadi seorang idol Kpop yang punya banyak penggemar, tentu perlu tenaga ekstra buat menjalin kedekatan. Belum lagi, kalau penggemar tersebut melewati batasan. Kadang, idol Kpop jadi serba salah buat menanggapinya. Di satu sisi, penggemar adalah orang yang selalu mendukung dengan membeli karya-karyanya. 

Namun, di sisi lain, jika tidak ditegur, khawatir penggemar akan bertindak melampaui batas sehingga mengganggu orang lain. Di kondisi yang membingungkan tersebut, Seung Hoon salah satu anggota WINNER punya cara ampuh buat mendidik penggemar, agar punya batasan dalam mengagumi dirinya dan anggota lain. 

Menurut penuturan salah satu penggemar, @kingseungy8n, Hoony (sapaan akrabnya) nggak segan-segan buat mengomeli Inner Circle (sebutan penggemar WINNER) yang dinilai sudah cukup menganggu. Nah, gimana cara Seung Hoon menerapkan sikap disiplin dan tegas kepada Inner Circle? Apakah cukup ampuh bikin penggemar tertata atau malah sebaliknya? Keep scrolling, Bela.  

1. Bersikap tegas ke penggemar yang tidak sopan

Soompi.com

Dikenal sebagai sosok yang petakilan dan selalu mengundang tawa di grup, Seung Hoon ternyata punya kepribadian cukup tegas, galak, serta disegani oleh penggemarnya. Nggak heran, kalau julukan 'Deputy Lee' atau 'Inner Circle President' melekat di laki-laki kelahiran 1992 ini. 

Dalam sebuah V Live, Seung Hoon pernah menegur penggemar yang dianggap tidak sopan. Saat itu, ada seorang penggemar yang menyuruh Seung Hoon dan Seung Yoon buat melepaskan topi mereka. Namun, dengan tegas, Seung Hoon langsung berkata "Berhenti, menyuruh kita buat ngelepasin topi! itu nggak sopan." 

Ucapan Seung Hoon ini dimaksudkan agar penggemar menghargai dan menghormati setiap privasi anggota grup. Tanpa disuruh pun, jika mereka mau, maka mereka akan melepas topinya. 

2. Berusaha menghentikan penggemar yang berpikir tidak sehat

Pinterest.ph

Terkadang, mengaggumi sosok sang idola membuat penggemar punya impian buat bisa berkencan secara nyata. Memang, berharap sah-sah saja tapi jangan sampai berlebihan. Makanya, Seung Hoon sering banget mengingatkan penggemar yang mulai nggak sehat impiannya, nih

Lagi-lagi, kejadian tersebut muncul saat Seung Hoon sedang melakukan siaran langsung di V Live. Di kolom komentar, ada seorang fans yang berujar "Mimpiku itu adalah pacaran dengan kamu."

Sontak, Seung Hoon memberi jawaban menohok "Sungguh, itu mimpi yang nggak sehat." Seung Hoon nggak mau penggemarnya hanya bermimpi mengenai pernikahan dengan dirinya. Tapi, Seung Hoon ingin penggemarnya punya mimpi besar yang lain.  

3. Mendidik penggemar buat tertib dan saling jaga

Gaekon.com

Nggak hanya di V Live, Seung Hoon memberi teguran keras kepada penggemar yang sudah kelewat batas. Tapi, saat tampil di panggung pun, Seung Hoon nggak segan-segan buat mendidik fans biar tertib dan saling menjaga satu sama lain. 

Di salah satu penampilan, Seung Hoon pernah memberi tatapan sinis ke penonton yang nggak tertib. Ia berhenti sejenak di tengah-tengah penampilan buat ngasih tahu buat nggak dorong-dorongan. Sayangnya, tak dihiraukan. Alhasil, Seung Hoon agak kesal, namun berusaha tetap tampil secara profesional. 

4. Mengingatkan penggemar buat tidak usil

Pinterest.com

Ingin tahu segala hal tentang idola memang tak bisa dihindari oleh penggemar. Hal sekecil apapun mengenai idola bikin rasa penasaran meningkat. Bahkan, sampai meretas akun media sosial sang idola. Cukup banyak kejadian, akun idol Kpop diretas oleh seseorang, entah iseng atau mau melihat privasi lebih dalam mengenai mereka. 

