Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

14 Ilustrasi Ini Mengajakmu untuk Lebih Mencintai Diri Sendiri

Sangat inspiratif

Tri Sintarini

Terlalu sibuk bekerja untuk orang lain sampai melupakan kebutuhan diri sendiri? Jangan sampai terlarut, kini sudah waktunya untuk  memfokuskan kehidupan dan kebahagiaanmu kelak Bela. Ingin tahu bagaimana? 14 pemikiran ini akan membantumu menemukannya.

1. Tak perlu merasa risau jika ingin memprioritaskan dirimu

recipesforselflove

Tak ada yang salah kalau kita memprioritaskan diri sendiri asalkan sesuai dengan situasi dan porsinya karena kenyataannya bersikap individualis dan egois itu sangat berbeda jauh lho

2. Terkadang kamu hanya butuh menghilang sejenak dari keriuhan dunia

recipesforselflove

Sesekali kita memerlukan waktu untuk diri sendiri atau istilah populernya me time, ini merupakan waktu yang tepat untuk menjauh sejenak dari hiruk pikuk lingkungan kita, karena itu manfaatkanlah kesempatan tersebut sebaik mungkin, bahkan pada kesempatan istimewa ini jadikan momentum tersebut untuk lebih mengenal diri kita sendiri. 

3. Kamu tidak harus selalu bersikap baik

recipesforselflove

Seringkali kita merasa perlu dan harus selalu bersikap baik kepada orang lain dengan alasan karena merasa lebih aman. Sebenarnya ini merupakan cara terbaik untuk mengurangi konflik jika berada di dalam situasi yang berpotensi kekerasan. Tidak ada salahnya bersikap seperti itu tetapi sesuaikan dengan kondisi saja.

4. Hanya karena kamu tidak mengetahui tujuanmu, bukan berarti berhenti melangkah

recipesforselflove

Temukanlah jalan kehidupanmu, kamu tak perlu selalu memiliki rencana khusus terkadang yang terbaik cukup jalani saja, jangan biarkan riak-riak perjalanan akan menghentikan laju langkahmu.

5. Menjadi diri sendiri lebih penting daripada berusaha untuk sempurna

recipesforselflove

Kita mengetahui bahwa tak ada sosok yang sempurna termasuk dirimu. Tak perlu merubah dirimu karena orang lain, cukuplah nyaman dengan dirimu sendiri. Janganlah kamu mengubah diri untuk mendapatkan pengakuan orang lain. 

6. Manfaatkan waktu dengan orang-orang yang memberikanmu nilai dalam kehidupanmu

recipesforselflove

Hindari terlalu banyak berkorban untuk pekerjaanmu karena posisimu di tempat tersebut dapat digantikan siapa pun dan kapan saja. Lebih baik fokus dan sayangilah dirimu, jangan biarkan  pekerjaan merusak kondisi fisikmu misalnya karena terlalu banyak lembur, begadang bahkan mengganggu hubungan dengan kekasih serta keluarga, kuncinya raih kebahagiaanmu. Love yourself.

7. Berbagi perasaan merupakan pertanda kekuatan, bukan menunjukkan kelemahan

recipesforselflove

Berbagi dan mencurahkan perasaan seringkali hanya kita lakukan bersama orang yang dekat karena dapat memberikan kondisi yang nyaman. Senantiasa bersikap dengan ramah dan cobalah lebih terbuka dengan orang lain, jika belum terbiasa lakukanlah secara perlahan maka lambat laun semua itu akan berjalan dengan lancar. 

8. Belajar bagaimana berdamai dengan penolakan

recipesforselflove

Dalam proses hidup termasuk pekerjaan, kita pasti pernah mengalami yang namanya penolakan. Tak perlu khawatir bila berhadapan dengan situasi seperti itu karena semua orang pernah merasakannya di dalam kondisi yang berbeda. Hal terpenting jangan biarkan perasaan seperti itu berlarut-larut, hadapi dan lepaskan rasa itu karena mungkin itu bukanlah akhir tetapi awal yang baru dalam hidup. Percayalah dibalik penolakan ada sesuatu yang lebih baik untukmu. 

9. Tidak apa-apa untuk menolak

recipesforselflove

Ciptakan batas untuk melindungi dirimu sendiri dari berbagai kondisi yang tak terduga, mungkin perlu sedikit latihan tetapi pengaturan batas sangatlah penting. 

10. Orang-orang mengatakan bahwa perubahan itu merupakan hal yang buruk padahal faktanya tidak

recipesforselflove

Perubahan itu baik, perlu dan penting karena dunia terus berubah, kita harus dinamis menghadapinya tidak bisa terus bertahan hanya untuk kondisi yang sama.

11. Jangan terlalu keras kepada dirimu sendiri

recipesforselflove

Bersikaplah lembut dengan diri sendiri ketika tantangan hidup datang menghampiri. Itu merupakan fakta dan kenyataan yang harus kamu jalani.

12. Tidak perlu memikirkan apa yang oranglain pikirkan tentang diri kita

recipesforselflove

Jangan khawatir tentang pendapat orang lain atau apapun yang mereka lakukan dan pikirkan. Fokus dengan dirimu sendiri dan juga tujuanmu.

13. Jangan sampai kehilangan harapan maka semua akan berjalan baik-baik saja

recipesforselflove

Setiap hari yang kita jalani akan menghadirkan pengalaman baru baik hal positif ketika kamu merasa situasi sangat tidak mendukungmu. Satu yang terpenting jangan sampai kehilangan harapan.

14. Hadapi perasaanmu

recipesforselflove

Hidup seringkali sulit dan membingungkan, cobalah untuk tidak lari dari perasaanmu bahkan untuk hadapi perasaan yang tidak enak sekalipun.

Yuk ingat selalu dirimu sangat spesial!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration