Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Rekomendasi Novel Wattpad Terbaik yang Telah Terbit, Sudah Baca?

Masukkan ke dalam reading-list kamu, ya!

Romi Subhan

Kecanggihan teknologi membuat semua kegiatan beralih ke digital. Termasuk kegiatan membaca buku. Bukan lagi mengandalkan buku fisik, hobi membacamu bisa tersalurkan dengan menikmati berbagai kisah melalui situs novel Wattpad.

Karena banyak yang membaca dan memiliki banyak penggemar, tak jarang kisah dalam Wattpad kemudian diterbitkan dalam bentuk buku fisik. Kalau kamu salah satu penggemar buku fisik dan tak ingin ketinggalan cerita hits di Wattpad, berikut 15 rekomendasi novel Wattpad terbaik yang sudah terbit. Apa saja, ya?

1. Bukan Cinderella

Shopee.com

Kisah Cinderella memang membekas di benak kita. Yaitu, kisah tentang seorang perempuan yang sepatu kacanya tertinggal di istana saat menghadiri pesta dansa. Kisah dalam Bukan Cinderella hampir mirip, sih. Bedanya, sepatunya tertukar di ruang OSIS.

Novel yang ditulis oleh Dheti Azmi ini berkisah tentang Amora yang baru saja membeli sepatu baru. Tapi, entah bagaimana caranya, sepatu tersebut tertukar dengan sepatu butut yang ukurannya lebih besar dari kakinya. Ternyata, sepatu Amora tertukar dengan sepatu Adam, ketua OSIS yang dikenal angkuh dan menyebalkan. Bagaimana kisah Amora yang mau tak mau berurusan dengan sosok paling dihindarinya di sekolah itu, ya?

2. Unconsciously in Love

na2chann.wordpress.com

Bagi penggemar KPop, memiliki pasangan seorang idol adalah impian terbesar mereka. Hal itu juga yang menjadi cita-cita Kekira. Ia berharap suatu hari ada idol yang melamarnya untuk menjadi pendamping hidupnya.

Seolah Tuhan mendengar doanya, datanglah sosok Raksa, seorang idol yang baru saja debut. Ia mendekati Kekira dan mengatakan akan menikahinya. Namun, masalah besar muncul saat tiba-tiba Raksa membatalkan pernikahan mereka saat keduanya sudah berada di depan altar. 

Kekira yang patah hati, mati-matian untuk memulihkan hatinya. Masalah semakin berat saat Kekira mendengar kalau Raksa meninggal dunia karena kecelakaan. Bisakah Kekira bangkit dari rasa sedih yang datang bertubi-tubi?

3. Mariposa

Wattpad.com

Cowok berhati dingin dan cuek memang bikin penasaran. Semakin didekati, semakin dia menjauh. Tapi, Acha nggak gentar untuk mendekati Iqbal yang dikenal sebagai cowok paling dingin dan cuek di sekolah. Dengan segala usahanya, Acha mendekati Iqbal supaya hatinya luluh dan terbuka untuknya. Berhasil nggakya, Acha meluluhkan hati dingin Iqbal?

Mariposa sudah diangkat ke layar lebar pada Februari 2020 dengan Adisty Zara dan Angga Yunanda sebagai pemeran Acha dan Iqbal. Kamu sudah menyaksikan filmnya, belum?

4. Assalamualaikum Calon Imam

Shopee.com

Mencari pasangan hidup memang tidaklah mudah. Banyak hal harus dipertimbangkan. Mulai dari sifat, sikap, dan yang terpenting agama. Hal itulah yang Nafisya. Dalam novel ini, kita akan dibawa mengikuti perjalanan Nafisya mencari calon imam yang tepat untuknya. Apakah ia akan mendapat imam yang terbaik?

5. Hi-Fi

Tokopedia.com

Secara sadar, Dimas pernah membagikan password mini wifi-nya ke teman-teman di kelasnya. Namun, setelah diperhatikan, ada satu perangkat yang setiap hari terhubung dengan mini wifi Dimas. Penasaran, Dimas mencari tahu perangkat siapa yang selalu nebeng dengan mini wifi-nya.

Ternyata, perangkat tersebut milik Steffi, si juara kelas, jago debat, dan suka seenaknya. Karena masalah itu, keduanya jadi dekat. Meskipun terkadang, tak jarang Dimas dan Steffi terlibat adu mulut yang nggak perlu. Mereka jadi akur nggakya, karena sebenarnya masing-masing saling membutuhkan satu sama lain.

6. Senior

Shopee.com

Males banget, deh, kalau punya senior yang galaknya minta ampun. Jadi malas untuk datang ke sekolah karena bisa jadi bulan-bulanan mereka. Itulah yang dirasakan Aluna. Sejak masa orientasi, Aluna sudah merasakan hal yang nggak enak karena seniornya super galak. Salah satunya Nakula.

Tapi, karena kegalakannya itu, Aluna dan Nakula lama-lama menjadi semakin dekat. Merasa nyaman dengan Aluna, Nakula secara tak sadar menunjukan sisi gelapnya yang tak pernah ia perlihatkan kepada orang lain. Sisi gelap yang bagaimana, ya? Penasaran?

7. IPA & IPS

Shopee.com

Sadar nggaksih, sejak zaman dulu sampai sekarang, persaingan antara anak IPA dan IPS selalu nggak ada habisnya? Ada yang merasa paling baik, ada juga yang merasa paling bahagia. Duh, pokoknya nggak ada yang mau kalah, deh!

Meski persaingan antara dua kelas ini tak ada habisnya, nyatanya antara anak IPA dan IPS bisa saling jatuh cinta. Seperti Michelle dan Rifqi. Keduanya menjalin kasih meski berbeda kelas. Namun, ada kalanya hubungan mereka dibuat runyam karena persaingan antara IPA dan IPS! Berhasil nggakya, mereka mengatasinya?

8. Claires

Shopee.com

Claire dan Kai adalah pasangan yang sempurna. Couple goals kalau kata teman-temannya. Kebersamaan mereka membuat Ares iseng ingin menguji kesetiaan keduanya. 

Berawal dari iseng menggoda Claire, Ares malah jatuh hati betulan dengan temannya itu. Padahal di saat yang sama, Ares tahu Claire tak akan meninggalkan Kai begitu saja. Apakah Ares akan berhenti atau tetap mengejar cinta Claire?

9. Revan dan Reina

Shopee.com

Bersahabat dengan lawan jenis memang bisa menimbulkan rasa suka. Seperti yang dialami oleh Revan dan Reina. Bersahabat sejak lama, ternyata membuat mereka menaruh perasaan satu sama lain. 

Tapi, hubungan mereka harus berantakan gara-gara Fabian, mantan Reina yang tiba-tiba saja memutuskan Reina dan pergi ke luar negeri. Reina yang memulai menata hatinya kembali, apakah bisa dengan mudah menerima Revan? Mengingat Revan dan dirinya sudah bersahabat sejak lama.

10. I am In Danger

Tokopedia.com

Bagi mereka yang kurang mampu, mendapat beasiswa di sekolah impian seperti mendapat durian runtuh. Ocha salah satu gadis yang sangat beruntung itu. Datang dari keluarga tak mampu, Ocha berhasil mendapat beasiswa penuh di salah satu sekolah elit di kota.

Hidup Ocha yang teratur, tiba-tiba berubah drastis sejak kemunculan Axel dan Sean yang sama-sama saling memperebutkannya. Duh, Ocha harus pilih yang mana, dan bisakah Ocha tetap fokus sekolah untuk mempertahankan beasiswanya?

11. Nona Teh dan Tuan Kopi

Shopee.com

Mengalami perceraian dan kegagalan rumah tangga, tentu menimbulkan trauma yang mendalam. Nona Teh terpaksa mengalami hal itu dan butuh waktu lama untuk bangkit dari rasa sedihnya.

Sementara itu, Tuan Kopi adalah sosok pria lajang dan mapan. Kehidupannya nyaris sempurna tanpa ada yang tahu bahwa Tuan Kopi memendam rahasia besar yang tak diduga oleh siapa pun.

Nona Teh dan Tuan Kopi bertemu secara tak sengaja satu kali. Namun, kebetulan itu datang lagi kedua dan ketiga kalinya. Sampai akhirnya, mereka menyadari ada garis takdir di antara keduanya yang tak bisa terelakkan.

12. Matt and Mou

Tokopedia.com

Kisah persahabatan antara perempuan dan laki-laki memang sudah banyak diangkat dalam novel. Namun, kisah Matt dan Mou memiliki sedikit perbedaan yang menarik.

Meski Matt dan Mou sudah bersahabat sejak lama, namun ada rahasia yang ditutupi keduanya. Matt tiba-tiba menjadi sangat pendiam dan anti-sosial setelah ditinggal oleh sang ayah. Sementara Mou terlalu ceria yang ternyata keceriaannya ia tunjukan untuk menutupi masa lalu kelam keluarganya.

13. Sin

Shopee.com

Ametta Rinjani, gadis di sekolah bisa menarik perhatian semua pria. Ya, semua, kecuali Raga Angkasa. Raga cuek dan nggak peduli sama sekali dengan Ametta. Bahkan, Raga menganggap Ametta adalah sumber masalah.

Namun, sifat Raga yang cuek ini bikin Ametta penasaran dan terus mengejarnya. Karena kegigihan Ametta, akhirnya Raga menyerah dan jatuh cinta dengan Ametta. Sayangnya, ada rahasia besar di antara keduanya yang membuatnya tak bisa melanjutkan hubungan itu.

14. Geez and Ann

Shopee.com

Memang, ya, kehadiran seseorang dalam hidup kita ternyata bisa mengubah segalanya. Geez yang selalu merasa tertekan, akhirnya bisa menjalani hidup layaknya anak seusianya saat bertemu Ann. Begitu juga dengan Ann, hidupnya yang selama ini hanya fokus belajar jadi semakin manis, saat dekat dengan Geez.

Hubungan mereka yang kian dekat, terpaksa harus berpisah saat Geez memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Bagaimana kelanjutan hubungan keduanya?

15. Friendzone

Instagram.com/rikaoktvnn

Terjebak dalam friendzone memang nggak enak. Kalau mengutarakan perasaan, nanti dia pergi dan hubungan pertemanan akan rusak. Tapi, kalau dipendam, rasanya sesak. Daripada bimbang, Dira memutuskan untuk melempar kode-kode kepada Ransi, sahabat yang disukainya.

Sayangnya, Ransi malah seperti mempermainkan perasaan Dira. Sebentar-sebentar, dia bisa membuat Dira merasa bahagia. Tapi, nggak lama kemudian, dia berhasil menghancurkan Dira. Duh, harus gimananih?

Itulah tadi rekomendasi novel Wattpad terbaik yang sudah terbit. Kamu sudah membaca yang mana saja, nih?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration