Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

16 Film Indonesia yang Paling Banyak Ditonton 2022

Film genre horor & drama keluarga jadi primadona

Nindi Widya Wati

Industri film Tanah Air makin jadi tuan rumah di negeri sendiri tahun 2022. Bukan tanpa alasan, karena sejak pandemi COVID-19 mereda akhirnya masyarakat bisa perlahan beraktivitas seperti biasanya. Pada momen tersebut, ternyata banyak orang memanfaatkan waktu untuk datang ke bioskop dan memilih judul film lokal sebagai tontonan.  

Terbukti, banyak film Indonesia bisa menyedot jutaan penonton. Salah satu film yang banyak menyita perhatian penonton pada tahun ini adalah film bergenre horor dengan judul KKN di Desa Penari. Film yang diangkat dari thread Twitter ini sempat ramai di laman media sosial hingga akhirnya membuat banyak orang penasaran. 

Bahkan, melansir dari situs resmi Film Indonesia (FI) – film KKN di Desa Penari menyedot 9.233.847 penonton. Hingga menjadikannya tak hanya laris di 2022, namun juga terlaris sepanjang masa. Lantas, sebenarnya apa saja judul film Indonesia yang paling banyak ditonton 2022? Selengkapnya, simak dalam artikel berikut ini, Bela!

1. KKN di Desa Penari

KKN di Desa Penari menjadi film horor Indonesia yang berhasil berlayar di banyak bioskop Tanah Air sejak tayang pada 30 April 2022. Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata yang dialami salah satu teman pemilik akun Twitter Simple Man hingga sempat viral pada 2019 lalu.

Kejadian mistis dalam film ini dialami oleh Nur (Tissa Biani) Widya (Adinda Thomas), Ayu (Aghniny Haque), Bima (Achmad Megantara), Anton (Calvin Jeremy), dan Wahyu (Fajar Nugraha) saat tengah KKN di sebuah desa terpencil. Meski sempat tertunda penayangan beberapa kali hingga terancam diboikot, namun nyatanya antusiasme penonton untuk menyaksikan film KKN di Desa Penari tembus hingga 9.233.847 penonton.

2. Pengabdi Setan 2: Communion

Pengabdi Setan 2: Communion merupakan sekuel dari film horor populer Pengabdi Setan tahun 2017 yang disutradarai Joko Anwar dan dibintangi Tara Basro. Naiknya film ini di bioskop pada 4 Agustus 2022 masih dibintangi oleh para pemeran dari film pertamanya, yakni Rini Suwono (Tara Basro), Toni Suwono (Endy Arfian), Bondi Suwono (Nasar Anuz), dan Bahri Suwono / Bapak (Bront Palarae). 

Secara garis besar Pengabdi Setan 2: Communion mengungkap praktik sekte penyembah setan yang kemungkinan besar juga ada di rumah susun tersebut, selain itu menggali pula misteri yang belum terselesaikan pada film pertamanya. Film horor ini menjadi salah satu film Indonesia terlaris di bioskop tahun 2022, bahkan hingga meraih 6.390.970 juta penonton kalahkan film pertamanya yang hanya meraih sekitar 4,20 juta penonton di tahun 2017.

3. Miracle in Cell No. 7

Film drama keluarga Miracle in Cell No. 7 jadi tontonan yang cukup banyak menarik minat penonton Indonesia tahun 2022 ini. Film remake dari Korea Selatan dengan judul yang sama ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dengan dibawah produktif Falcon Pictures. 

Menggandeng beberapa aktor ternama seperti (Dodo Rozak) Vino G. Bastian, Ika Kartika Rozak kecil (Graciella Abigail), Japra Effendi/ Ketua Geng Penjara (Indro Warkop) hingga Zaki (Tora Sudiro). Meski sempat dinilai tak akan mampu menyaingi kesuksesan film aslinya, namun berkat kepiawaian para pemain dan kerja sama tim nyatanya Miracle in Cell No. 7 sudah ditonton sekitar 5.851.595 penonton sejak tayang pada 8 September 2022.

4. Ngeri-Ngeri Sedap

Indonesia memang termasuk gudangnya film drama komedi yang terbilang sukses di pasaran. Lihat saja bagaimana Ngeri-Ngeri Sedap yang disutradarai dan ditulis oleh Bene Dion Rajagukguk bisa berlayar dengan apik di beberapa bioskop Indonesia pada 2 Juni 2022.

Film berlatar Suku Batak ini dibintangi oleh Pak Domu (Arswendy Beningswara Nasution), Mak Domu (Tika Panggabean), Domu Purba (Boris Bokir Manullang), Sarma E. Purba (Gita Bhebhita Butarbutar), Gebe Purba (Lolox), dan Sahat Domu (Indra Jegel). Meski memiliki judul yang sama dengan buku yang ditulis oleh Bene Dion, film ini tidak diadaptasi dari buku tersebut namun tetap meraih angka gemilang sampai 2.886.121 penonton.

5. Ivanna

Ivanna  adalah film horor jagal Indonesia tahun 2022 yang disutradarai oleh Kimo Stamboel. Film ini diadaptasi dari novel Ivanna van Dijk karya Risa Saraswati ini, dan menjadi sempalan dari film Danur 2: Maddah sebagai bagian dari semesta Danur. Film berdurasi 103 menit itu dibintangi oleh beberapa aktris dan aktor muda Tanah Air antara lain, Ambar (Caitlin Halderman), Dika (Jovarel Callum), Arthur (Junior Roberts), Agus (Shandy William), Sonia Alyssa (Ivanna van Dijk), dan para pemeran lainnya. 

Film Ivanna ditayangkan di seluruh bioskop Indonesia pada 14 Juli 2022 dengan berhasil mencapai 2.793.775 penonton. Di sisi lain kesuksesan Ivanna juga sampai berlayar di bioskop luar negeri seperti di Malaysia, Singapura, Vietnam, hingga Brunei Darussalam.

6. Sayap-Sayap Patah

Ada film Sayap-Sayap Patah yang cukup menjadi kontroversi namun nyatanya tetap bisa menarik minat para penonton. Film berdurasi 110 ini merupakan drama laga yang memang mengabil latar di Indonesia dan disutradarai oleh Rudi Soedjarwo yang telah berhasil mencapai 2.426.084 penonton.

Ipda Sudarmadji (Nicholas Saputra) dan Nani Sudarmadji (Ariel Tatum) kiranya menjadi magnet tersendiri terhadap pembuatan film ini, apalagi saat kepiawaian akting keduanya menjadi sepasang suami istri melihat alur cerita dari Sayap-Sayap Patah diangkat dari peristiwa kerusuhan berdarah di Mako Brimob pada 2018.

7. Mencuri Raden Saleh

Mencuri Raden Saleh hadir sebagai film drama aksi perampokan yang disutradarai Angga Dwimas Sasongko. Bercerita tentang aksi pencurian sebuah lukisan yang dilakukan oleh Piko (Iqbaal Ramadhan), Ucup (Angga Yunanda), Fella (Rachel Amanda Aurora), Gofar (Umay Shahab), Sarah (Aghniny Haque), dan Tuktuk (Ari Irham). 

Angga Dwimas Sasongko selaku sutradara mengungkapkan bahwa proyek film ini berawal dari obrolan bersama Haye saat berada di Yogyakarta pada tahun 2018 silam. Berkat bagusnya alur cerita dan kepiawaian akting dari para pemain, film berdurasi 154 menit ini telah ditonton hingga 2.350.741 di bioskop.

8. Kukira Kau Rumah

Melihat kepedulian terhadap mental health makin tinggi beberapa tahun terakhir, Kukira Kau Rumah pun hadir sebagai film drama psikologis. Penggarapan film ini disutradarai oleh Umay Shahab serta ditulis bersama Monty Tiwa dan Imam Salimy dengan mengadaptasi lagu berjudul sama oleh Amigdala. 

Film ini terhitung sebagai debut Umay Shahab sebagai sutradara film panjang dan Prilly Latuconsina sebagai produser dengan berhasil menyedot 2.220.180 penonton. Dalam menulis ceritanya, Umay sampai berkonsultasi dengan beberapa psikolog dan komunitas bipolar. 

9. The Doll 3

Sejak meraih kesuksesan pada dua film pendahulunya, The Doll akhirnya menggarap sekuel The Doll 3 yang menyita banyak perhatian penonton dan booming setelah perilisannya. Menjadi film garapan Hitmaker studios yang disutradarai oleh Rocky Soraya dengan mengisahkan Tara (Jessica Mila) yang memiliki boneka hidup bernama Booby. 

Ada pengalaman mistis yang dialami oleh beberapa pemeran, termasuk Jessica Mila mengaku sempat menangis ketika melakoni adegan dialog panjang bersama boneka tersebut. Namun, lika-liku pembuatan film berdurasi 115 menit ini terbayarkan karena bisa menyedot sampai 1.764.077 penonton sejak tayang pada 26 Mei 2022.

10. Qodrat

Jika biasanya menjumpai wajah Vino G. Bastian di sejumlah judul film action dengan akting gaharnya, maka hal berbeda terjadi lewat film Qodrat. Film Qodrat 2022 sebagai remake dari film dengan judul yang sama yang pernah ditayangkan pada tahun 1986. Film Qodrat mengisahkan tentang Ustaz Qodrat (Vino G. Bastian) yang sudah berupuluh-puluh tahun menggunakan ilmu ruqyah untuk menolong orang-orang. 

Film horor berbalut religi ini menjadi karya yang disutradarai oleh Charles Ghozali dan menunjuk Yasmi (Marsha Timothy) sebagai pemeran utama. Naiknya Qodrat di bioskop pada 27 Oktober 2022 ternyata membuat penasaran para penikmat film hingga akhirnya bisa tembus 1.675.561 penonton.

11. Jailangkung Sandekala

Jailangkung Sandekala atau kerap disebut Jailangkung 3 menjadi karya sutradara Kimo Stambeol yang mana juga pernah menyutradarai film horror Rumah Dara dan Ivanna sebelumnya. Sebelum resmi tayang, film berdurasi 92 menit ini sudah ramai dibicarakan warganet dan makin viral saat pemerannya adalah Sandra (Titi Kamal), Adrian (Dwi Sasono), Nicky (Syifa Hadju), dan Kinan (Muzakki Ramadhan).

Sinopsis Jailangkung Sandekala menceritakan tentang sebuah entitas gelap meneror sebuah desa kecil dan sekitarnya. Hampir setiap tahunnya, pasti ada kasus anak hilang saat bergantinya hari dari terang ke gelap (sandekala). Faktor alur cerita dan para pemain yang apik ini ternyata mendapat sambutan luar biasa sampai 1.546.295 penonton di bioskop.

12. Kuntilanak 3

Menyajikan cerita tentang seorang anak yang berkekuatan khusus hingga bisa mengusir kehadiran sosok makhluk astral berupa kuntilanak, jadi garis besar adanya film Kuntilanak 3. Film horor berdurasi 105 menit ini secara langsung ditulis oleh Alim Sudio dan disutradarai Rizal Mantovani.

Kuntilanak 3 dibintangi oleh Dinda (Nicole Rossi), Kresna (Andryan Bima), Miko (Ali Fikry), Adela (Nafa Urbach) dan lainnya. Sebenarnya, waktu penayangan film ini cukup riskan karena berbarengan dengan film KKN di Desa Penari dan Gara-Gara Warisan. Namun, proses tak menghianati hasil ketika waktu berjalan Kuntilanak Anak 3 bisa mencapai 1.313.304 penonton.

14. Qorin

Qorin menjadi film horor yang rilis tepat pada 1 Desember ini, menggambarkan bagaimana seramnya sifat manusia yang terbungkus dengan kedok agama. Apalagi, kalau melihat wajah alim Ustad Jaelani alias Ujae (Omar Daniel) yang tak disangka menyimpan banyak kejahatan. Pengetahuan baru soal kehidupan pesantren berani diangkat dalam film yang disutradarai oleh Ginanti Rona ini. 

Tak hanya menyita perhatian karena visual yang menyeramkan, namun lewat film yang dibintangi oleh Zahra (Zulfa Maharani) juga menyampaikan kritik pedas tentang beberapa isu sosial yang ada di Indonesia. Berangkat dari alur cerita dan kehebatan para pemain, pada pemutaran minggu ke empat Qorin di bioskop berhasil mencapai lebih dari 1.200.000 penonton.

14. Pamali

Ada film horor terbaru produksi dalam negeri bertajuk Pamali, bercerita mengenai pantangan dan larangan yang dianggap membawa kesialan dan bahaya bagi yang melanggarnya. Dalam penulisan naskah film ini dikerjakan oleh Evelyn Afnilia dengan sutradara Bobby Prasetyo.

Pamali memperlihatkan betapa susah rumah tangga Jaka Sunarya (Marthino Lio) dan Rika (Putri Ayudya) hingga mereka ingin menjual rumah peninggalan orang tua dan memulai kehidupan baru. Dianggap sebagai tontonan dengan isu cukup dekat di masyarakat kita, membuat film ini saat secara resmi tayang di bioskop pada 6 Oktober 2022 ditonton hingga 880.618 orang.  

15. Inang

Betapa istimewanya film Inang, karena sebelum tayang di bioskop Indonesia film ini secara perdana berlayar di Festival Film Fantasi Internasional Bucheon pada 7 Juli 2022. Memakai judul internasional The Womb film horor ini disutradarai langsung oleh Fajar Nugros. 

Film di bawah naungan IDN Pictures ini diperankan oleh aktris perempuan yang terbilang senior yaitu Wulan (Naysilla Mirdad), Eva (Lydia Kandou), lalu ada Bergas (Dimas Anggara), dan Agus Santoso (Rukman Rosadi). Tak hanya berhasil meraih penghargaan namun Inang juga mampu menarik antusiasme hingga 828.168 penonton untuk datang ke bioskop.

16. Dear Nathan: Thank You Salma

Film Dear Nathan: Thank You Salma menjadi sekuel penutup dari trilogi Dear Nathan yang diadaptasi dari novel karya penulis Erisca Febriani. Jika film pendahulunya mengisahkan tentang romansa anak SMA, maka di film yang disutradarai oleh Kuntz Agus ini akan hadir beberapa masalah pendewasaan diri hingga isu sosial. 

Alur cerita makin seru, karena tak hanya menghadirkan Nathan Januar Prasetyo (Jefri Nichol) dan Salma Alvira (Amanda Rawles), namun di film berdurasi 112 menit ini juga menggandeng musisi Ardhito Pramono sebagai Afkar (second lead). Adanya konflik yang makin seru dan wajah baru, ternyata membuat film ini bisa dilihat sampai 754.744 penonton sejak tayang pada 13 Januari 2022.

Kalau dari daftar di atas adakah judul film favoritmu, Bela? Tulis, lewat kolom komentar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration