Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Siap-Siap! Ini 10+ Film Indonesia yang Bakal Tayang Bulan Maret 2023

Didominasi film horor

Nabila Damaan

Selain digempur dengan film Hollywood, bioskop Tanah Air di bulan Maret 2023 ini juga akan di warnai film-film Indonesia, Bela. Berbeda pada bulan lalu yang dihiasi dengan film drama, di bulan Maret ini rata-rata film Indonesia yang tayang kebanyakan bergenre horor. 

Apa saja film Indonesia yang tayang bulan Maret 2023 kali ini? Simak, yuk!

1. Virgo and the Sparklings | 2 Maret 2023

Film pahlawan super persembahan Bumilangit Universe akan menjadi film pertama yang tayang di bulan Maret 2023. Bertabur bintang, film ini diperankan oleh Adhisty Zara, Mawar de Jongh, Bryan Domani, Ashira Zanita, Satine Zanita, dan Rebecca Klopper.

Film Virgo & The Sparklings mengangkat kisah petualangan superhero remaja bernama Riani (Adhisty Zara). Riani/Virgo memiliki kemampuan Sinestesia, yaitu kemampuan untuk melihat warna yang berasal dari suara. Selain itu, sebagai Virgo, Riani memiliki kemampuan super dapat menciptakan kobaran api. Kobaran api yang diciptakan Virgo dapat berubah warna berdasarkan emosi yang dirasakan.

2. Kembang Api | 2 Maret 2023

Tayang di tanggal yang sama, Kembang Api adalah film drama produksi Falcon Picture yang diadaptasi dari film Jepang berjudul 3ft Ball & Soul. Mengusung genre yang jarang, yakni time loop, Kembang Api dibintangi oleh Marsha Timothy, Agus Ringgo, Donny Damara, dan Hanggini. 

Berkisah tentang 4 orang lintas generasi, yakni Sukma, Raga, Anggun, dan Fahmi yang ingin mengakhiri hidup mereka bersama-sama. Keempatnya sama-sama mengalami keputusasaan hingga akhirnya dipertemukan di sebuah ruangan yang berisi bola kembang api yang nantinya kembang api ini digunakan untuk bunuh diri bersama.

Namun, bukannya menghadapi kematian, setiap kali memencet tombol, waktu kembali terseret mundur. “Mau mati saja susah,” ungkap Raga dan membuat keempatnya semakin putus asa, apalagi ketika mereka diperlihatkan dengan keadaan sebelum mereka memutuskan untuk mengakhiri hidup.

3. Perjanjian Gaib | 9 Maret 2023

Sutradara film Makmum, Hadrah Daeng Ratu kembali menelurkan karya terbarunya berjudul Perjanjian Gaib. Film ini sendiri dibintangi oleh tiga bintang utama, yaitu Ayu Laksmi sebagai nenek tua yang sudah meninggal, Della Dartyan dan Dennis Adhiswara.

Sama-sama meninggal di atas tempat tidur, Ayu Laksmi kembali berperan sebagai hantu layaknya di film Pengabdi Setan. Film horor kelima Daeng Ratu ini akan tayang di bioskop pada 9 Maret 2023. 

Film ini berkisah tentang sepasang suami istri yang bertugas untuk merawat seorang nenek tua yang sudah tak berdaya di atas tempat tidur. Namun, bukannya sembuh sang nenek malah menemukan ajalnya. Pasangan suami istri tadi kegirangan karena memiliki kesempatan untuk mengambil alih harta warisan miliki sang nenek yang diperkirakan sangat banyak itu.

4. Glo, kau Cahaya | 9 Maret 2023

Film drama kembali menghiasi bioskop Tanah Air. Glo, kau Cahaya adalah film inspiratif yang mengakat latar budaya Papua. Digarap oleh Ani Ema Susanti ini dibintangi oleh  Tatyana Akman, Kevin Royano, Ratna Riantiarno, Mamat Alkatiri, Monalisa Sembor, Wulan Guritno, Anggun C. Sasmi berdasarkan kisah nyata.

Dalam trailer, nampak seorang atlet renang asal Papua bernama Glo. Tadinya ia adalah sosok perempuan periang yang punya sejuta prestasi. Namun, Glo berubah menjadi anak yang pemurung dan depresi setelah ia kehilangan fungsi kakinya. Glo ditemani oleh sang nenek dan teman-temannya berusaha keluar dari masa yang kelam.

5. Kun Ana Wa Anta | 9 Maret 2023

Muzakki Ramdhan, aktris cilik ini kembali membintangi sebuah film, bukan sebagai pemeran pendukung di film Kun Ana Wa Anta ini ia berkesempatan berperan sebagai pemeran utama, nih. Film ini adalah film karya Rully Manna dan dibintangi oleh Muzakki Ramdhan, Abe Moore, Balgis Balfas, Kayla Haryo, Austyn Senduk, dan Nadira Octova. 

Mengikuti kisah para santri yang tidak sengaja bertemu dengan orang utan, yang diberi nama Uto. Dalam perjalanan melindungi Uto, Firman harus berhadapan dengan teman-temannya yang membenci hewan, sehingga keberadaan Uto terdengar oleh pemburu hewan liar dan berusaha mencuri Uto.

6. Losmen Melati | 16 Maret 2023

Masuk pertengahan bulan, film horor Losmen Melati juga akan tayang di bioskop. Mike Wiluan dari rumah produksi infinite Studios Singapure kembali membuat film dengan mengikutsertakan aktor Indonesia.

Sebuah bangunan tua peninggalan Belanda disulap menjadi sebuah losmen yang cukup diminati pengunjung. Pemilik losmen itu adalah seorang perempuan misterius bernama Melati. Setiap pengunjung yang sudah memasuki losmen pasti hanya berpikiran untuk menginap satu malam dan segera pulang di kemudian hari karena keangkeran losmen yang terkenal. Namun, mereka nggak menyadari bahwa satu-satunya cara keluar dari losmen adalah dengan mati.

7. Iblis Dalam Darah | 16 Maret 2023

Terinspirasi dari sebuah hadits riwayat Imam Bukhari, yang menyatakan aliran darah merupakan salah satu medium bagi iblis untuk merasuki manusia, film Iblis Dalam Darah akan segera tayang di bioskop pada 16 Maret 2023. 

Disutradarai Yannie Sukarya dan dibintangi Michelle Joan, Ryaas Randa, Cut Ashifa, Soraya Rasyid, dan Tien Kadaryono film ini berkisah tentang seorang perempuan yang teramat sering dirasuki oleh iblis jahat.

Sialnya, iblis jahat tersebut bukan hanya mengganggu, namun ia juga membuat para korban berada dalam bahaya, dan bahkan sampai menyakiti sang korban.

8. Hantu Baru | 23 Maret 2023

Berbeda dari kebanyakan film horor dalam daftar, Hantu Baru mengangkat genre horor komedi, nih Bela. Film yang disutradarai Adink Liwutang ini akan diperankan oleh Acha Septriasa, Rezky Adhitya, Calvin Jeremy, Electra Leslie, Sudjiwo Tejo, Muhammad Adhiyat, Donny Damara, Arief Didu, Totos Rasiti, dan Ruth Marini.

Hantu Baru akan berfokus pada seorang perempuan yang baru saja meninggal akibat sebuah kecelakaan. Arwah masih berada di sekitar keluarga dan calon suaminya. Di tengah kebingunagannya menjadi sesosok hantu ia bertemu dengan para hantu senior yang kemudian menjalin pertemanan. 

9. Jin Qorin | 23 Maret 2023

Selanjutnya ada film horor yang dibintangi oleh Marthino Lio, Jin Qorin yang akan tayang di bioskop pada tanggal 23 Maret 2023. Selain Marthino Lio, Rama Michael, Tyara Vanessa, Annisa Hasim, Kanaya Gleadys, Kukuh Riyadi, Indrasati Rumluan, Agus Lemu, Heru Prasetyo juga membintangi film karya Ubay Fox ini. 

Film ini berkisah tentang seorang laki-laki bernama Seno yang sangat mencintai keluarga kecilnya. Namun, Seno menyimpan sebuah rahasia di balik hubungannya dengan sang istri. Di saat yang bersamaan, Wina yang merupakan atasannya menyimpan rasa terhadap Seno dan bersikeras untuk mengejar cinta Seno.

10. Surga di Bawah Langit | 30 Maret 2023

Diapit dengan beragam film horor, Surga di Bawah Langit adalah film yang mengusung tema kekeluargaan. Film berdurasi satu setengah jam ini akan dibintangi oleh sejumlah nama besar seperti  Reza Rahadian, Acha Septriasa, Andien Aisyah, Happy Salma, dan Jajang C. Noer. 

Berkisah tentang 3 orang sahabat yang tinggal di sebuah lingkungan yang kumuh. Menggambarkan perjuangan ketiga anak kecil yang berjuang dalam masalah kehidupan yang mereka hadapi. Dengan seiringnya waktu ketiganya harus berpisah.

11. Tulah 613 | 30 Maret 2023

Rumah produksi HERS Productions memulai debut film pertamanya melalui film horor bertajuk Tulah 613. Film yang bergenre horor psycho ini disutradarai oleh Chiska Doppert, serta dibintangi oleh Erika Carlina, Omara N. Esteghlal, Carissa Perusset, Thomi Baraqbah, dan Michael James. 

Lima orang remaja memutuskan untuk melakukan perjalanan liburan yang dilakukan pada tanggal 13 Juni. Di tengah perjalanan, mobil yang ditumpangi ke-5 remaja tersebut mengalami sebuah kecelakaan di tengah hutan. Semenjak kecelakaan tunggal itu hal-hal aneh dan misterius mulai menghantui mereka.

12. Teman Tidur | 30 Maret 2023

Selain Tulah 613, bioskop Indonesia di penghujung bulan juga akan dihiasi dengan film horor Teman Tidur.  Film yang bergenre thriller horor ini merupakan karya dari sutradara Ray Nayoan dan akan dibintangi oleh Gunawan, Mutiara Sofya, Givina Lukita Dewi, Baskara Mahendra, Rafael Tan, Meriam Bellina, dan Abun Sungkar.

Seorang siswi SMA menjadi korban perundungan di sekolahnya. Nggak kuat melawan tekanan dari lingkungan ia akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidup. Dendamnya sebagai seseorang yang di-bully terbawa ketika ia sudah menjadi arwan. Ia pun terus-menerus menghantui para pelaku perundungan terhadap dirinya.

Itulah ke-12 film Indonesia yang akan tayang di bioskop Indonesia pada bulan Maret 2023. Dari ke-12 film di atas mana yang paling kamu nantikan?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration