Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Telan Korban Jiwa, Pemuda Ini Akhiri Hidupnya Setelah Tonton Joker

Kesehatan mental jangan dianggap remeh

Niken Ari Prayitno

Film Joker yang selama ini ‘ditakuti’ akan memberikan dampak buruk terhadap psikologis penontonnya ternyata menjadi kenyataan. Belum lama ini dikabarkan ada seorang pemuda yang nekat mengakhiri hidupnya sendiri setelah beberapa jam menonton film Joker. Ironisnya, kejadian tersebut dilakukan secara live di media sosial.

Bagaimana kisah dan kronologinya?

IMDB.com

Insiden ini terjadi di Moskow, Rusia. Pemuda berusia 18 tahun bernama Gleb Korabljov memutuskan untuk mengakhiri hidupnya beberapa jam setelah ia menonton film Joker, ia pun sempat melakukan siaran langsung di laman sosial medianya.

Sebelum mengakhiri hidupnya, Gleb sempat berbicara beberapa kalimat yang diyakini sebagai pesan terakhirnya. Tak ada yang tahu pasti kalimat apa yang diucapkan Gleb. Tiba-tiba saja ia menarik pelatuk dan senjata dan nyawanya tak tertolong.

IMDB.com

Hingga hari ini, video Gleb telah disaksikan lebih dari 10 juta kali di seluruh dunia. Melansir dari Mtonews.com, beberapa orang yang menyaksikan video tersebut menyayangkan tindakan Gleb dan beberapa lagi merasa menyesal karena tak bisa menolong Gleb.

Beberapa praktisi kesehatan mental memang sudah mewanti-wanti bahwa film Joker akan memberi dampak pada mental jika penontonnya cukup rapuh. Kesehatan mental dan keinginan untuk bunuh diri memang nggak bisa dianggap enteng. 

IMDB.com

Jika kamu memiliki rekan atau bahkan diri sendirimu sendiri yang merasa butuh pertolongan, kamu bisa menghubungi tindak pencegahan bunuh diri di nomor Yayasan Pulih (021) 78842580, Into The Light @IntoTheLightID, Indonesian Psychological Healthcare Center (021) 29651163.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration