Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

13 Cara Agar Merasa Bahagia di Tempat Kerja

Ingat, merasa bahagia dengan pekerjaan itu perlu

Nindi Widya Wati

Jika melihat beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan menawarkan berbagai fasilitas menarik agar para kayawan merasa betah dan bahagia di tempat kerja. Tawaran tersebut bisa dipandang positif karena karyawan yang menikmati pekerjaannya biasanya akan lebih produktif. 

Namun saat melihat dari sisi lain, ternyata di balik mewahnya fasilitas kantor ada para pekerja yang merasa tak bahagia dengan lingkungan kerjanya. Dari sana, kita tahu kalau rasa bahagia sebenarnya akan bertahan lebih lama saat di lingkungan kerja kita juga dikelilingi oleh orang-orang yang membawa energi positif.

Jika kamu saat ini sedang berada di fase merasa tak bahagia di tempat kerja, mungkin artikel Popbela berikut ini bisa lebih membantumu.

1. Temukan pekerjaan yang bisa dinikmati

Dok. Pexels.com

Tidak akan ada karyawan yang selalu bahagia saat bekerja. Bahkan, pekerjaan yang disukai terkadang bisa membuat kita frustrasi dan bosan. Namun jika pekerjaan itu adalah sesuatu yang bisa kita nikmati dan banggakan, kemungkinan besar kita akan merasa bahagia di tempat kerja. Jadi, perhatikan keterampilan, dan minat kita, lalu temukan sesuatu yang dapat kita nikmati setiap hari.

2. Cari pekerjaan yang membuat kita bisa beraktivitas di luar kantor

Dok. Pexels.com

Bagi banyak orang, pekerjaan yang dipilih harus bisa membuat mereka tetap memiliki hidup di luar kantor. Jadi, pikirkan apa yang kita inginkan. Misalnya, ingin waktu libur cukup banyak untuk melakukan hobi, atau ingin menghabiskan malam dan akhir pekan bersama teman dan keluarga. Dengan ini, meski kita tidak menyukai pekerjaan itu, kita bisa tetap menyukai kehidupan yang bisa dijalani setelahnya, yang kemungkinan akan membuat kita bahagia di tempat kerja.

3. Kembangkan diri

Dok. Pexels.com

Perlu untuk mengembangkan diri sendiri, buat rencana dan tujuan dalam karier kita. Saat ingin memulai, mintalah pertolongan dari atasan dan perhatikan tugas apa yang akan membantu kita mencapai suatu tujuan atau mempelajari kemampuan tertentu. Lalu, kita juga perlu mengejar peluang dan koneksi yang berharga menurut diri kita. Sebab, jika kita merasa bisa memegang kendali atas karier dan dapat melihat diri berkembang, kita akan merasa lebih puas dan bahagia dengan posisi kita saat ini. 

4. Cari tahu tentang apa yang terjadi di tempat kerja

Dok. Pexels.com

Terkadang, kita perlu mencari tahu sendiri apa yang sedang terjadi di perusahaan, bukan hanya sekadar menunggu informasi. Jadi, buatlah jaringan informasi dan gunakan itu. Lalu, cobalah untuk meminta rapat mingguan dengan atasan dan menanyakan pertanyaan bermakna di sana. Perlu diingat, jika kita dapat menemukan informasi yang dibutuhkan, kita dapat bekerja lebih baik dan akan memiliki rasa kendali yang lebih baik terhadap karier kita sendiri.

5. Penting untuk meminta feedback

Dok. Pexels.com

Ketika menerima feedback tentang pekerjaan dapat memberikan penguatan positif yang membuat diri merasa dihargai, dan akan membuat kita merasa lebih cocok dan bahagia di tempat kerja. Jadi jika tidak menerima feedback dari atasan, jadilah proaktif dan mulai memintanya. Semakin banyak feedback yang diterima, akan semakin besar kemungkinan kita berhasil dalam pekerjaan dan meningkatkan rasa bahagia di tempat kerja.

6. Hanya berjanji jika bisa menepati

Dok. Pexels.com

Mungkin beberapa orang belum sadar, kalau salah satu penyebab stres dan ketidakbahagiaan kerja adalah gagal memenuhi komitmen. Jadi untuk mengelola tingkat stres dan meminimalisir ketidakbahagiaan di tempat kerja, carilah cara untuk melacak komitmen dan mengelola jadwal. Lalu, jika beban kerja melebihi waktu dan energi yang tersedia, jangan menerima dan berkomitmen untuk menyelesaikannya.

7. Relaksasi saat jam istirahat

Dok. Pexels.com

Perlu kamu ingat, kalau jam istirahat bisa menjadi waktumu untuk beristirahat sejenak dari segala rutinitas pekerjaan. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan pada jam istirahat seperti makan bersama rekan, berjalan-jalan sebentar, meregangkan tubuh atau melakukan hal yang kamu suka.

8. Hindari hal negatif

Dok. Pexels.com

Bila kita berada di tempat yang sama dengan orang membawa pengaruh negatif, kiranya hanya akan menambah rasa tidak bahagia di tempat kerja. Bahkan menimbulkan rasa tak peduli seberapa besar kita menyukai suatu pekerjaan.

Maka dari itu, hindarilah percakapan dan hal negatif lainnya sebisa mungkin. Kita juga bisa meminta pada atasan untuk membuat kultur perusahaan yang berfokus pada positivitas dan kooperasi, bukan persaingan semata.

9. Coba beranikan diri

Dok. Pexels.com

Banyak orang takut akan konflik, terutama konflik di tempat kerja yang dapat memengaruhi masa depan profesional dan keamanan finansial kita. Padahal, terkadang konflik dapat membantu seseorang dalam mencapai misi kerja dan visi pribadinya serta menimbulkan hasil positif. Untuk itu, cobalah beranikan diri untuk menciptakan peluang baru bagi diri sendiri, baik dalam posisi saat ini atau dalam karier ke depannya. 

10. Temukan teman di tempat kerja

Dok. Pexels.com

Kalau menengok buku "First, Break All The Rules: What the World’s Greatest Managers Do Differently” karya Marcus Buckingham dan Curt Coffman, menuliskan bahwa pekerja yang memiliki hubungan pertemanan baik di tempat kerjanya lebih bahagia dan termotivasi saat bekerja. Ingat, kita akan menghabiskan banyak waktu di tempat kerja, sehingga membangun hubungan baik dengan rekan kerja pun akan menjadi pengalaman kerja yang positif. Selain itu, merasa dipahami dan dihargai oleh rekan kerja, terutama jika itu adalah seseorang yang sering berinteraksi dengan kita, juga akan meningkatkan kebahagiaan kita di tempat kerja secara signifikan. 

11. Cari pekerjaan baru

Dok. Pexels.com

Saat merasa ingin hidup bahagia terlalu sulit, mungkin pekerjaan itu memang tidak cocok untuk kita. Jika sudah seperti ini, bisa menjadi tanda untuk mengevaluasi kembali atasan, pekerjaan, atau seluruh karier. Ketika kita masih harus bertahan di posisi ini lebih lama, cobalah terus cari pekerjaan baru yang lebih sesuai dengan minat atau mungkin merupakan hal terbaik agar bisa lebih bahagia.

12. Ingat kembali kesuksesanmu di masa lampau

Dok. Pexels.com

Jika kamu sedang mengalami kesulitan di dalam pekerjaan, mungkin dapat mengingat-ingat kembali prestasi-prestasi apa saja yang sudah kamu torehkan di dalam hidupmu. Dengan mengingat hal tersebut akan membangkitkan kembali pemikiran positif serta semangat dirimu untuk menghadapi segala kesulitan yang ada di dalam pekerjaan.

13. Beri penghargaan untuk diri sendiri

Dok. Pexels.com

Tujuan utama seseorang bekerja kebanyakan adalah untuk mencari uang dan memenuhi kebutuhan hidup. Sayangnya, sebagian orang tidak menikmati pekerjaannya karena harus menghidupi anggota keluarga.

Padahal, kamu juga perlu memberikan penghargaan kepada diri sendiri atas apa yang kamu kerjakan. Sesekali cobalah untuk memanjakan diri sendiri dengan hasil kerja, misalnya pergi ke salon, membeli perhiasan, membeli gadget terbaru, atau melakukan hobi kesukaanmu. 

Itulah, cara bahagia di tempat kerja yang mungkin bisa kamu terapkan. Bagaimana menurutmu, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration