Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Kepala Negara dengan Followers Twitter Terbanyak

Dari Jokowi hingga Erdogan

Niken Ari Prayitno

Sejak media sosial muncul dengan adanya internet, komunikasi seolah tak terbatas. Melakukan komunikasi dengan pemimpin dunia atau presiden yang dulu dianggap mustahil, kini dapat kita lakukan melalui media sosial. Memang, tak semua pesan yang dikirimkan kepada pemimpin dunia ini dapat dibalas. Paling tidak, ruang komunikasi dengan mereka bisa lebih dekat.

Tak terbatas hanya di kursi parlemen, lewat sosial media pula kita bisa memberikan kritik atau menyampaikan saran kepada para pemimpin ini. Dianggap sebagai bentuk komunikasi baru dan populer, banyak kepala negara yang memutuskan untuk membuat akun sosial media, salah satunya Twitter.

Unggahan cuitan secara real time dan kita bebas menyampaikan pendapat apapun membuat Twitter masih menjadi sosial media favorit saat ini. Tak mau ketinggalan, para pemimpin dunia juga memiliki akun Twitter.

Melansir dari Statista.com, berikut ini daftar kepala negara dengan jumlah followers Twitter terbanyak. Siapa saja mereka?

1. Presiden Amerika Serikat Donald Trump

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menjadi kepala negara dengan jumlah follower Twitter terbanyak. Ia memiliki 112,1 juta pengikut. Jumlah followers tersebut merupakan akumulasi dua akun yang dimilikinya yakni @realDonaldTrump dan @POTUS.

Akun @realDonaldTrump digunakan Donald Trump untuk mengunggah pendapat pribadinya. Sementara kegiatan dan pendapat yang bersifat kenegaraan diunggah melalui akun @POTUS.

2. Perdana Menteri India Narendra Modi

Sama seperti Donald Trump, Perdana Menteri India Narendra Modi juga memiliki dua akun untuk berinteraksi dengan warganya. Akumulasi dari dua akun yang dikelolanya, jumlah pengikut yang dimilikinya mencapai 94 juta.

3. Paus Fransiskus

Bukan hanya satu, Paus Fransiskus memiliki sembilan akun resmi di Twitter. Akun tersebut dibuat untuk mengunggah pendapat dan pemikiran Paus dengan bahasa yang berbeda. Bahasa yang digunakan antara lain Latin, Bahasa Belanda, Bahasa Arab, dan Prancis. Jika diakumulasikan, sembilan akun Paus Fransiskus memiliki 50 juta followers di Twitter.

4. Presiden Turki Recep Tayyip ErdoÄŸan

Pemimpin dunia selanjutnya yang memiliki jumlah followers terbanyak di Twitter adalah Presiden Turki Recep Tayyip ErdoÄŸan. Akumulasi dari dua akun resminya, yakni @RTErdogan dan @tcbestepe memiliki jumlah followers mencapai 23,8 juta.

5. Presiden Indonesia Joko Widodo

Hanya memiliki satu akun Twitter, Presiden Indonesia Joko Widodo mempunyai sekitar 13,8 juta pengikut di Twitter. Melalui akun Twitter-nya, Presiden Jokowi sering membagikan kegiatannya, perkembangan kebijakan negara, ucapan bela sungkawa kepada tokoh yang meninggal dunia, dan opininya terhadap isu publik.

6. Perdana Menteri Pakistan Imran Ahmed Khan

Menggunakan dua bahasa, Perdana Menteri Pakistan Imran Ahmed Khan juga aktif di Twitter. Ia memiliki sekitar 11,9 juta followers di akun Twitternya. Melalui Twitter, Perdana Menteri Imran Khan membagikan informasi terkait kebijakan terbaru di Pakistan dan kegiatan kenegaraannya.

7. Ratu Rania Al Abdullah dari Yordania

Ratu Rania Al Abdullah dari Yordania merupakan satu-satunya pemimpin dunia perempuan dengan jumlah pengikut Twitter terbanyak, yakni 10,4 juta. Meskipun jarang membuat unggahan di Twitter, namun Ratu Rania selalu berisikan kutipan inspiratif.

8. Wakil Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum

Terakhir, ada Wakil Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum yang memiliki jumlah pengikut sebanyak 10,2 juta. Lewat Twitternya, Sheikh Mohammed membagikan kegiatan kenegaraannya dan situasi terkini di Uni Emirat Arab.

Statista.com

Dari delapan akun pemimpin dunia di atas, yang mana saja yang kamu ikuti, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration