Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ingin Gadgetmu Tetap Awet? Hindari 7 Kebiasaan Ini

Supaya gadgetmu berumur panjang

Tri Sintarini

Sulit membayangkan hidup kita tanpa gadget, karena kini semakin banyak manfaatnya yang mempermudah kehidupan kita. Tapi tau nggak sih ada beberapa kebiasaan yang berdampak berbahaya lho yang mempengaruhi keawetan gadgetmu. Nggak mau kan gadgetmu cepat rusak? Yuk tinggalkan tujuh kebiasaan ini Bela.

1. Mengosongkan baterai ponsel sepenuhnya

pexels.com/Torsten Dettlaff

Baterai lithium ion dari beberapa merk smartphone di program untuk sejumlah siklus pengisian atau pemakaian penuh dari 100 sampai 0 persen. Setelah beberapa waktu melalui siklus ini fungsi dan kapasitas baterai mulai berkurang, karena itulah sebaiknya tidak menunggu sampai baterai benar-benar kosong. So,dianjurkan untuk mengisi daya ketika level baterai sudah mencapai 20 persen.

2. Membiarkan smartphone diisi dayanya semalaman

pexels.com/Thorn Yang

Smartphone masa kini memiliki daya charging yang lebih cepat dibandingkan gadget yang ada di masa lalu. Menurut Edo Campos dari pengusaha baterai Anker memastikan, kita tidak perlu khawatir tentang pengisian yang berlebihan karena perangkat modern akan menghentikan muatan dengan benar pada tegangan yang sesuai. Tetapi kabar buruknya gadget yang di-charge sepanjang malam dapat memengaruhi usia baterai dan mengurangi kapasitas baterai dari waktu ke waktu. Karena faktanya baterai lithium ion tidak membutuhkan waktu yang lama untuk pengisian, biasanya hanya cukup 1-2 jam saja. 

3. Meninggalkan gadget di dalam mobil

pexels.com/Negative Space

Jangan meninggalkan gadget di dalam mobil, ternyata tak hanya sekedar bermanfaat untuk keamanan saja, tetapi faktanya keadaan overcooling dan terlalu panas  bisa memberikan dampak buruk terhadap gadgetmu.  Mengapa bisa begitu? Karena suasana tersebut akan mempengaruhi prosesor secara negatif termasuk kerusakan pada baterai dan tampilan.

4. Membersihkan gadget dengan bahan kimia rumah tangga

pexels.comrawpixel.com

Bahan kimia rumah tangga umumnya mengandung unsur-unsur yang berbahaya bagi gadgetmu. Misalnya hindari untuk  membersihkan layar laptop, desktop, tablet dan smartphone dengan bantuan deterjen untuk jendela dan kaca karena mereka mengandung amonia dan zat lain yang merusak lapisan antistatik dan anti refletik di layar. Sedangkan dampak jangka panjangnya senyawa kimia ini menyebabkan munculnya retakan, kondisi menguning dan kekeruhan di dalam monitor dan display. Jadi  gunakan pembersih yang tepat, khusus untuk gadgetmu. 

5. Membawa laptop ke tempat tidur

pexels.com/Tirachard Kumtanom

Seringkali ketika membawa laptop ke atas tempat tidur, kita meletakkan gadget tersebut di atas pangkuan kita dan ternyata efeknya sangat berbahaya, karena itu dilarang menutup ventilasi udara pada laptop. Solusinya, kamu perlu membuat akses udara karena jika gadgetmu terlalu panas bisa menyebabkan berhenti beroperasi.

6. Tidak menggunakan charger sesuai daya

pexels.com/rawpixel.com

Setiap gadget memiliki daya charge yang berbeda-beda karena itu sangat dianjurkan menggunakan pengisi daya atau charger yang kompatibel karena gadget memiliki chip khusus, kalau menggunakan yang tidak sesuai akan berdampak error dan menyebabkan gadgetmu tidak berfungsi dengan benar. 

7. Membawa smartphone ke kamar mandi dan toilet

pexels.com/Pixabay

Hindari membawa smartphone ke toilet dan kamar mandi, karena dua alasan ini. Pertama, smartphone-mu bisa dengan mudah terlepas dari tangan kita dan masuk ke dalam air maka akan mudah rusak. Kedua, kalau ponsel terjatuh ke air atau bak mandi akan berpotensi munculnya sengatan listrik. Bahaya banget kan? Selain itu toilet merupakan tempat paling kotor di rumah makanya jangan sampai deh gadget-mu menjadi sarang mikroba.

Yuk jaga gadgetmu dengan baik Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration