Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

17 Potret Sejarah dalam Gambar yang Dapat Kamu Temukan di Facebook

Ada swafoto di luar angkasa

Nabila Damaan

Sebelum Instagram dan TikTok booming seperti sekarang, orang-orang lebih dulu mengenal platform media sosial Facebook. Berbicara tentang sejarah dan Facebook, ada sebuah Facebook page yang aktif membagikan sebuah perjalanan menarik dari seseorang atau sekelompok orang di masa lampau yang tertangkap ke dalam sebuah gambar. Mereka menyebutnya sebagai @thingsfrompast dengan sebuah project yang diberi nama ‘History in Pictures’. 

Halaman Facebook tersebut adalah arsip yang luar biasa dari beberapa foto yang benar-benar menakjubkan dari segala sesuatu yang bersejarah. Pada kesempatan kali ini Popbela akan membagikan 17 potret sejarah dalam gambar terbaik mereka, melansir dari Boredpanda. Penasaran?

1. Potret Terry Fox saat berlari maraton dengan satu kaki

facebook.com/thingsfrompast

Terry Fox adalah seorang laki-laki berusia 21 tahun (saat itu) yang harus kehilangan satu kakinya akibat kanker yang ia derita. Potret ini adalah gambar terakhirnya, ketika Terry mengikuti sebuah ajang lari Lari Lintas Kanada untuk mengumpulkan uang demi penelitian kanker. Terry berhasil bertahan selama 143 hari dan menyelesaikan  5.373 km sebelum penyebaran kankernya memaksa dia untuk berhenti. Terry Fox meninggal pada Juni 1981.

2. Potret Albert Einstein kala mengajar di Lincoln University

facebook.com/thingsfrompast

Apa yang istimewa dari foto ini? Ini adalah foto ketika ilmuan Albert Einstein tengah serius menjadi dosen pengajar di Universitas Lincoln, yang merupakan universitas untuk orang kulit hitam pertama di Amerika Serikat. Foto ini diambil pada tahun 1946, kala itu Einstein tengah mengajarkan teori relativitas kepada mahasiswa fisika.

3. Potret seorang dokter yang tengah berhasil menyelesaikan operasi transpalasi jantung

facebook.com/thingsfrompast

Ini adalah foto yang diambil di tahun 1987, ketika dr. Religa sedang mengontrol bagian vital pasien yang baru saja selesai melakukan operasi transpalasi jantung, dan operasi ini berhasil dilakukan. Tampak di sudut ruangan, seorang asisten dokter tengah tertidur, setelah melakukan operasi selama 23 jam.

4. Potret Suster Mary Kenneth Keller, perempuan pertama yang meraih gelar Doktor Ilmu Komputer di Amerika Serikat

facebook.com/thingsfrompast

Melansir sebuah blog Communication of The ACM, mesin pencarian Google akan menghasilkan banyak sumber yang mengatakan gelar Ph.D. dalam ilmu komputer pertama diperoleh pada bulan Desember 1965 oleh Richard Wexelblat di University of Pennsylvania.

Namun, ada sebuah data yang mengatakan bahwa pada Juni 1965, seorang perempuan bernama Mary Kenneth Keller, BVM, memperoleh gelar Ph.D. dari Departemen Ilmu Komputer di University of Wisconsin. Ia adalah seorang Suster di sebuah biara dan menjadi orang pertama sekaligus perempuan pertama di Amerika yang berhasil memperoleh gelar doktor ilmu komputer.

5. Potret seorang gadis kecil dan kucing yang terlihat tersenyum bersamaan

facebook.com/thingsfrompast

Foto ini diambil pada 1955. Ini adalah salah satu jepretan paling terkenal Walter Chandoha. Dalam jepretan hitam putih ini, seorang anak perempuan yang sedang tersenyum dan di atas pundaknya terdapat seekor kucing kecil yang juga terlihat seperti tersenyum semringah. 

Namun, sebenarnya kucing itu tidak sedang tersenyum seperti yang dibayangkan, melainkan kucing kecil itu sedang mengeong, lho sehingga ketika dipotret kucing tersebut tampak seperti tersenyum.

6. Potret Miss America pada tahun 1924

facebook.com/thingsfrompast

Potret ini adalah foto seorang perempuan bernama Ruth Malcomson, ia adalah Miss America pada tahun 1924, mendapatkan gelar tersebut pada usia 18 tahun. Keikutsertaan Ruth dalam kontes kecantikan pun terjadi karena ketidaksengajaan.

Kala itu, ketika Ruth masih menjadi seorang siswi di Sekolah Menengah Atas Wanita Philadelphia Barat, seorang fotografer memaksa untuk memotret dirinya, dan hasil foto itupun dikirimkan ke Bather's Revue tahun 1923, dan memenangkan kontes amatir itu. Lalu di tahun 1924, Ruth secara iseng mengirim potret dirinya untuk mengikuti kontes Miss America, dan siapa sangka predikat Miss America 1924 dinobatkan kepada dirinya. 

7. Potret papan tulis berusia 4.000 tahun

facebook.com/thingsfrompast

Kalau kamu penasaran seperti apa bentuk papan tulis yang digunakan orang-orang zaman dahulu, seperti inilah bentuknya, Bela. Papan tulis ini disinyalir telah digunakan sebagai media menulis yang sudah berusia 4.000 tahun. Papan tulis ini digunakan oleh orang Mesir, kalau kamu lihat tulisan berwarna merah itu adalah sebuah koreksi yang diberikan oleh guru pada masa itu.

8. Potret Bill Gates bersama staf pertama Microsoft

facebook.com/thingsfrompast

Pada tahun 4 April 1975, Bill Gates dan Allen mendirikan Microsoft di Albuquerque, New Mexico. Itu menjadi perusahaan perangkat lunak komputer pribadi terbesar di dunia. Ini ada potret ketika Bill Gates berfoto bersama dengan para staf Microsoft yang diambil pada tahun 1978.

9. Potret harta karun terbesar yang pernah ditemukan

facebook.com/thingsfrompast

Pada tahun 2000, dua penambang yang sedang menggali terowongan baru untuk perusahaan Industrias Peñoles menemukan sebuah gua yang berisi beberapa kristal alami terbesar yang pernah ditemukan, seperti balok gipsum tembus pandang berukuran panjang hingga 36 kaki (11 meter) dan berat hingga 55 ton.

10. Potret sajian makanan pada Penerbangan Skandinavia Airlines

facebook.com/thingsfrompast

Ini adalah sebuah foto yang diambil di dalam sebuah pesawat Skandinavia Airlines di tahun 1969. Di dalam foto tersebut tampak dua orang pramugari yang sedang memberikan pelayanan makanan kepada penumpang pesawat. Berbagai jenis olahan daging langsung disajikan saat itu juga, lho.

11. Potret "Girls In The Windows”

facebook.com/thingsfrompast

Pada tahun 1960, jurnalis foto Ormond Gigli mengumpulkan 43 perempuan dan mendandani mereka dengan gaun berwarna-warni. Ormond menempatkan mereka di 41 jendela di seberang fasad batu bata klasik Kota New York. Tujuannya adalah untuk mengabadikan keindahan serangkaian townhouse, yang berdiri tepat di depan studionya bekerja, sesaat sebelum banguan tersebut dihancurkan. Bertahun-tahun kemudian, gambar itu akhirnya menjadi karya seninya yang paling terkenal.

12. Potret Gertrude Ederle, perempuan pertama yang berenang di Selat Inggris

facebook.com/thingsfrompast

Gertrude Caroline Ederle adalah perenang putri berkebangsaan Amerika Serikat yang pertama kali berenang menyeberangi Selat Inggris. Ini adalah potret sesaat setelah dirinya mendarat di permukaan, foto ini diambil pada 6 Agustus 1926. Gertrude Ederle adalah seorang atlet yang memiliki keterbatasan pendengaran, semasa hidupnya ia kerap mengajari anak-anak tunarungu berenang dan dia dijuluki sebagai “Ratu Ombak”.

13. Potret seorang tukang kebun yang memotong rumput di situs Stonehenge

facebook.com/thingsfrompast

Stonehenge merupakan suatu bangunan yang dibangun pada zaman Perunggu, dan Neolitikum. Ia terletak berdekatan dengan Amesbury di Wiltshire, Inggris, sekitar 13 kilometer barat laut Salisbury. Sebagai salah satu situs yang paling terkenal di dunia dan bersejarah. Dan potret ini juga merupakan sejarah ketika seorang tukang kebun tertangkap kamera sedang merapikan rumput liar di sekitar situs bersejarah, Stonehenge.

14. Potret stasiun pengisian mobil listrik di tahun 1917

facebook.com/thingsfrompast

Saat ini banyak perusahaan transportasi yang sedang merancang transportasi yang dapat bergerak dengan memanfaatkan listrik. Namun, tahukah kamu kalau mobil listrik sebenarnya sudah ada sejak tahun 1832. Pada tahun 1917, tampak sebuah foto yang menunjukan sebuah aktivitas pengisian tenaga pada mobil-mobil listrik yang terparkir di sebuah tempat.

15. Swafoto pertama di luar angkasa

facebook.com/thingsfrompast

Berada di luar angkasa adalah sebuah sejarah kemajuan teknologi termutakhir, namun swafoto di luar angkasa juga merupakan sejarah yang nggak terbayangkan sebelumnya. Buzz Aldrin melakukan swafoto di luar angkasa pada misi Gemini 12 pada tahun 1966. Foto berlatar belakang planet bumi ini ternyata pernah dilelang dan terjual dengan harga sekitar USD$ 9.200, lho. 

16. Kereta Orient Express

Inilah kemewahan interior di dalam kereta The Orient Express. Kereta umum panjang ini, dibuat pada tahun 1883 oleh Georges Nagelmackers, seorang pebisnis asal Belgia. Sangat elegan, ya! 

17. Perayaan di Times Square, New York City Celebrate The Surrender Of Germany, May 7th, 1945

facebook.com/thingsfrompast

Rakyat Amerika merayakan menyerahnya Jerman pada 7 Mei 1945. Hal ini menjadi bagian dari mulai meredanya Perang Dunia II.

Demikianlah 17 foto bersejarah yang bisa kamu temukan di halaman Facebook  @thingsfrompast. Dari ke-17 gambar di atas mana yang paling menakjubkan?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration