Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Membahas Kesehatan Mental, Ini 7 Fakta Film ‘Kukira Kau Rumah'

Debut belakang layar Prilly Latuconsina dan Umay Shahab

Natasha Cecilia Anandita

Tayang hari ini, Rabu (3/2/2022), film Kukira Kau Rumah trending di jagat maya. Mengangkat isu kesehatan mental, film ini menjadi salah satu yang wajib masuk watchlist kamu! Film dari MD Pictures dan Sinemaku Pictures ini juga dibintangi sederet aktris dan aktor muda berbakat.

Tak hanya itu, ada sederet fakta menarik lainnya yang wajib kamu tahu tentang film Kukira Kau Rumah yang buat kamu mau cepat-cepat untuk menontonnya.

1. Ceritakan Kehidupan masa muda untuk mencari 'rumah'

instagram.com/sinemaku.pictures

Kukira Kau Rumah mengisahkan kehidupan Niskala dan Pram dua pemuda yang saling hadir untuk memberi warna pada hidup masing-masing. Niskala, seorang gadis yang selalu melakukan apapun di belakang ayahnya, termasuk berkuliah diam-diam. Tujuan Niskala adalah hanya ingin membuktikan pada ayah bahwa ia mampu berprestasi.

Niskala mengalami gangguan mental bipolar, yang membuatnya sedikit bermasalah dengan kehidupan sosialnya. Di sisi lain ada Pram, merupakan seorang pemuda yang telah ditinggal oleh ayahnya sejak SMP. Ia selalu merasa kesepian karena ibunya selalu sibuk bekerja. Pram mengisi hari-harinya dengan bermain musik dan menciptakan lagu.

Keduanya bertemu dan Niskala langsung jatuh hati pada pandangan pertama pada Pram. Kemudian, Pram dan Niskala pun dekat. Pram belum mengetahui bahwa Niskala mengidap bipolar. Namun, semenjak mereka dekat, kehidupan keduanya menjadi lebih berwarna.

2. Diadaptasi dari lagu dan angkat isu kesehatan mental

Kukira Kau Rumah menjadi film yang mengangkat isu kesehatan mental atau psikologis dengan fokus pada gangguan bipolar. Mengutip dari Mayo Clinic, gangguan bipolar, sebelumnya disebut manik depresi, adalah kondisi kesehatan mental yang menyebabkan perubahan suasana hati yang ekstrim yang mencakup emosi tinggi (mania atau hipomania) dan terendah (depresi).

Gangguan kesehatan mental itu banyak berpengaruh pada kehidupan seseorang, mulai dari memengaruhi tidur, energi, aktivitas, penilaian, perilaku, dan kemampuan berpikir jernih. Selain mengangkat isu kesehatan mental, ternyata lagu ini juga diadaptasi dari lagu dengan judul dan tema yang sama yang dibawakan oleh Amigdala.

Menariknya lagi, pemeran utamanya langsung, Prilly Latuconsina, juga didiagnosa mengalami gangguan kesehatan mental yang bernama post traumatic stres disorder.

3. Debut belakang layar Prilly Latuconsina dan Umay Shahab

instagram.com/mdpictures_official

Selain ceritanya yang unik, film Kukira Kau Rumah juga merupakan debut belakang layar dari Prilly Latuconsina dan Umay Shahab. Dalam film ini, Prilly duduk di kursi pemeran utama sekaligus produsernya.

Sedangkan Umay Shahab, aktor cilik yang sudah beranjak dewasa itu, juga mengambil peran sebagai sutradara. Ia mengambil proyek ini sebagai debut sutradaranya karena mengangkat isu yang sangat penting dan dekat dengannya. Meski sempat merasa tak percaya diri, namun akhirnya ia berhasil menyelesaikan filmnya.

"Saya merasa dekat dengan persoalan kesehatan mental yang akan saya hadirkan di debut feature saya. Dari awal, skenario ini saya tulis bersama team Sinemaku Pictures, Pak Monty Tiwa dan Mas Imam Salimy. Kita sepakat bahwa film Kukira Kau Rumah adalah bentuk tabulasi atau juga bisa dibilang sebagai kumpulan cerita teman-teman kami. Semakin hari semakin banyak teman-teman kami yang berani speak up mengenai kesehatan mentalnya," kata Umay.

4. Diperankan aktris dan aktor muda berbakat

instagram.com/sinemaku.pictures

Selain disutradarai dan diproduseri para mantan aktor dan aktris cilik, Kukira Kau Rumah juga dibintangi sederet aktris dan aktor muda berbakat lainnya. Sebut saja ada Prilly Latuconsina dan Jourdy Pranata sebagai pemeran utama.

Ada pula Shenina Cinammon, Unique Priscilla, Raim Laode, dan Kiki Narendra. Film ini juga menjadi film pertama Jourdy Pranata sebagai pemeran utama, lho, Bela.

5. Awalnya mau dijadikan serial pendek

instagram.com/sinemaku.pictures

Sebelum akhirnya rilis sebagai sebuah film, Umay Shahab selaku sutradara mengatakan bahwa pada awalnya Kukira Kau Rumah akan dijadikan sebuah serial pendek. Namun setelah perbincangan lebih lanjut dengan Yahni Damayanti, salah satu produser, akhirnya diputuskan untuk menjadikan Kukira Kau Rumah sebagai film layar lebar.

Setelah ketok palu akan dijadikan sebuah film layar lebar, Monty Tiwa selaku penulis skenario membantu Umay untuk menulis script. Tak hanya itu, Imam Salimy juga turut membantu menulis skenario untuk film Kukira Kau Rumah. Dalam menulis ceritanya, Umay melakukan riset serta berkonsultasi dengan beberapa psikolog dan komunitas bipolar.

6. Masuk nominasi Festival Film 2021 dan diproduksi bersama dua rumah produksi

Meski belum rilis secara umum untuk publik, baik film Kukira Kau Rumah dan kedua pemeran utama masuk dalam nominasi Festival Film 2021 lalu. Tak hanya itu, film ini juga merupakan karya yang diproduksi oleh dua rumah produksi, yaitu MD Pictures dan Sinemaku Pictures.

7. Adegan diluar naskah yang bikin emosional

Sedikit spoiler, dalam teaser film terdapat adegan di mana Niskala "Tolong mah". Aslinya, tidak ada kalimat tersebut dalam naskah, alias adegan penuh emosi itu tercipta di laur naskah. Dikatakan adegan penuh emosi karena dalam adegan itu, Niskala mengalami kekambuhan fase depresi yang cukup berat bagi seseorang dengan gangguan kesehatan mental.

“Kalo kalian udah nonton Trailer film Kukira Kau Rumah, pasti kalian liat adegan ini dimana Niskala ngomong "Tolong mah" Kata-kata itu gak ada di skrip. Tapi karena kata-kata itu, adegan ini menjadi adegan yang cukup berat untuk Niskala dan Mama.

Padahal di skrip aslinya, adegan ini cukup sederhana. eh tiba-tiba kita malah nangis. kita bener-bener ngerasain betapa beratnya Niskala saat fase depresi dan mama sebagai support system Niskala yang harus melihat anak yang dia sayangi seperti itu.” Tulisnya dalam unggahan di akun Instagramnya.

Itulah 7 fakta menarik dari film Kukira Kau Rumah, yang baru saja rilis di bioskop dengan angkat isu kesehatan mental. 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration