Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bacaan Populer di Tahun 90-an yang Bikin Kangen Nostalgia

Jadi favorit banget

Tri Sintarini

Siapa yang suka membaca? Jika kamu salah satu generasi 90-an pasti pernah mengenal novel populer berseri yang pada masa itu membuatmu ketagihan. Hal yang istimewa karena di setiap bukunya, penulis menawarkan kisah yang beragam meskipun tokoh-tokohnya sama. Ingin bernostalgia dengan bacaan masa lalu? Yuk baca ketujuh judul serial populer berikut yang bikin rindu banget.

1. Goosebumps, R.L Stine

flickr.com

Serial Goosebumps merupakan kisah-kisah menarik dengan tokoh utama anak-anak yang senantiasa terlibat dalam situasi yang menakutkan dan mencekam, seperti bertemu monster atau kekuatan supernatural lainnya yang ditulis oleh R.L Stine. Serial ini telah di terbitkan sejak tahun 1992 sampai dengan 1997 dengan jumlah kurang lebih enam puluh dua buku. Beberapa judul diantaranya seperti Darah Monster, Perkemahan Hantu, Pembalasan Kurcaci Ajaib, Hantu Auditorium sampai dengan Boneka Hidup Beraksi. Tak hanya itu cerita-cerita dalam novel Goosebumps pernah diangkat ke serial TV dan termasuk diangkat ke layar lebar yang di bintangi oleh Jack Black.

2. The Fear Street, R.L Stine

ebay.com

Usai Goosebumps kemudian R.L Stine mencoba memanjakan pembacanya yang beranjak remaja dengan serial Fear Street. Judul pertamanya yaitu The New Girl yang diterbitkan pada tahun 1989. Karakternya di dominasi oleh remaja dan sukses menjadi buku terlaris untuk kategori teenage sepanjang masa. Perbedaannya cerita di Fear Street tak lagi di dominasi monster tetapi lebih real dan bergaya thriller seperti Berjalan Dalam Tidur, Sahabat Karib, Pesta Semalam Suntuk sampai dengan Klub Horor.

3. The Baby Sitters Club

bigw.com.au

Novel serial yang ditulis oleh Ann M.Martin ini telah beredar sejak tahun 1986 hingga tahun 2000. Baby-Sitters Club berkisah tentang kehidupan dan lima sahabat remaja yaitu Mary Anne Spier, Kristy Thomas, Dawn Schafer, Stacy McGill, Mallory Pike, Margarite dan Claudia Kishi yang merilis bisnis pengasuhan anak di daerah Connecticut. Tetapi perjalanan bisnisnya tak mudah, mereka harus menghadapi banyak problematika dan konflik seru di dalamnya yang semakin merekatkan persahabatan kelimanya. 

4. Lupus, Hilman

prelo.co.id

Awalnya kisah Lupus yang di karang oleh Hilman Hariwijaya ini merupakan judul cerpen yang di muat di majalah Hai. Karena respon yang positif pada bulan Desember 1986 kemudian jadikan cerita novel. Kisah Lupus ini telah ditulis hingga 52 judul termasuk 5 film layar lebarnya. Bercerita tentang seorang siswa SMU yang mempunyai pekerjaan sampingan sebagai jurnalis majalah Hai. Dalam kesehariannya Lupus tinggal bersama Ibunya yang akrab ia panggil Mami, adik perempuannya, Lulu dan ia mengisi waktu luangnya bersama kedua sahabatnya Boim dan Gusur. 

5. Olga, Hilman

bukalapak.com

Selain Lupus, Hilman Hariwijaya juga menciptakan cerita dengan tokoh utama seorang perempuan bernama Olga. Awalnya kisah ini hanya dimuat sebagai cerita pendek di majalah remaja, Mode dan kemudian dibukukan pada bulan Juli 1990. Serial ini mengisahkan tentang Olga seorang pelajar SMU yang tomboy, senang bersepatu roda dan memiliki sampingan  sebagai penyiar Radio Ga Ga. Hari-hari cerianya diisi bersama sahabatnya, Wina. Cerita Olga ini juga cukup populer dan sudah diangkat ke layar kaca, beberapa selebriti sukses memerankannya seperti Desy Ratnasari, Sarah Sechan, Melly Manuhutu sampai dengan Sissy Priscillia. 

6. Girl Talk, L.E Blair

etsy.com

Kisah Girl Talk yang sangat populer di tahun 90-an ini di tulis oleh L.E Blair yang mengisahkan tentang petualangan empat orang sahabat yaitu Sabrina Wells, Rowena Zak, Allison Cloud dan Katherine Campbell di kota Acorn Falls, Minnesota. Persahabatan dan keseharian mereka bahkan telah ditulis dalam 45 judul buku. Bahasanya pun simpel sehingga mudah dipahami, misalnya percakapan telfon antara dua orang sahabat dan kisah ringan lainnya.

Mana yang pernah menjadi favoritmu?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration