Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kenapa Hitungan Usia di Korea Berbeda? 9 Fakta Menarik Mengenai Korea

Hal-hal mengenai Korea yang bikin kamu penasaran

Ayu Utami

Pertama-tama, salut kepada pemerintahan Korea Selatan yang sudah memajukan industri hiburan mereka, yang membuat dunia begitu tertarik dengan drama, film hingga idola musik Korea Selatan. Begitu juga dengan misteriusnya Korea Utara, yang sudah membuat dunia turut penasaran dengan kehidupan di balik "benteng" informasi dan kehidupan mereka.

Berkat drama Korea sampai klip musik, para penggemar Kpop dan drakor jadi tahu mengenai budaya Korea, apa yang membuat Korea berbeda dari negara lain, sampai ingin mengunjunginya langsung. Apalagi, perhitungan usia Korea, golongan darah dan hal-hal lain yang mungkin membuat kamu bertanya-tanya, berikut ini 8 fakta menarik mengenai Korea melansir dari koreaboo.com.

1. Kenapa perhitungan usia di Korea berbeda dengan perhitungan internasional

blog.lingodeer.com

Di Korea, bayi yang baru lahir dianggap berusia satu tahun saat lahir, karena sembilan bulan kehamilan dihitung sebagai bagian dari tahun pertama kehidupan anak. Orang Korea juga mengalami ulang tahun kolektif setiap Tahun Baru Imlek, karena mereka menghitung jumlah tahun mereka hidup dibandingkan dengan lama waktu ia hidup. 

2. Tata cara berbicara di Korea

allkpop.com

Di Korea, usia tidak hanya memengaruhi cara orang lain berinteraksi, tetapi juga memengaruhi cara seseorang berbicara dan diajak bicara. Bahasa Korea memiliki tujuh tingkat bicara, tetapi untungnya bagi pemula Hangul, hanya tiga dari tingkat ini yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari: formal ("hapsyoche"), sopan ("haeyo"), dan informal ("haeche"). Secara umum, semakin lama pidatonya semakin sopan.

Bicara formal digunakan ketika kamu berbicara dengan senior, orang penting berpangkat tinggi, atau orang asing. Bicara sopan digunakan saat berbicara dengan seseorang yang bersahabat dengan kamu tetapi tidak berteman dekat, atau digunakan dengan rekan kerja saat berada di lingkungan non-bisnis. Bahasa informal hanya digunakan ketika berbicara dengan seseorang yang beberapa tahun lebih muda dari kamu, saudara, teman dekat, atau orang penting lainnya. Berbicara secara informal kepada seseorang yang tidak termasuk dalam kategori tersebut dianggap sangat menghina dan tidak sopan.

3. Kenapa orang Korea suka bertanya mengenai hal pribadi

hanadulses.com

Pertanyaan pribadi seperti “berapa umurmu?”, “berapa penghasilanmu?”, sampai “apakah kamu sudah menikah” dianggap tidak pantas di banyak budaya. Namun, pertanyaan pribadi seperti itu hanyalah bagian dari etiket Korea sehari-hari. Orang Korea tidak menanyakan pertanyaan-pertanyaan ini untuk bersikap kasar atau usil, melainkan untuk membedakan status mereka dibandingkan dengan orang yang mereka ajak bicara untuk menghindari tersinggung. Jawaban atas pertanyaan ini, selain usia, dimaksudkan untuk menjaga semua interaksi tetap lancar dan saling menghormati.

4. Wajib Militer di Korea

koreaboo.com

Di banyak negara, terutama negara-negara barat, pendaftaran militer bersifat sukarela. Tidak demikian, di Korea. Wajib militer telah ada sejak tahun 1957 dan mengharuskan warga negara laki-laki berusia antara 18 dan 35 untuk melakukan dua tahun wajib militer. Perempuan tidak harus mendaftar, tetapi dapat secara sukarela mendaftar jika mereka mau.

Lamanya dinas (baik aktif maupun tidak bertugas) bervariasi berdasarkan cabang militer, tetapi biasanya antara 21 dan 24 bulan. Pendaftaran telah menjadi ritual sosial bagi lelaki Korea, dan itu tetap wajib karena ketegangan Korea Selatan yang sedang berlangsung dengan Korea Utara.

Pada 29 Mei 2018, Korea membuat amandemen terhadap hukum militernya. Sekarang lelaki mana pun yang berusia 28 tahun atau lebih, hanya dapat menunda pendaftaran mereka karena alasan medis. Selain itu, setiap pria berusia 25 hingga 27 tahun harus mendapat izin untuk bepergian.

5. Kenapa orang Korea kerap membungkuk hormat

koreaboo.com

Membungkuk adalah bagian inti dari etiket sosial di Korea, seperti yang terjadi di banyak negara Asia. Sedalam apa kamu menunduk, memiliki arti, tujuan dan konteks yang berbeda. Pada awalnya mungkin dapat membingungkan orang yang mungkin tidak terbiasa membungkuk. Di Korea, membungkuk adalah cara untuk menunjukkan rasa hormat, mengucapkan terima kasih, maaf, halo, serta selamat tinggal.

6. Kenapa golongan darah penting di Korea

instagram.com/bts_v

Menurut tradisi Korea, golongan darah dapat menentukan ciri-ciri kepribadian inti seseorang, mirip dengan tanda-tanda zodiak dalam astrologi. Ini mencakup semuanya, mulai dari introversi dan ekstroversi hingga kecocokan dengan pasangan di masa depan.

Ciri-ciri terbaik Tipe A adalah ketepatan waktu, kecenderungan perfeksionis dan berbagai kualitas lain yang terkait dengan menjadi sosok yang baik. Ciri-ciri terbaik Tipe B adalah kreativitas, fleksibilitas, individualisme dan sifat bersemangat mereka. Tipe O diyakini mewujudkan sifat-sifat positif dari kepercayaan diri, ambisi, kepemimpinan dan keterampilan "orang" umum. Tipe AB diasosiasikan dengan rasionalitas dan kontrol, atau dikenal juga sebagai tipe yang “keren”, seperti V BTS.

7. Kenapa pasangan Korea senang mengenakan pakaian serba matching

koreaboo.com

Pakaian yang serasi di antara pasangan di dunia barat sering dianggap berlebihan, bahkan norak. Berbeda dengan orang Korea yang suka memamerkan status pasangan mereka. Pasangan di Korea sering memakai pakaian yang serasi seperti kemeja, jeans, topi, bahkan pakaian dalam, saat mereka berkencan!

8. Orang Korea senang memakai masker, bahkan sebelum pandemi

eliteexo.blogspot.com

Di negara-negara barat, masker wajah medis jarang terlihat di luar rumah sakit. Dengan demikian, banyak orang mendapat kesan bahwa pemakai masker menderita pilek atau flu yang sangat menular. 

Di Korea, masker wajah jauh lebih umum dan bahkan telah menjadi aksesori fashion. Meskipun beberapa mengenakan masker mereka untuk menghindari penyebaran kuman, banyak orang Korea memakainya untuk menjaga dari efek berbahaya dari debu halus. Debu halus dapat mengiritasi mata, hidung dan tenggorokan. Partikelnya bahkan dapat merusak paru-paru dan menyerang sistem kekebalan tubuh. Karena itu, memakai masker wajah selama musim debu adalah suatu keharusan.

9. Orang Korea senang melakukan social drinking

soompi.com

Di Korea, pergi minum-minum bersama rekan kerja adalah hal yang biasa. Sementara banyak perusahaan terkemuka mencoba mengekang tradisi ini, banyak bos masih membawa tim mereka keluar untuk minum soju dan bersosialisasi. Ini adalah cara bagi atasan untuk menunjukkan penghargaan mereka kepada karyawan mereka, sekaligus menjalin ikatan personal. Hal ini terkadang bisa menjadi masalah bagi orang yang tidak bisa atau tidak suka minum alkohol, jika orang-orang di sekitar mereka tidak mengerti. Untungnya, saat ini, non-peminum jauh lebih umum dan diterima daripada di masa lalu.

Minum di Korea juga memiliki etiketnya sendiri, yang memengaruhi segalanya. Mulai dari cara kamu memegang botol, siapa yang menuangkannya, hingga siapa yang minum lebih dulu. Aturannya mungkin tampak rumit bagi orang asing pada awalnya, tetapi dapat dengan mudah dipelajari dengan latihan yang cukup. Aturan ini berlaku untuk semua jenis minuman, tidak hanya minuman beralkohol.

Itulah 9 hal menarik tentang Korea, yang patut kamu perhatikan. Jadi kalau suatu saat berkunjung ke sana, sudah tahu etikanya, ya.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration