Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Jastip yang Harus Kamu Tahu

Harus pintar atur strategi

Nabila Damaan

Bisnis jasa titip atau jastip, telah menjadi tren yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Konsepnya sederhana, seseorang menerima pesanan barang dari orang lain dan mengantarkannya kepada pembeli.

Biasanya jasa yang satu ini dilakukan ketika seseorang penerima jasa sedang melakukan perjalanan ke luar negeri, atau tempat-tempat perbelanjaan seperti bazaar yang nggak bisa dijangkau oleh sebagian orang.

Tentu saja bisnis ini dapat berjalan dengan mengandalkan kekuatan sosial media, Bela. Meskipun bisnis ini memiliki banyak keuntungan, ada juga beberapa kerugian yang perlu diperhatikan, lho. Untuk kamu para pemula dalam dunia jasa titip, simak dulu artikel di bawah ini, ya!

1. Potensi keuntungan yang besar

89Stocker.com/@tapanakorn

Potensi keuntungan besar menjadi keuntungan dari jasa yang satu ini. Potensi keuntungan besar dalam bisnis jastip adalah peluang pasar yang luas. Jastip dapat diaplikasikan dalam berbagai industri, termasuk fashion, elektronik, makanan, alat rumah tangga, dan banyak lagi. Ini berarti kamu memiliki akses potensial ke sejumlah besar pelanggan yang mencari barang tertentu.

Dan umumnya, para pelaku bisnis jastip menambahkan biaya sebesar Rp15-35 ribu dari harga normal. Keuntungan bisa didapatkan dari penambahan biaya tersebut. Belum lagi diskon yang bisa didapat jika kamu membeli barang secara langsung di sebuah bazaar seperti BeautyFest Asia by Popbela.

2. Harga yang nggak stabil bikin labil

Pexels.com

Harga barang bisa berubah sewaktu-waktu menjadi salah satu kerugian bagi seorang jastipers. Apalagi kasus seperti lumayan sering terjadi. Jika kamu telah menawarkan harga tetap kepada pelanggan, kamu bisa mengalami kerugian jika harga naik secara signifikan sebelum kamu membeli barang tersebut.

So, kamu harus rajin-rajin mencari informasi terkait harga barang sebelum membelinya dan segera menginfokan kenaikan harga kepada pelanggan, ya.

3. Nggak perlu modal yang banyak

Pexels.com/Ron Lach

Selain itu, keuntungan juga bisa dirasakan karena kamu nggak perlu mengeluarkan modal yang sangat besar karena biaya pembelian barang sudah dibayar dimuka oleh para pembeli menggunakan sistem pre-order.

Kamu nggak perlu memiliki stok barang atau menyewa toko fisik, sehingga modal awal yang diperlukan relatif rendah. Kamu hanya perlu memiliki koneksi dengan pembeli dan pemasok.

4. Harus super berhati-hati dalam menjaga barang

instagram.com/beautyfest.asia/

Dalam bisnis jasa titip ini kamu bertanggung jawab penuh atas barang yang dititipkan. Tentu saja kamu harus memikirkan masalah keamanan, terutama jika mengurus barang berharga atau berharga tinggi. 

Tindakan keamanan yang baik menjadi penting untuk melindungi barang pesanan pelanggan. Kerusakan atau kehilangan barang bisa menjadi masalah serius dan bisa merugikan reputasi bisnis kamu.

5. Persaingan yang ketat

instagram.com/beautyfest.asia

Karena jasa titip cukup menggiurkan, bisnis jastip sering memiliki persaingan yang ketat, terutama di daerah yang sudah banyak penyedia jastip. Kamu harus berusaha keras untuk memenangkan pelanggan agar jasa kamu tetap ramai digunakan.

6. Waktu bisnis yang fleksibel

Pexels.com/rattanakun

Bisnis jastip dapat dijalankan sesuai dengan waktu luang. Kamu dapat menjalankannya sebagai sampingan atau penuh waktu, sesuai kebutuhan. Waktunya menjadi lebih fleksibel karena bisa berbelanja kapan saja dan nggak memakan waktu karena sudah tahu ingin membeli apa.

Dari sini juga kamu bisa belajar memanage waktu, meski fleksibel kamu juga harus mengantisipasi lonjakan pembeli jelang hari-hari besar atau ketika diadakan sebuah event bazaar.

instagram.com/beautyfest.asia

Bisnis jastip memiliki potensi untuk menjadi bisnis yang menguntungkan, tetapi juga memiliki risiko yang perlu dikelola dengan hati-hati. Penting untuk merencanakan bisnis ini dengan matang, melakukan riset pasar yang baik, mempertimbangkan persaingan, dan mengevaluasi apa yang menjadi kekurangan dan kelebihanmu dalam bisnis ini.

instagram.com/beautyfest.asia

Nah, untuk para jastipers, acara bazaar tentu menjadi salah satu incaran. Dalam waktu dekat ini kamu bisa melancarkan aksi dengan berkunjung dan berbelanja di salah satu event terbesar se-Asia Tenggara, BeautyFest Asia by Popbela. 

BeautyFest Asia by Popbela kali ini akan diadakan di Kota Surabaya, tepatnya di Exhibition Hall Grand City Convex pada 3-5 November 2023. Masih ada waktu buat kamu kumpulkan orderan, nih Bela.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration