Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Daftar Pemenang Seoul Music Awards ke-32, NCT Dream Raih Daesang

"Love Dive" milik IVE lagi-lagi jadi Song of the Year

Zikra Mulia Irawati

Seoul Music Awards ke-32 telah sukses dihelat pada 19 Januari kemarin. Acara penghargaan yang digelar di Olympic Gymnastics Arena ini dipandu oleh Minho SHINee, Lee Mi Joo Lovelyz, dan Kim Il Joong. Insan musik Korea Selatan membawa pulang piala dari berbagai kategori.

Penghargaan musik yang diinisiasi oleh Sports Seoul ini ditentukan berdasarkan rilisan musik selama Januari–Desember 2022. Penghitungan skornya menggunakan persentase 30% voting online, 40% penilaian panelis, dan 30% penjualan untuk kategori Bonsang (Main Prize), Rookie of The Year, dan penghargaan berdasarkan genre. 

Kira-kira, siapa sajakah yang membawa pulang penghargaan dari acara ini? Simak daftar lengkapnya di bawah ini, ya.

1. Daesang untuk NCT Dream

Sports Seoul

Sepanjang 2022, NCT Dream aktif berpromosi hingga berhasil menjual jutaan keping album dan EP, yaitu Glitch Mode (2.104.123 keping), Beatbox (1.522.181 keping), dan Candy (1.888.402 keping). Memang layak, deh, grup asuhan SM Entertainment tersebut menyabet penghargaan tertinggi ini!

2. Proof milik BTS jadi Album of the Year

Dok. HYBE

Proof merupakan album terakhir yang dirilis BTS sebelum hiatus. Berdasarkan data, album ini berhasil terjual sebanyak 3.387.483 di Korea. Dengan angka penjualan setinggi itu, penghargaan Album of the Year jatuh kepada karya BTS yang satu ini.

3. Lagi, "Love Dive" dari IVE dinobatkan sebagai Song of the Year

instagram.com/ivestarship

Koleksi tropi Song of the Year yang diraih oleh IVE dengan lagu "Love Dive" lagi-lagi bertambah. Apakah ini salah satu lagu favorit kamu, Bela?

3. Rombongan penyabet Bonsang (Main Prize)

instagram.com/official_g_idle

Ada 17 grup dan solois yang menjadi pemenang kategori Bonsang (Main Prize), yaitu (G)I-DLE, aespa, BLACKPINK, BTS, GOT the beat, IVE, Kang Daniel, Kim Ho Joong, Lim Young Woong, NCT Dream, Psy, Red Velvet, Seventeen, Stray Kids, Taeyeon, dan Zico.

4. Tiga grup pendatang baru jadi Rookie of the Year

kpopping.com

Dari sekian banyak pendatang baru yang debut selama 2022, penghargaan Rookie of the Year akhirnya jatuh kepada LE SSERAFIM, NewJeans, dan TNX.

5. Pemenang berdasarkan genre

instagram.com/younga_holic

Industri K-pop memang diwarnai dengan berbagai jenis genre musik. Namun, Seoul Music Awards ke-32 secara khusus memberi penghargaan untuk empat genre di bawah ini.

  • Trot Award: Young Tak
  • Ballad Award: Younha
  • OST Award: MeloMance – "Love, Maybe" (Business Proposal)
  • R&B Hip Hop Award: Be'O, Big Naughty

6. Pemenang pilihan penonton

instagram.com/limyoungwoong.official

Untuk kategori Popularity Award and Hallyu Special Award, pemenang 100% ditentukan dengan voting online dari penggemar. Pemenang kategori tersebut adalah Lim Young Woong (Popularity Award) dari voting khusus penggemar Korea dan Suho EXO (Hallyu Special Award) dari voting khusus penggemar internasional.

7. Pemenang pilihan panelis

twitter.com/korea_odyssey

Sementara itu, kategori Best Performance, Band Award, Discovery of the Year, dan Special Jury Award 100% berasal dari masukan panelis. Masing-masing kategori tersebut dimenangkan oleh (G)I-DLE (Best Performance), Jannabi (Band Award), Lee Seung Yoon (Discovery of the Year). Untuk kategori penghargaan spesial, berikut daftar penenangnya. 

  • New Wave Star: Kep1er, LAPILLUS, TAN
  • World Best Artist: Psy
  • K-pop Special Award: KARA
  • Legend Artist: BoA
  • idol+ New Star Award: TEMPEST
  • idol+ Best Star Award: BTS

Selamat untuk para pemenang! Semoga penghargaan ini jadi dorongan bagi mereka untuk membuat karya terbaik lainnya tahun ini, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration