Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Tips dan Rekomendasi Dekorasi Natal Bertema White Christmas

Pohon natal putih hingga table setting

Natasha Cecilia Anandita

Setiap perayaan Natal di rumahmu, mungkin ingin suasana yang berbeda. Salah satu tema yang banyak dipilih adalah White Christmas. Tema White Christmas sendiri merupakan tema natal dengan suasana natal yang diliputi salju.

Tema ini sering digunakan di negara-negara Eropa dan Amerika Serikat serta film-film barat, yang memang saat bulan Desember, salju menutupi daerah tersebut dan membuat lanskap putih yang juga mengagumkan.

Kita yang berada di belahan bumi Timur dan Tenggara ke Selatan mungkin tidak pernah merasakannya, tapi kita bisa mengambil tema ini untuk rumah kita. Berikut tips dekorasi natal bertema White Christmas.

Dekorasi Natal White Christmas

pinterest.com

Dekorasi menjadi yang utama untuk menyulap rumahmu menjadi tema White Christmas, berikut dekorasi yang bisa kamu pilih:

1. Pohon Natal putih atau salju

berbagai sumber

Saat hendak membuat Natal putih, pakailah pohon natal berwarna putih. Pohon natal ini juga sudah banyak dijual baik secara online maupun offline di toko. Sesuaikan dengan kapasitas ruanganmu dan budgetmu, ya! Untuk hiasannya pun dapat kamu seragamkan warnanya dan padu padankan sehingga tidak terlihat mati.

Jika kamu tak dapat membelinya, kamu bisa menyulap pohon natal hijaumu dengan menambahkan aksesori pohon Natal berwarna putih, mulai dari gantungannya, slinger, hingga salju-salju buatan, serta warna lampunya.

2. Salju buatan

1905farmhouse.com

Kamu juga bisa menambah salju buatan di pohon natalmu yang berwarna hijau, jika tidak sempat atau tidak bisa membeli yang putih. Salju buatan juga bisa kamu tempatkan di beberapa dekorasi, pajangan atau hiasan lainnya.

Kini, banyak yang menjual salju buatan yang dikemas dalam kaleng maupun dalam bentuk spray. Jika kamu ingin berkreasi dengan anggota keluarga di rumah, maka kamu bisa membuatnya sendiri. Sediakan styrofoam sesuai kebutuhan, kemudian mulailah mengerik permukaan styrofoam menggunakan garpu. Nantinya, akan menghasilkan bubuk styrofoam berwarna putih yang menyerupai salju.

3. Lilin putih

lights.com

Ornamen lilin putih bisa membuat suasana rumah lebih menyenangkan dan menyerupai negara-negara bersalju. Kamu bisa meletakkan lilin putih di dalam gelas bening atau berbahan kristal agar tampilannya semakin elegan. Tambahkan dedaunan atau buha pinus untuk menonjolkan konsep rustic, jika kamu mau. Lilin putih pun bisa ditempatkan di ruang tamu, kamar mandi, hingga meja makan.

4. Interior putih

kathykuohome.com

Salah satu dekorasi yang penting untuk membuat White Christmas kamu semakin menonjol, adalah dengan menyulap rumah dengan interior putih. Effort maksimal adalah dengan mengecat ulang rumah dengan nuansa putih, terutama bagian pintu, jendela, serta ruang tamu.

Tapi kamu yang tidak ingin atau tidak sempat mengecat ulang rumah, maka cukup menghias meja makan dan ruang tamu dengan dekorasi bernuansa putih. Seperti mengganti taplak meja putih, sarung bantal di ruang tamu, atau sarung sofa, dan tambahkan pernak pernik, pajangan, hiasan di meja atau yang digantung dengan tema natal serba putih.

5. Ranting putih

aestheticnest.com

Dekorasi white Christmas akan semakin semarak dengan tambahan ranting putih. Dekorasi ini bisa kamu ambil sendiri dari pohon di sekitar rumahmu lalu mengecatnya menjadi putih atau membelinya secara online atau offline di toko khusus dekorasi. Ini dapat menambah kemeriahan suasana White Christmas di rumahmu.

6. Tanaman hias dengan bunga putih

stonegableblog.com

Tanaman hias memang mempercantik rumah. Nah, untuk memeriahkan White Christmas, pilihlah tanaman hias yang memiliki kelopak bunga putih. Ini bisa berupa bunga anggrek putih, lili putih, hingga mawar putih. Letakkan tanaman hias tersebut di ruang tamu, meja makan, dan pinggir jendela, bahkan menggantungnya.

7. Lampu Natal

thediyvibe.co

Untuk mempercantik dekorasi white Christmas kamu di malam hari atau dalam gelap, kamu bisa menambahkan lampu Natal yang memiliki warna putih atau warm white yang memberi kesan elegan. Ini bisa kamu taruh untuk lampu pohon natalmu. Kini lampu-lampu ini juga menawarkan bentuk-bentuk menarik lainnya, seperti bintang, hati, bulan, bunga es dan lainnya.

8. Perlengkapan makan serba putih

joyfullygrowingblog.com

Kamu yang memiliki tradisi Christmas dinner atau makan malam Natal, bisa sekaligus membuat konsep White Christmas pada ruang makan, meja makan, hingga set makanmu. Table setting White Christmas akan menambah nuansa kemeriahan dan kesejukan serta tampak lebih elegan.

Kamu bisa menggunakan taplak meja putih, serbet putih, lilin-lilinnya hingga beberapa dekorasi kecil lain. Tentu piring dan sendokmu pastikan berwarna senada dan padu padankan hingga tidak terlihat kaku.

Tips padu padan dekorasi Natal White Christmas

farmhousehub.com

Dekorasi putih bisa menjad terlihat kaku, datar dan tak bernyawa jika tak pandai memadupadankannya. Oleh karena itu, berikut beberapa tips membuat White Christmas-mu lebih hidup.

1. Padukan dengan pantone putih lainnya

stonegableblog.com

Jangan hanya satu putih saja yang kamu gunakan. Kamu bisa menggabungnya dengan nuansa putih lainnya, seperti putih pucat, putih yang lebih hangat, putih krem, putih bersih, putih yang lebih dingin.

2. Padukan dengan satu atau dua warna lainnya

stonegableblog.com

Selain dipadukan dengan pantone putih lainnya, kamu juga bisa dengan memadukan satu warna lain, seperti gold, silver, hijau atau merah di beberapa ornamen. Tapi pastikan putihnya lebih mendominasi. Ini akan membuat dekorasi rumahnya semakin hidup. Contohnya, warna hijau yang akan memberi kesan evergreen dan fresh.

3. Beri tekstur

stonegableblog.com

Dekorasi putih membutuhkan tekstur, jadi kamu bisa memilih dekorasi atau aksesoris yang bertekstur. Contohnya, hiasan pohon natal berbentuk buah pinus, taplak meja bergaris, atau dengan hadiah natal di bawah pohon natal. Kamu juga bisa mencari hiasan pohon natal dengan bentuk-bentuk menarik lainnya.

Walau Natal putih dan salju tidah hadir di Indonesia, tapi kamu tetap dapat menciptakan suasana white Christmas, dengan beberapa dekorasinya seperti yang direkomendasikan di atas. Selamat menanti perayaan Natal, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration