Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Cara Menghilangkan Rayap Secara Alami di Rumah

Bikin rumah lebih bersih dan awet

Romi Subhan

Rayap menjadi musuh besar di rumah. Terutama jika rumah kita menggunakan material kayu atau memiliki banyak furnitur berbahan kayu. Rayap dapat menggerogoti rumah dan furnitur hingga lapuk. Akibatnya, rumah atau perabotan kita akan mudah rusak karena rayap.

Supaya rumah kita bebas dari rayap, berikut Popbela telah merangkum 10 cara membasmi rayap secara alami. Kamu bisa mulai mencobanya saat hari libur nanti supaya rayap tak lagi muncul di rumah.

1. Pastikan terdapat ventilasi yang cukup

Unsplash.com/Kelsey Dody

Rayap sangat menyukai tempat yang lembap dan gelap. Maka dari itu, salah satu cara untuk menghindari rumah dari serbuan rayap adalah dengan memastikan cukupnya ventilasi udara.

Dengan adanya ventilasi udara yang cukup, maka akan ada sinar matahari yang masuk. Sinar matahari ini akan mengeringkan sudut-sudut rumah yang lembap. Semakin sedikit tempat yang lembap, maka semakin kecil pula hadirnya rayap di rumah.

2. Rutin membersihkan rak atau tumpukan buku

Unsplash.com/Brittney Weng

Kamu jangan merasa aman dulu karena rumahmu tidak berbahan kayu atau sedikit memiliki furnitur kayu. Rayap juga mengincar buku tumpukan buku, lho. Jika kamu mengoleksi buku di rumah, usahakan untuk membersihkannya secara rutin. Kalau memungkinkan, jemur juga koleksi bukumu di bawah sinar matahari untuk memastikan buku-bukumu selalu kering.

Sebab, buku yang lembap menjadi sarang rayap. Bukan cuma lemarimu yang terancam, buku-bukumu juga bisa rusak dan rapuh apabila sudah terkena serangan rayap.

3. Bersihkan genangan air dan selokan

Unsplash.com/Rupert Britton

Di musim hujan, biasanya udara di sekitar rumah menjadi lebih lembap. Terlebih lagi, jika ada genangan air. Tempat tersebut merupakan lokasi terbaik untuk nyamuk dan rayap untuk berkembang biak.

Bersihkan rumah dari genangan air secara rutin jika memang sedang di musim penghujan. Jika kamu juga memiliki kolam atau tempat penampungan air, bersihkan juga secara berkala untuk meminimalkan tumbuhnya lalat dan rayap.

4. Manfaatkan kardus basah

Unsplash.com/Paper Textures

Kamu merasa di rumahmu terdapat rayap, tapi tidak tahu di mana lokasi tepatnya? Kamu bisa memanfaatkan kardus untuk menghilangkan rayap. 

Caranya, letakan kardus bekas yang sudah dibasahi di tempat-tempat yang kamu curigai terdapat rayap. Letakan di sana selama beberapa hari. Rayap akan sangat menyukai kardus lembab dan akan mendatangi jebakanmu.

Jika rayap sudah terperangkap di kardus, bersihkan lokasi tempat kardus tersebut diletakan agar rayap tidak kembali lagi.

5. Perbaiki pipa air yang bocor

Unsplash.com/Luis Tosta

Tempat-tempat yang lembap di rumah bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya dengan adanya kebocoran pipa air yang membuat sudut rumah menjadi selalu basah atau lembap.

Supaya hal ini tidak terjadi, kamu bisa mencoba untuk mengecek secara berkala sambungan dan jalur pipa air di rumah. Dengan pengecekan secara berkala, kebocoran akan dapat dihindari, sehingga tak ada lagi sudut rumah yang lembab yang bisa mengundang datangnya rayap.

6. Atur suhu ruangan

Unsplash.com/Raychan

Rayap sangat menyukai suhu ruangan yang lembap. Maka dari itu, kita bisa mengusirnya dengan mengatur suhu ruangan yang tepat. Rayap sangat tidak suka suhu ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Sebab, suhu tersebut dapat membuat udara kering.

Jika kamu memiliki perabotan yang mudah dihinggapi rayap, ada baiknya untuk memindahkannya ke ruangan yang memiliki air conditioning. Dengan begini, perabotan akan selalu kering dan terhindar dari rayap.

7. Tutup dan perbaiki retakan dinding

Unsplash.com/Steinar Engeland

Retakan pada dinding bukan hanya bisa mengurangi estetika ruangan, tapi juga bisa menjadi tempat ternyaman untuk rayap. Maka dari itu, sebelum rayap bersarang di rumah, segera tutup dan perbaiki retakan-retakan dinding. 

8. Jangan tempelkan perabotan rumah ke dinding

Unsplash.com/Naomi Hebert

Cara mudah menghilangkan rayap dari rumah adalah dengan tidak menempelkan perabotan rumah ke dinding secara langsung. Dinding yang lembap akan mudah terserap oleh perabotan yang menempel langsung dengannya. Hal ini menyebabkan perabotan juga menjadi lembap dan ditumbuhi rayap. Oleh karena itu, coba beri ruang sedikit antara dinding dan perabotan supaya tidak menimbulkan lembap.

9. Taburkan asam borat di tempat-tempat yang ditumbuhi rayap

Aliexpress.com

Cara selanjutnya menghilangkan rayap dari rumah adalah dengan menaburkan atau membalurkan asam borat pada perabotan yang mudah ditumbuhi rayap. Asam borat ini dapat dibeli di toko bahan kimia. 

Cara menggunakannya adalah dengan melarutkan asam borat ke dalam air, kemudian semprotkan ke bagian perabotan yang ingin dilindungi dari rayap. Kamu juga bisa menghancurkannya, lalu menaburkan asam borat ke sudut-sudut rumah. Rasa asam dari asam borat sangat tidak disukai rayap dan akan membuat rayap pergi.

10. Jemur perabotan bermaterial kayu secara berkala

Unsplash.com/Peng Chen

Selain buku, perabotan kayu juga rentan terhadap serangan rayap. Maka dari itu, untuk menghindarinya, kita harus menjemur perabotan kayu secara berkala di bawah sinar matahari. 

Suhu tinggi yang dihasilkan sinar matahari dapat membuat rayap mati. Selain itu, kayu juga menjadi lebih kering dan terhindar dari rayap.

Itulah tadi cara alami menghilangkan rayap dari rumah. Semoga artikel ini membantumu mengusir rayap dan membuat rumahmu menjadi lebih bersih, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration