Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Film Bertema Persahabatan Ini Bikin Rindu Masa Sekolah dan Kuliah

Bikin kangen!

Tri Sintarini

Masa sekolah dan kuliah merupakan saat yang tak terlupakan. Di sinilah merupakan kesempatan untuk menjalin persahabatan karena kecocokan satu sama lain yang saling merekatkan. Pertemanan yang tulus dan dinamikanya menjadi problematika yang menarik untuk dikupas. Seperti enam film Indonesia berikut yang memiliki tema persahabatan bikin kamu merasa rindu masa-masa sekolah dan jadi anak kuliahan.

1. Ada Apa Dengan Cinta

kurio.id

Cinta (Dian Sastrowardoyo) diberi kepercayaan untuk mengelola majalah dinding sekolah bersama para sahabatnya Milly (Sissy Priscillia), Karmen (Adinia Wirasti), Alya (Ladya Cheryl), dan Maura (Titi Kamal). Mereka pun menjadi geng yang populer di sekolahnya.  Hidup Cinta mulai goncang ketika hadir seseorang bernama Rangga (Nicholas Saputra) pria yang mengalahkan dirinya di kompetisi puisi sekolah.  Berawal dari penasaran, Cinta pun akhirnya jatuh cinta dengan Rangga yang misterius, pendiam dan penyendiri namun menyukai sastra. Kondisi itu membuat Cinta merasa gundah dan bimbang untuk memilih menyembunyikan perasaannya dari sahabatnya atau berkata jujur? 

2. Bebas

today.line.me

Kehidupan Vina (Marsha Timothy) sebagai seorang ibu belakangan terasa sangat monoton, namun semua itu kembali berwarna setelah secara tidak sengaja bertemu dengan sahabat lamanya, Kris (Susan Bachtiar) di rumah sakit yang sedang menderita sakit parah. Salah satu permintaan terakhirnya kepada Vina ialah bertemu kembali dengan geng Bebas lainnya yaitu Suci (Salvita Decorte), Gina (Widi Mulia), Jessica (Indy Barends) dan Jojo (Baim Wong) yang  telah terpisah puluhan tahun lamanya. Disini satu persatu akhirnya berkumpul, mengenang masa-masa indah mereka hingga akhirnya menjadi sahabat dan kembali menjalin setelah dewasa.

3. Negeri Van Oranje

dictio.id

Persamaan nasib hidup merantau ke keluar negeri untuk kuliah S2 di Belanda membuat kelima sahabat ini berkenalan satu sama lain. Mereka adalah Lintang (Tatjana Saphira), Banjar (Arifin Putra), Wicak (Abimana Aryasatya), Daus (Ge Pamungkas), dan Geri (Chicco Jerikho). Mereka saling kompak namun diam-diam memendam rasa yang sama kepada Lintang satu-satunya perempuan di geng mereka. Begitupula dengan Lintang ternyata ia jatuh cinta dengan Geri tapi kenyataannya perasaannya bertepuk sebelah tangan.Lintang sampai tak menyadari bahwa salah satu sahabatnya yang lain sungguh-sungguh mencintainya dan mengajaknya menjalin hubungan serius hingga ke jenjang pernikahan.

4. Jomblo

twitter.com

Kisah yang diangkat dari novel Adhitya Dika ini diadaptasi menjadi film di tahun 2006 dan 2017. Di versi terbarunya ini bercerita tentang persahabatan 5 orang cowok yang berkuliah di Universitas yang sama yaitu Agus (Ge Pamungkas), Bimo (Arie Kriting), Doni (Richard Kyle), dan Olip (Deva Mahenra) yang memiliki status jomblo. Mereka memutuskan untuk mencari kekasih demi melepaskan status jomblonya, namun pada akhirnya persahabatan mereka diuji dan terancam bubar ketika para kekasihnya mulai mengambil peran.

5. 5 CM

kompasiana.com

Berkisah tentang lima orang sahabat yang telah menjalin pertemanan selama tujuh tahun mereka adalah Arial (Denny Sumargo), Zafran (Herjunot Ali), Ian (Igor Saykoji), Genta (Fedi Nuril) dan Riani (Raline Shah). Ketika mengalami kejenuhan mereka memutuskan tidak saling berkomunikasi selama 3 bulan dan untuk melepas rindu mereka kemudian melakukan perjalanan ke Gunung Semeru hingga puncak. 

6. 30 Hari Mencari Cinta

pandora.com

Keke (Dinna Olivia), Gwen (Nirina Zubir) dan Olin (Agnes) bersahabat sejak SMU dan saat duduk dibangku kuliah mereka kos di rumah orangtua Olin. Kedekatan mereka membuat masing-masing melupakan bahwa mereka belum punya kekasih. Ketiganya kemudian membuat kesepakatan dan bertaruh siapa yang mendapatkan pacar dalam 30 Hari. Tetapi faktanya justru pada momentum inilah persahabatan mereka yang sesungguhnya diuji. 

7. Laskar Pelangi

montasefilm.com

Setelah dewasa dan berhasil memperoleh beasiswa kuliah ke Perancis, Ikal (Lukman Sardi) kembali ke kampung halamannya di Bangka Belitong. Disinilah mimpi besarnya dimulai bersama teman-teman kecilnya di Sekolah Dasar Muhammadyah Gantong. Dahulu sekolahnya hampir di tutup karena kekurangan murid tetapi Ibu Muslimah (Cut Mini Theo) dan Pak Harfan (Ikranegara) berhasil menyelamatkannya. Sepuluh siswa tersebut termasuk Ikal ia beri nama Laskar Pelangi. Mereka adalah Ikal, Lintang, Mahar, A-Kiong, Kucai, Trapani, Sahara, Syahdan, Borek dan Harun yang saling memotivasi satu sama lain menggapai mimpi. 

Saatnya menonton bersama sahabat!

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Inspiration