Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Johnny NCT, Si Social Butterfly dengan Segudang Bakat

Lekas sembuh untuk Johnny yang sedang cedera

Zikra Mulia Irawati

Kabar kurang mengenakkan tengah menimpa Johnny NCT. Ia dilaporkan mengalami cedera tulang bahu kanan saat sedang melakukan syuting konten. Hal ini membuat beberapa jadwalnya akan ditunda, termasuk tampil sebagai DJ di Jakarta dan Bali akhir pekan ini. Kabar ini tentu membuat Johfam–sebutan penggemarnya–khawatir. Mereka mengharapkan sang idola bisa beristirahat sementara dan lekas sembuh.

Belum lama ini, ia memang sudah direncanakan tampil sebagai DJ dengan nama Johnny be. Percaya atau tidak, bakatnya dalam mengutak-atik musik ini bahkan sudah diketahui sejak ia belum debut bersama NCT. Idol kelahiran 1995 ini pun masih punya talenta lain yang tak henti-hentinya membuat penggemar terpukau.

Penasaran dengan profil dan perjalanan karier Johnny yang kerap dijuluki Social Butterfly ini? Yuk, simak rangkuman Popbela di bawah ini!

1. Berkewarganegaraan Korea-Amerika

instagram.com/johnnyjsuh

Johnny memiliki nama asli John Suh. Ia lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat pada 10 Februari 1995. Saat ini, ia menyandang kewarganegaraan Korea dan Amerika. Lelaki dengan nama Korea Seo Young Ho ini merupakan anak tunggal. Ia berzodiak Aquarius dan memiliki MBTI ENTP.

Johnny biasa bersosialisasi dengan penggemarnya melalui Instagram @johnnyjsuh. Username tersebut digadang-gadang sebagai salah satu username milik idol yang paling estetis. For your information, tanda tangannya pun tak kalah indah, lho.

Dok. Internet

2. Lakukan banyak aktivitas selama jadi trainee

Koreaboo

Johnny termasuk trainee SM Entertainment dengan masa pelatihan yang cukup panjang, yaitu 8 tahun 3 bulan. Sempat muncul rumor bahwa ia akan debut sebagai anggota termuda EXO. Fakta yang belum diketahui banyak orang, ia membutuhkan waktu selama itu karena hanya menjadi trainee selama liburan musim panas pada 4–5 tahun pertama dan ia masih bersekolah di Amerika.

Meskipun demikian, SM Entertainment memanfaatkan berbagaikesempatan untuk memamerkan bakat Johnny kepada publik. Tercatat, selama pradebut ia pernah muncul di drama To The Beautiful You (2012), acara K-Pop Boot Camp ABC News Australia (2012), majalah The Celebrity (2014), EXO 90:2014 (2014), NCT Life In Bangkok (2016), video musik "Ready For Your Love" milik J-Min (2016), dan My SMT (2016) sebagai pembawa acara.

3. Awal karier sebagai DJ

Kariernya sebagai DJ pun bermula di periode trainee. Pada Oktober 2016, ia berpartisipasi di acara Spectrum Dance Music Festival sebagai DJ untuk SM Dreamstation Crew. Bersamanya, ada artis SM Entertainment lainnya, yaitu Jungmo TRAX, Key SHINee, serta Amber & Luna f(x). Tak hanya itu, ia pernah berkolaborasi dengan Yin Duxuan, Reddy, G2, dan Inlayer untuk proyek SM STATION berjudul "Nightmare".

4. Debut di NCT 127 dengan lagu "Limitless"

Telah menjadi anggota SM Rookies sejak 2013, SM Entertainment akhirnya mendebutkan Johnny bersama NCT 127. Bersama Doyoung, ia resmi menjadi anggota subunit ini dengan lagu "Limitless" yang dirilis pada 5 Januari 2017. Posisinya adalah sebagai lead rapper dan sub-vocal.

Sejak saat itu, Johnny selalu aktif terlibat dalam kegiatan grup. Saat NCT berpromosi secara keseluruhan, Johnny tergabung ke dalam beberapa tim NCT U yang dibongkar pasang sesuai judul lagunya. Berikut rinciannya:

  • NCT 2018, album Empathy: "Touch" (masih dalam formasi NCT 127)
  • NCT 2020, album Resonance: "Raise The Roof", "Misfit", "Dancing In The Rain", "Faded In My Last Song"
  • NCT 2021, album Universe: "Earthquake", "Birthday Party", "Beautiful"

5. Geluti hobi fotografi

Tak cuma pandai di depan kamera, nyatanya Johnny punya hobi fotografi. Ia kerap membagikan hasil jepretannya di Instagram. Lelaki ini suka memotret kehidupan sekitar dengan berbagai koleksi kamera analognya.

6. Miliki kemampuan public speaking yang baik

Kemampuan public speaking Johnny yang baik membuatnya dipercaya menjadi pembawa acara di sejumlah program setelah berhasil debut. Beberapa program tersebut adalah SBS NCT's Night Night Radio (2017–2019) sebagai DJ bersama Jaehyun, Mnet Mcountdown sebagai Global MC (2018), MBC Idol Radio (2019) sebagai DJ tamu bersama Doyoung, dan Weekly Idol (2020) sebagai MC tamu bersama Haechan.

Johnny bahkan memiliki satu segmen konten tersendiri di YouTube NCT, bernama Johnny Communication Center. Di sana, ia membagikan berbagai aktivitas menyenangkan bersama para member NCT dan lebih banyak berbicara dengan bahasa Inggris.

7. Punya selera fashion yang bagus

instagram.com/dukewinn.newyork

Johnny juga pernah memiliki segmen Johnny Fashion Evaluation yang terselip di beberapa episode Johnny Communication Center. Sejak debut ia memang terkenal memiliki selera fashion yang bagus. Ia lalu mengevaluasi gaya yang tengah dikenakan para member NCT dengan gaya yang cukup jenaka.

Beberapa waktu terakhir, ia pun mulai aktif terlibat di sejumlah event fashion besar, salah satunya Met Gala. Ia melakukan debut di acara bergengsi tersebut pada 2022 lalu mengenakan setelan hitam rancangan desainer Peter Do.

Meski punya tampang yang rupawan, bakatnya yang segudang ini tak boleh kita abaikan begitu saja, ya, Bela. Last but not least, get well soon, Johnny!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration