Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

UTBK Resmi Diundur, Lakukan 7 Kegiatan Ini untuk Mengisi Waktu Luangmu

Santai dan isi waktu dengan hal positif

Niken Ari Prayitno

Setelah Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan akan meniadakan ujian nasional lantaran semakin luasnya penyebaran virus corona, ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) untuk masuk ke perguruan tinggi negeri juga juga diundur. UTBK yang tadinya akan dilaksanakan pada 30 Maret 2020, mundur hingga tanggal 20 April 2020.

Sembari menunggu ujian yang kurang lebih akan dilakukan sebulan lagi, banyak hal yang bisa kamu lakukan. Selain menyelesaikan tugas sekolah yang menumpuk, kamu juga bisa melakukan kegiatan positif lainnya tanpa harus keluar rumah. Apa saja kegiatan tersebut?

1. Mencari Referensi dan Mengerjakan Soal UTBK

Pexels.com/David Bortnik

Supaya persiapanmu semakin matang, tak ada salahnya untuk terus berlatih mengerjakan soal UTBK. Berbagai macam soal UTBK bisa kamu cari melalui internet. Tak perlu terlalu banyak, kerjakan 20 soal sehari juga sudah cukup agar kamu terbiasa mengerjakan soal sehingga saat ujian nggak bingung lagi.

2. Ikut Bimbingan Belajar Online

pexels.com/bongkarn thanyakij

Semenjak adanya kasus pandemi corona, semua kegiatan belajar di sekolah dan di tempat les atau bimbingan belajar secara offline berhenti. Kegiatan ini berganti dengan belajar online. Tak hanya sekolah, kegiatan bimbingan belajar pun menjadi online. Jika kamu belum mengikuti bimbingan belajar manapun, kamu bisa memanfaatkan platform bimbingan belajar yang menyediakan kelas online secara gratis. Kamu bisa menambah pengetahuan dan skill dibandingkan hanya berdiam diri saja di rumah.

3. Cari Informasi tentang Jurusan yang Kamu Inginkan

pexels.com/AndreaPiacquadio

Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan saat di rumah adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan kuliah yang ingin kamu ambil. Cari tahu juga pekerjaan apa saja yang menjadi peluang lulusan di jurusan yang kamu pilih. Jangan lupa cari tahu pula jurusan lain yang mungkin bisa saja menjadi alternatif pilihan kamu. Semakin kamu banyak tahu tentang jurusan yang kamu inginkan, semakin siap kamu mempelajarinya nanti.

4. Cari Tahu tentang Profil Kampus

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Setelah mantap dengan jurusan yang kamu pilih, kini saatnya mencari tahu tentang kampus yang memiliki jurusan tersebut. Cari tahu bagaimana profil kampus, lokasinya, akreditasinya, hingga lingkungannya. Pertimbangkan juga opsi merantau apabila kampus yang memiliki jurusan yang kamu inginkan berada di luar kota.

5. Belajar Bahasa Inggris

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Saat kuliah nanti kemampuan bahasa Inggris tentu semakin dibutuhkan. Untuk mengisi waktu luang, kamu bisa mengasah kembali atau meningkatkan kemampuanmu berbahasa Inggris dengan beragam cara. Mulai dari ikut kelas online yang disediakan gratis atau melalui film dan lagu.

6. Lakukan Hobi yang Tertunda

Pexels.com/Rahul Shah

Selain belajar, waktu luang di rumah bisa kamu manfaatkan dengan melakukan hobi yang sempat tertunda. Kamu bisa mulai membaca buku yang sudah kamu kumpulkan dari sebulan lalu, mencicil menonton serial drama dan film yang kamu tumpuk di laptop atau bahkan mulai menulis blog kembali yang sudah lama kamu tinggalkan. Siapa tahu dari hobi malah bisa menghasilkan uang bukan?

7. Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Pexels.com/FOX

Kamu yang memilih kampus di luar kota, itu artinya harus siap merantau untuk jangka waktu empat sampai lima tahun ke depan. Tinggal sendirian di kos, tentu akan merindukan suasana bersama keluarga di rumah. Ada baiknya, sebelum kamu merantau dan semua anggota keluarga sedang di rumah, habiskan waktu bersama mereka. Mulai dari memasak bersama, mengobrol atau sekadar menonton televisi.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang dari artikel yang pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "UTBK Resmi Diundur, Lakukan 7 Kegiatan Ini untuk Isi Waktu Luang" ditulis oleh Dian Arthasalina

IDN Media Channels

Latest from Inspiration