Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Fakta Jung Ho Yeon, Si "Scene Stealer" di 'Squid Game'

Si pencuri perhatian

Ayu Utami

Bagi para pencinta serial terbaru Netflix, Squid Game, let's talk about Jung Ho Yeon, yang berperan sebagai pencopet ulung yang kabur dari Korea Utara, Kang Sae byok. 

Ketika menonton Squid Game, awalnya perhatian tidak terlalu tertuju kepada sosok model dengan tinggi 176 cm ini, karena jujur saja, cameo Gong Yoo terlalu mencuri perhatian, dengan harapan ia akan hadir lagi di sepanjang sembilan episode. 

Namun setelah episode memasuki babak situasi permainan yang sadis, di situlah sosok Kang Sae byok menjadi scene stealer sesungguhnya. Semakin bikin penasaran dengan aktingnya yang juga mumpuni, ini beberapa fakta yang perlu kamu tahu tentang kekasih Lee Dong hwi ini.

1. Mengawali karier sebagai model

instagram.com/hoooooyeony

Perempuan kelahiran 23 Juni 1994 di Seoul, Korea Selatan ini, mengawali kariernya di usia 16 tahun. Ia menjadi model di Seoul Fashion Week tanpa representasi agen, lho!

Dia berpartisipasi dalam Korea's Next Top Model dan masuk tiga besar. Setelah itu dirinya dikontrak oleh agen model pertama, Esteem Models. Jung Ho yeon sukses berpose dan melenggang lewat debut internasionalnya pada tahun 2016 untuk Louis Vuitton. Ia bahkan dipercaya sebagai sampul majalah Vogue Jepang dan Vogue Korea. 

2. Karisma Jung Ho yeon menarik perhatian sutradara Squid Game

instagram.com/hoooooyeony

Melansir dari thestar.com.my, sutradara Hwang Dong-hyuk mengakui bahwa dia mengaudisi banyak aktris untuk peran Sae-byeok di Squid Game, tetapi tidak ada yang terasa tepat. Sampai akhirnya dia menerima rekaman audisi dari Jung Ho yeon, yang direkam ketika Jung Ho yeon berada di New York untuk New York Fashion Week.

3. Debut akting yang sukses

instagram.com/hoooooyeony

Mata Hwang Dong-hyuk tidak salah! Visual karakter Kang Sae byok begitu berbeda dengan visual aktris Korea Selatan yang terasa umum ditampilkan di drama Korea. Misal, ia tidak berambut panjang berwarna, atau pendek rapi, wajahnya penuh bintik-bintik, serta pembawaan karakter yang seperti tidak peduli dengan penampilan karena lebih memikirkan bagaimana untuk hidup esok hari. Hal ini mampu direpresentasikan oleh Jung Ho yeon dengan lihai.

Jujur, karakter Sae byok yang berbeda, mengingatkan Popbela dengan visual unik karakter Do Ha na di serial The Uncanny Counter yang diperankan oleh Kim Se jeong.

4. Berjodoh dengan Squid Game

instagram.com/hoooooyeony

“Saya langsung merasakannya. Nada suaranya, silau dan auranya, semuanya sempurna,” kata Hwang Dong-hyuk dalam wawancaranya bersama thestar.com.my. Begitu yakinnya sutradara bahwa Jung sebagai Sae-byeok, sehingga dia ingin bertemu langsung dengannya untuk memastikan bahwa kesannya akurat.

Untungnya bagi Hwang, Jung sama-sama tertarik untuk memainkan peran sebagai pembelot Korea Utara yang tampak letih di Squid Game. Sehingga, model berusia 27 tahun itu mengambil penerbangan tercepat ke Korea Selatan dari New York, untuk bertemu Hwang. Ia juga langsung mengosongkan jadwalnya sehingga dia bisa berkonsentrasi pada Squid Game.

5. Debut sukses!

netflix.com

“Aku benar-benar ingin menjadi bagian dari serial ini, jadi aku mencurahkan banyak pemikiran dan energi untuk berlatih (Sae-byeok) dialog untuk rekaman audisi,” kata Jung.

Dia mengungkapkan lebih lanjut, "Ketika aku mulai membaca naskahnya, saat itu sudah larut malam dan aku membacanya sampai pagi, dalam sekali duduk. Aku terjaga sepanjang malam untuk membacanya; itulah betapa hebatnya ceritanya."

And she's right! Squid Game sukses mencetak audience score 89% dan 100% di Tomatometers di Rotten Tomatoes, serta 8,3/10 di IMDB.

6. Berlatih dialek Korea Utara untuk pendalaman karakter

instagram.com/hoooooyeony

Setelah mendapatkan peran tersebut, Jung benar-benar membenamkan dirinya dalam peran Sae-byeok, seorang perempuan muda yang kabur dari Korea Utara bersama adiknya, namun terperangkap dalam dunia gelap yang membuatnya menjadi pencopet dmei untuk mengumpulkan uang agar bisa membawa orangtuanya dari Korea Utara ke Korea Selatan.

Bagian dari persiapan itu adalah mengambil pelajaran untuk menguasai dialek Korea Utara, di mana Sae-byeok berbicara dengan orang-orang tertentu.

“Sae byok menjadi pencopet untuk mencari nafkah. Tapi dia butuh banyak uang jika dia ingin bersama keluarganya. Dan, begitulah dia akhirnya mengambil bagian dalam permainan (Squid Game)," jelas Jung mengenai perannya.

7. Apakah akan ada musim kedua Squid Game?

instagram.com/hoooooyeony

Menurut perkiraan looper.com, jika Squid Game disetujui untuk diperpanjang, semoga membuat musim baru tidak akan memakan waktu lama. Sutradara Hwang Dong-hyuk mengatakan kepada outlet berita Korea YTN, bahwa dia pertama kali memikirkan ide untuk serial ini pada tahun 2008 dengan penulisan tahun 2009. Artinya, butuh waktu lebih dari 10 tahun untuk serial ini akhirnya berhasil rampung dan ditayangkan.

Well, kita doakan saja ada titik terang musim kedua, ya, Bela.

Squid Game adalah serial yang berfokus pada sebuah kompetisi memperebutkan hadiah miliaran won. Terdiri dari 456 peserta yang kekurangan uang, mereka direkrut untuk berpartisipasi dalam permainan bertahan hidup yang mematikan.

Jika mereka berhasil melewati enam putaran permainan, para pemenang akan mendapatkan hadiah uang sebesar 45,6 miliar won (Rp54 triliun). Jika mereka kalah, mereka tersingkir... secara harfiah.

Squid Game juga dibintangi oleh Lee Jung-jae, Park Hae-soo, Oh Young-soo, Wi Ha-jun dan Heo Seong-tae, aktor G.I Joe: The Rise of Cobra, Lee Byung hun, serta cameo yang akan memesonamu, Gong Yoo.

Buat kamu yang belum nonton Squid Game dan menyaksikan debut akting Jung Ho Yeon, buruan, ya. Jangan sampai ketinggalan!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration