Banyak di antara kamu mungkin tinggal di kota besar yang memiliki tingkat polusi pencemaran yang tinggi. Menanam pepohonan tentu memakan waktu yang cukup lama dan ruang yang cukup pada halaman. Sepuluh tanaman sederhana ini memiliki banyak kegunaan dan manfaat dari berbagai aspek. 

Mereka melepaskan oksigen dan membersihkan karbon dioksida. Mereka juga memancarkan energi positif sekaligus mempercantik lingkungan. Yuk, simak tanaman hias yang bisa menjernihkan udara di sekitar rumahmu!

1. Bunga Lili

Ini dia 10 Tanaman yang Bisa Menjernihkan Udara di sekitar Rumahmu!idntimes.com

Tanaman Lili adalah tanaman rumah yang paling umum. Lili memiliki bunga berwarna putih. Tanah yang digunakan sebagai media perlu dijaga agar tetap lembap tanpa terlalu banyak air. Bunga lili menikmati cahaya sedang hingga rendah. Menurut penelitian yang dilakukan oleh NASA, tanaman ini menghilangkan racun dalam jumlah maksimum. Namun hat-hati, karena beracun bagi anjing dan kucing. 

2. Bunga Krisan

Ini dia 10 Tanaman yang Bisa Menjernihkan Udara di sekitar Rumahmu!anggorovalue.com

Bunga Krisan merupakan tanaman yang memiliki warna cerah seperti biru, kuning dan putih. Bunga ini memancarkan energi keaktifan dan kegembiraan di mana pun ia tumbuh. "Festival of Happiness" di Jepang menggunakan bunga ini sebagai perayaan. Masih menurut penelitian NASA, tanaman seperti lili ini dapat menghilangkan racun dalam jumlah maksimum namun ia juga berbahaya bagi binatang peliharaan.

3. English Ivy

Ini dia 10 Tanaman yang Bisa Menjernihkan Udara di sekitar Rumahmu!englishivy

English Ivy atau Hedera helix adalah tanaman rambat hijau yang dapat menjalar hingga 20-30 meter di pohon, dinding, hingga tebing. Tanaman Ini berfungsi untuk menghindari paparan sinar matahari langsung, memberikan tempat berlindung, hingga efek pendinginan pada gedung kantor tinggi selama musim panas. Tanaman ini juga banyak digunakan sebagai tanaman hias pada pekarangan.

4. Tanaman Ular atau Lidah Mertua

Ini dia 10 Tanaman yang Bisa Menjernihkan Udara di sekitar Rumahmu!lifestyleplanting

Tumbuhan ular beraneka ragam disebut juga lidah mertua. Tanaman ini adalah tanaman yang dapat tumbuh dalam ruangan. Tumbuh lurus, berkelok-kelok dan memiliki garis-garis kuning atau putih keperakan di tepi daun. Tanaman ini dapat mentolerir cahaya yang sedikit tanpa harus penyiraman yang sering. Tetapi, pastikan saja bahwa air yang dibutuhkan cukup, ya.

5. Devil's Ivy (Tanaman uang)

Ini dia 10 Tanaman yang Bisa Menjernihkan Udara di sekitar Rumahmu!southernliving

Tanaman rumahan yang populer ini mudah sekali pemeliharaannya untuk tumbuh. Tanaman ini tidak cepat mati jika kamu tidak begitu rajin dalam merawatnya. Batangnya sendiri menjadi akar di dalam tanah. Keindahannya terletak pada dedaunan dengan kombinasi kuning dan hijau. Namun, tanaman Ini beracun bagi kucing, anjing dan kuda.

6. Bunga Lili (Red Flamingo)

Ini dia 10 Tanaman yang Bisa Menjernihkan Udara di sekitar Rumahmu!istock.com

Flamingo lily adalah salah satu jenis tumbuhan berbunga yang termasuk dalam bunga yang dapat menetralisir racun di udara. Tanaman cantik ini juga bisa mengubah estetika ruangan dan halaman rumah. Tanaman ini memiliki keindahan daun bunga berbentuk hati yang berkilau.

7. Dracena

Ini dia 10 Tanaman yang Bisa Menjernihkan Udara di sekitar Rumahmu!dracaenamidindia.com

Beberapa spesiesnya dari tanaman ini telah dipelajari oleh peneliti untuk efek pemurnian udara terhadap racun. Tanaman jenis ini bisa mentolerir penyiraman dan perawatan yang tidak begitu sering. Jika kamu memiliki rutinitas padat, tanaman ini sangat cocok untuk dipelihara karena tidak memerlukan perawatan yang berlebih. Mereka memiliki daun yang panjang dan lebar dan biasa ditemukan di kantor dan halaman rumah.

8. Pohon palem

Ini dia 10 Tanaman yang Bisa Menjernihkan Udara di sekitar Rumahmu!shutterstock.com

Jika kamu perhatikan, banyak kantor, rumah, atau sekolah dengan sedikit ruang terbuka, akan menyertakan pohon palem dalam lansekap mereka. Ada sekitar 2600 spesies yang diketahui sejauh ini. Palem tidak hanya memberikan keteduhan dan keindahan estetika, dedaunannya juga membantu memurnikan udara. Untuk tanaman penawar racun ini, umumnya tidak beracun bagi hewan peliharaan.

9. Pakis Boston

Ini dia 10 Tanaman yang Bisa Menjernihkan Udara di sekitar Rumahmu!kompasproperti.com

Pakis Boston disebut juga pakis tulang ikan dan pakis umbi tangga. Pakis umumnya memiliki panjang 50-250 cm dan lebar 6-15 cm. Tepi dari pakis tampak bergerigi. Ini adalah tanaman rumah yang kuat yang populer dan sering ditemukan tergantung pada halaman rumah. Pakis juga kadang dikenal sebagai benalu pada pohon-pohon besar dan aman bagi hewan peliharaan.

10. Lidah buaya

Ini dia 10 Tanaman yang Bisa Menjernihkan Udara di sekitar Rumahmu!doktersehat.com

Lidah buaya sudah menjadi tanaman umum yang berada di rumah-rumah, karena kegunaannya sebagai obat. Ia tidak memiliki batang atau batang yang sangat pendek. Daunnya tebal dan berdaging. Tanaman ini juga ditanam sebagai tanaman hias. Lidah buaya tidak bisa mentolerir embun beku atau salju. Ia dapat melawan banyak serangga dan hama, namun mereka rentan terhadap kutu putih, tungau laba-laba, serta kutu daun.

Itulah 10 tanaman yang dapat membersihkan racun di udara dan banyak sekali memberikan manfaat kesehatan bagi kualitas oksigen di sekitar halaman rumahmu. Apakah kamu sudah memiliki salah satu di antaranya, Bela?

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Lidah Mertua Ini Ampuh Serap Racun dan Polusi

Baca Juga: 10 Tanaman Obat Ini Kaya Manfaat dan Cocok Ditanam di Halaman Rumah

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Kaktus Cantik Penghias Halaman Rumahmu