Salah satunya, Jin Woo atau lebih dikenal dengan nama Jinu. Akun milik Jinu ini diretas oleh orang tak dikenal. Seung Hoon menanggapi hal ini seraya mengingatkan "Aku tahu kalian penasaran. Namun, mohon untuk tidak melakukan hal semacam ini ke depannya. Bisa aja, nanti kalian ketemu, kami malah di kantor polisi. Meretas itu merupakan tindakan kriminal."

Seung Hoon merasa bahwa buat bisa 'dekat' dengan sang idola, nggak harus melakukan segala macam cara. Apalagi, sampai melakukan tindakan yang bisa berurusan sama pihak kepolisian. Itu sungguh membahayakan diri sendiri. 

5. Memberitahu agar tidak menyakiti orang lain

Twitter.com/kingseungy8n

Saat seorang idol Kpop melakukan kesalahan, terkadang menjadi momen buat netter atau haters memberikan komentar yang menyakitkan. Seolah-olah, idol Kpop tidak pantas melakukan sebuah kesalahan. 

Oleh karena itu, Seung Hoon mewanti-wanti penggemarnya serta semua pengguna media sosial buat menahan diri agar tidak memberikan komentar negatif atau kasar kepada siapa pun hanya karena ingin mendapat perhatian dan likes yang banyak. 

6. Mengarahkan penggemar agar tidak egois

Pinterest.com

Mendengar kabar pacaran atau pernikahan idol Kpop, pasti membuat hati penggemar terasa sesak. Tak menyangka, kalau idola yang mereka kagum sudah milik orang lain. Parahnya, sampai ada yang nggak ingin kalau idolanya menikah atau pacaran dengan orang lain.

Seung Hoon pun mengalaminya. Tapi, alih-alih merasa tertekan dengan hal tersebut. Seung Hoon malah menjawab santai sambil mengarahkan penggemar tersebut. Ada seorang penggemar yang meminta Seung Hoon buat 'menikah dengan Haute (anjing peliharaannya)', 'jangan menikah', atau 'menikahlah di umur 50 tahun'. 

Seung Hoon hanya menjawab "Ayolah, pikirin tentang kebahagiaan masing-masing." Seung Hoon nggak mau penggemarnya menjadi egois hanya karena ia bakal menikah nantinya. Ia berharap penggemar dan idola dapat menemukan kebahagiaan masing-masing.  

7. Menegur penggemar yang mencari tahu jadwal pribadi

Twitter.com/official_hoony_

Mengikuti ke mana pun idola pergi, sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan penggemar. Tak jarang, penggemar memiliki sejumlah jadwal pribadi milik sang idola. Hal ini, terkadang mengganggu sang idola yang ingin pergi dengan nyaman tanpa bidikan kamera.

Diikuti oleh penggemar saat ada jadwal pribadi, Seung Hoon mengirim cuitan terbuka melalui akun twitter pribadinya. Ia meminta kepada penggemar agar tidak memeriksa informasi penerbangan dan datang ke bandara jika jadwal tersebut adalah jadwal pribadinya. Selain itu, ia juga memohon pengertian kepada Inner Circle atau siapa pun agar tidak melampaui batas. 

Hasilnya, penggemar jadi lebih disiplin dan teratur. Terbukti, saat WINNER mengadakan konser di Indonesia 2019 silam. Inner Circle yang menunggu duduk rapi dan tidak menganggu jalannya Mino Cs keluar dari bandara.

Mengedukasi penggemar tentu punya tantangan tersendiri. Terlebih, setiap penggemar dan idola juga punya sisi baik dan buruk. Namun, Seung Hoon berusaha meminimalkan Inner Circle agar tetap tertib dan berada di jalur aman antara idola-penggemar. Seung Hoon melakukan ini biar Kpopers bisa jadi cerminan atau punya manner yang baik di mana pun berada. 

Yuk, tularkan aksi baik dengan tindakan nyata, biar Kpopers nggak dipandang sebelah mata, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Working Life