Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Rekomendasi AC Hemat Listrik, Bikin Dingin dengan Harga Terjangkau

Ruangan bisa sejuk selalu!

Romi Subhan

Saat ini, pendingin ruangan alias air conditioner (AC) sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Meningkatnya suhu di luar ruangan, membuat kita memiliki AC agar suhu di dalam ruangan bisa menjadi lebih sejuk dan nyaman untuk beristirahat.

Bahkan, kini sudah banyak brand yang merilis AC dengan harga terjangkau dan hemat listrik. Sehingga, tagihan listrik bulananmu tidak akan membengkak. Apa saja merk AC hemat listrik yang bagus? Berikut ini rekomendasinya.

1. Toshiba - J Series - 1 PK - RAS-0927KG

Tokopedia.com

AC keluaran merek Toshiba ini telah mendapatkan label hemat energi bintang 4 yang memiliki tingkat efisiensi listrik paling tinggi, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan biaya listrik di rumah kamu bila menghidupkan AC dalam jangka waktu yang lama.

AC merek Toshiba ini sudah menggunakan Gold Fin pada indoor dan outdoor unitnya yang berfungsi untuk mencegah karat, korosi, dan menumpuknya kotoran. Selain itu, AC ini mempunyai double filter yang didesain untuk penyaringan udara agar menciptakan kualitas udara yang lebih baik, bebas debu dan partikel kotoran lainnya. Tentunya AC ini memiliki beragam kelebihan lain, seperti Turbo/Silence function, 2 ways draining connection, dan louver position memory function.

Pada AC keluaran Toshiba terdapat sensor pada remote AC yang dapat mendeteksi suhu udara, sehingga AC dapat menyesuaikan suhu ruangan lebih akurat dan membuat kamu lebih nyaman. Terdapat juga sleep mode yang dirancang untuk memberi kamu kenyamanan selama tidur, dengan meningkatkan suhu setiap jam untuk menyesuaikan ketika suhu tubuh kamu menjadi dingin selama tertidur.

Harga: Rp3.299.000

2. Sharp AH-A5UCY ½ PK

ID.Sharp

AC Sharp ini memiliki kemampuan membuat ruangan lebih cepat dingin dengan fitur turbo cool. Refrigeran yang digunakan juga sudah R32 yang ramah lingkungan. Ruang lingkup yang bisa dijangkau mencapai 10 m².

AC ini memiliki kemampuan yang bisa dibilang sangat mumpuni, yaitu self diagnosis. Kemampuan ini akan menunjukkan kesalahan yang terjadi ketika status AC tidak dalam keadaan normal.

Harga: Rp2.549.000

3. Samsung AR05TGHQASINSE ½ PK

Selka.id

Tak kalah dengan merek lain, Samsung juga hadirkan AC ½ PK yang memiliki kemampuan untuk memberikan pendinginan dengan cepat dan merata. Daya yang dibutuhkan juga tidak besar hanya 350 watt.

Selain fitur pendinginan yang cepat, AC ini dilengkapi dengan HD filter yang memastikan udara yang dikeluarkan bersih dan terjaga dari debu.

Untuk Freon, AC Samsung sudah menggunakan R32 yang ramah lingkungan. Selain itu, DuraFin+ membuat pendinginan akan jauh lebih lama dalam memberikan kenyamanan. Seperti AC sebelumnya, Samsung juga memiliki fitur sleep mode yang bisa mengatur temperatur yang ideal untuk siklus tidur kamu.

Harga: Rp3.148.000

4. Panasonic ½ PK CS-YN5WKJ

Selka.id

Merek yang sudah lama beredar di Indonesia ini juga memiliki AC hemat energi yaitu Panasonic ½ PK CS-YN5WKJ. Fitur yang dimiliki tak jauh berbeda yaitu Refrigeran R32 yang membuat ruangan lebih cepat dingin dan juga ramah lingkungan.

Kemampuan lainnya adalah intelligent auto mode yang membuat AC ini mampu mendinginkan ruangan secara cepat saat dinyalakan. Tentu mode ini menjaga agar aliran hawa dingin terasa nyaman.

Untuk rangka luar sangat kokoh karena dibuat dengan ecotough dan blue fin condensor. Ecotouh merupakan pendingin ruangan khusus luar ruangan yang menggunakan material SuperDyma. Daya listrik yang diperlukan juga cukup lumayan hemat yaitu 410 watt. 

Harga: Rp2.989.000

5. Mitsubishi Heavy Industries SRK05CR-S3 AC Split 1/2 PK Standard

Tokopedia.com

AC merek Mitsubishi ini memiliki banyak fitur menarik seperti Auto Flap Mode, yakni unit AC akan secara otomatis memiliki sudut hembusan yang optimal. Selain itu ada Economic Mode, yang akan mampu menghemat energi dengan tetap memberikan kenyamanan pendinginan atau pemanasan.

Jet Flow mode akan memberikan hembusan aliran udara sejauh 11 meter. Terakhir ada One Action Filter yang membuat perawatan menjadi mudah, filter ini dapat dilepas dan dipasang kembali dengan satu pergeseran.

Harga: Rp3.829.000

6. LG H07TN4 - 3/4PK AC NEW HERCULES NOVA Standard Split R32

Blibli.com

LG juga memiliki AC hemat energi dengan kapasitas pendinginan 7,000 BTU. AC ini memiliki fitur Turbo Cooling yang membuat ruangan menjadi lebih cepat dingin dengan penggunaan daya yang lebih hemat. Daya yang dimiliki adalah 640 watt.

Selain fitur-fitur tadi, AC merek LG ini memiliki lapisan pelindung korosi pada evaporator yang membuatnya lebih tahan akan karat. Freon yang digunakan adalah R32 yang tentunya lebih ramah lingkungan dan aman.

Harga: Rp3.199.000

7. Akari AC-0578PLW

Akari-corp.com

Merek AKARI menghadirkan AC hemat listrik yang memiliki kemampuan untuk membuat ruangan lebih cepat dingin karena fungsi dari turbo cooling function. Radius yang dijangkau cukup luas yaitu 11 m². Fungsi lain adalah sleep mode karena saat tidur AC ini akan menyesuaikan dingin dengan suhu tubuh dan tidak akan memberikan dingin berlebihan. Adanya filter membuat AC ini menghasilkan udara yang lebih bersih dan sehat.

Fitur lain yang sangat bagus adalah fitur mulai ulang otomatis, yakni dengan fitur ini akan mengembalikan pengaturan ke mode operasi ketika listrik menyala. Adanya lapisan anti karat di evaporator dan kondensor membuat AC ini tidak mudah bocor.

Harga: Rp2.815.000

8. AQUA JAPAN Turbo Cool AC 1 PK AQA-KCR10AHP

Aquajapanid.com

Fitur yang dimiliki AC AQUA JAPAN cukup banyak, yaitu Triple Airflow, Turbo Cool, Anti Corrosion System, Wide Voltage, dan Self Diagnosis. Mungkin kamu juga sudah melihat beberapa fitur yang ada pada beberapa AC sebelumnya.

Karena fitur yang ada AC ini menghasilkan aliran udara yang lebih kuat, lebih jauh dan lebih cepat. Selain itu menghasilkan pendinginan maksimal. Seluruh bagiannya anti karat dan diproteksi dengan cat. Serta jika ada error, LED akan menampilkan sebuah kode pemberitahuan.

Harga: Rp2.995.000

9. Daikin FTKC25TVM4

Hargakami.com

AC merek Daikin ini memiliki inverter yang mampu membuat ruangan menjadi dingin secara cepat. Kemampuan lain dari AC ini adalah mampu memberikan kenyamanan dan keamanan suhu udara di ruangan bayi.

AC ini memiliki filter Titanium Apatite Air Purifying yang mampu menjadi pembersih udara sekaligus penghilang bau dan bakteri di ruangan. Untuk fitur auto-swing, AC Daikin FTKC25TVM4 memiliki fungsi 3D Airflow yang membuat udara akan bisa menjangkau sudut-sudut ruangan dalam radius cukup besar, yaitu 16 m². Ada juga mode watt rendah yang membuat AC Daikin ini lebih hemat listrik dan membuatnya lebih efisien.

Harga: Rp5.775.000

10. Denpoo DDS 05 SHB AC Split 1/2 PK Low Watt

Selka.id

Denpoo juga memiliki AC yang hemat listrik. Hal ini didukung oleh fitur energi saving. AC ini mampu membuat ruangan dingin tanpa menggunakan listrik yang besar. Selain itu memang AC ini memiliki ukuran yang besar sehingga pendingannya menjadi lebih kuat.

Fitur lain yang tak bisa disepelekan adalah carbon active filter, fitur ini mampu menyaring udara yang beracun dan mengandung bakteri di dalam ruangan. Lapisan blue fin membuat AC merek Denpoo ini anti karat.

Harga: Rp2.449.000

Itulah tadi rekomendasi merk AC hemat listrik yang bagus dan harganya bisa kamu pilih agar tagihan listrik kamu tidak membengkak. Ada yang ingin kamu beli, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration