Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Sitkom dengan Akting Natural Ini Bikin Kamu Nostalgia Sambil Ketawa

Dijamin ngakak!

popbela.com

Awal tahun 2000-an, layar kaca televisi Indonesia dihiasi sitkom. Beberapa sitkom yang pernah tayang ini memiliki beberapa ciri khas seperti efek suara tawa dalam setiap adegan lucu, cerita antar episode tidak bersambung, punya satu atau lebih lokasi tetap syuting, dan tema ceritanya mengangkat permasalahan sehari-hari. Beberapa daftar sitkom di bawah ini mungkin pernah kamu tonton dan mengundang gelak tawamu.

1. Bajaj Bajuri (2002)

Ditayangkan pertama kali pada tahun 2002, sitkom Bajaj Bajuri menjadi salah satu yang paling lama tayang. Bercerita tentang kehidupan keluarga Betawi dengan fokus cerita pada Bajuri dan Oneng. Rumah mereka yang juga menjadi salon tempat Eneng bekerja sering ramai didatangi oleh para tetangga yang tak kalah ajaibnya. Orangtua Oneng yang biasa dipanggil Emak sering ribut-ribut kecil dengan Bajuri yang sehari-hari hanya menarik bajaj sebagai penghasilan pokoknya.

Selain keluarga kecil mereka, ada juga tokoh lain seperti Mpok Minah yang hobi minta maaf, Mpok Indun yang ganjen, dan jangan lupakan Ucup dan Said, dua orang pengangguran yang bersahabat.

2. Suami Suami Takut Istri (2007)

Sitkom yang satu ini juga bercerita tentang kehidupan berkeluarga di suatu lingkungan RT. Para kepala keluarga senang berkumpul di pos ronda. Ketika berkumpul mereka seringkali membicarakan perempuan, salah satunya seorang penghuni baru yang tinggal di komplek. Tapi, pembicaraan mereka dan niatan mereka untuk mendekati perempuan itu selalu terhenti karena intaian para istri.

SSTI mengangkat kearifan lokal yang berbeda-beda, mulai dari etnis Betawi, Minang, Sunda, Jawa, dan lainnya. Saking populernya, sitkom ini pun akhirnya diangkat ke layar bioskop.

3. OB/Office Boy (2006)

Suasana kantor stasiun televisi diceritakan secara jenaka dalam sitkom ini. Masing-masing tokoh memiliki karakter yang unik dan gampang diingat. Misalnya, Sayuti yang diperankan oleh Aditya Warman, tokoh ini adalah office boy yang culun dan selalu menjadi sasaran jahil Sa’odah dan Ismail. Selain itu, ada juga Pak Taka sebagai Bos yang ditakuti seluruh karyawan tapi diam-diam naksir dengan salah satu karyawannya.

Keluguan Sayuti menjadi sumber dari kekacauan di kantor dan mengundang intrik-intrik lucu dalam sitkom.

4. Tetangga Masa Gitu? (2014)

Empat tokoh sentral dalam sitkom ini merupakan sederet selebriti ternama. Mulai dari Sophia Latjuba (Angel), Dwi Sasono (Adi), Deva Mahendra (Bastian), dan Chelsea Islan (Bintang). Berkisah tentang kehidupan sehari-hari dua pasutri yang hidup bertetangga. Unsur romantis dalam film ini banyak ditampilkan oleh pasangan baru Bastian dan Bintang.

“Aaaah, so sweet..”

Merupakan kalimat khas yang sering diucapkan oleh Bintang. Upaya mereka untuk terus membangun suasana yang manis seringkali digagalkan oleh kedatangan tamu dari rumah sebelah, siapa lagi kalau bukan pasangan lama Adi dan Angel.

5. Malam Minggu Miko (2012)

Serial komedi ini awalnya diunggah di kanal Youtube oleh Raditya Dika. Selain memerankan tokoh utama (Miko), Radit juga nyambi menjadi produser, penulis cerita, dan sutradara. Setiap episodenya bercerita tentang perempuan yang sedang berusaha didekati oleh Miko. Mereka memiliki karakter dan cerita yang berbeda-beda.

Perjalanan aneh Miko mendapatkan pacar itu kemudian diangkat ke layar lebar. Bercerita tentang barang peninggalan mantan pacarnya, Miko kembali hadir dalam film “Cinta Dalam Kardus”.

 

Penulis: Tyas Hanina

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Inspiration