Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Salma Salsabil Juara 1 Indonesian Idol 2023 Asal Probolinggo

Berulang kali ikut kompetisi menyanyi, akhirnya juara juga

Zikra Mulia Irawati

Nama Salma Salsabil menyita perhatian publik usai menjuarai Indonesian Idol musim ke-12. Ia maju ke babak grand final bersama Nabila Taqiyyah. Menjadi pemenang utama, perempuan asal Probolinggo, Jawa Tengah ini membawa hadiah uang Rp150 juta dan satu unit mobil.

Sebagaimana tradisi kompetisi ini, Salma menyanyikan lagu kemenangan berjudul "Menghargai Kata Rindu". Lagu yang baru dirilis pada 22 Mei ini langsung meraup lebih dari 450 ribu penonton. Sambutan positif pun membanjiri kolom komentar video ini.

Di balik itu, sosok yang kerap dijuluki Queen of Viral ini membuat sebagian netizen penasaran dengan latar belakangnya. Jika kamu salah satunya, yuk, simak profilnya yang sudah Popbela rangkum di bawah ini!

1. Berzodiak Aquarius

instagram.com/salmasalsabil12

Salma Salsabil memiliki nama lengkap Salma Salsabila 'Aliyyah. Lahir di Probolinggo, 12 Februari 2002 membuatnya otomatis berzodiak Aquarius. Sebagaimana Gen-Z pada umumnya, Salma cukup aktif di berbagai media sosial miliknya, yaitu Instagram @salmasalsabil12 dan TikTok @slmlyyh12. Kamu sudah follow?

2. Menempuh pendidikan musik

instagram.com/salmasalsabil12

Selama menjadi kontestan Indonesian Idol 2023, Salma berulang kali menuai pujian dari para juri karena kemampuan bernyanyi yang dimilikinya. Usut punya usut, hal ini terasah karena dirinya menempuh pendidikan musik di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, tepatnya di program studi D-4 Penyajian Musik. 

Mengutip dari Harian Jogja, Rektor ISI Yogyakarta Timbul Raharjo menyebut bahwa Salma yang kini menapaki semester 6 akan dibebaskan dari semua tugas praktik. Hal ini tak lain karena menjadi juara 1 membuktikan bahwa bakat bermusiknya sudah cukup memadai. Saat kembali menjalani perkuliahan nanti, pihak kampus menyarankan Salma untuk langsung mengerjakan tugas akhir dan menulis tentang perjalanannya menjadi kontestan ajang ini.

3. Jajal berbagai kompetisi menyanyi

Selain belajar secara teori, bakat bermusik Salma juga lahir dari kegigihannya menggapai impian di dunia tarik suara sejak kecil. Sebelum menjuarai Indonesian Idol 2023, dirinya pernah mengikuti berbagai kompetisi menyanyi, seperti Idola Cilik season 4, The Voice Kids Indonesia Season 1, Rising Star Indonesia Season 2, The Voice Indonesia Season 3, dan Sunsilk Hijab Hunt 2017. Usaha memang akan mendatangkan hasil terbaik jika waktunya telah tiba, ya, Bela?

4. Aktif tunjukkan bakat di media sosial

Tak menyia-nyiakan bakat suara merdunya begitu saja, Salma juga terhitung aktif tampil di media sosial, nih. Sebelum populer dengan nama Salma Salsabil, ia terlebih dahulu menggunakan nama Salma Aliyyah sebagai nama kanalnya. Ia mengunggah beberapa cover lagu meski sudah tak lama aktif. Perempuan ini juga memiliki single berjudul "Merindukanmu" yang sudah melampaui 2 juta pendengar di Spotify. Video cover lain yang dilakukan Salma bisa dijumpai di kanal DOMINIC Music.

5. Kian viral berkat Indonesian Idol 2023

Julukan Queen of Trending tak disematkan begitu saja kepada Salma. Sepanjang berkompetisi, video penampilannya kerap meraup lebih dari 1 juta penonton. Salah satu yang paling viral adalah duetnya dengan Momo menyanyikan "Cobalah Mengerti" pada babak Road To Grand Final. Kelima juri, yaitu Anang Hermansyah, Judika, Rossa, David Bayu, dan Bunga Citra Lestari (BCL) kompak memberikan standing ovation.

"Salma, tadi kamu cari-cari suara dua, improvisasi, it was so beautiful. Dan buat aku, kamu udah kayak latihan dua bulan, bukan cuma satu minggu. Padahal baru tadi (latihannya), ya? Menurut aku Salma bukan hanya penyanyi yang luar biasa, tapi dia adalah seorang musisi dengan intuisi yang amat sangat tajam, memilih notasi, bikin lagu," komentar Rossa.

Selamat untuk Salma Salsabil atas kemenangannya. Nggak sabar banget menanti karya selanjutnya dari calon diva muda ini. Sebelum itu, kita saksikan terlebih dahulu video musik lagu kemenangannya, yuk, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration